Categories

Gadget

Realme 5 dan Realme 5 Pro Dirilis, Andalkan Total Lima Kamera di Tubuhnya Masing-Masing

Bawa peningkatan yang signifikan dibanding Realme 3 dan Realme 3 Pro

Glenn Kaonang - 21 August 2019

Realme sedang di atas angin. Hasil riset Counterpoint dan Canalys baru-baru ini menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya sub-brand OPPO tersebut berhasil menjadi salah satu dari lima brand smartphone dengan pangsa pasar terbesar di tanah air, dan ini mereka capai dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Dalam waktu yang singkat ini, mereka juga telah menelurkan banyak ponsel menarik, termasuk Realme X yang bisa dibilang merupakan model flagship pertama mereka. Saking semangatnya, bahkan Realme 3 dan Realme 3 Pro kini telah kedatangan suksesornya masing-masing, yakni Realme 5 dan Realme 5 Pro.

Realme 5 / Realme
Realme 5 / Realme

Angka 5 di sini bukanlah untuk menghindari angka 4 yang sering dianggap membawa sial berdasarkan kepercayaan kaum Tionghoa, melainkan sebagai pertanda bahwa total ada lima kamera pada tubuhnya; satu di depan, dan empat lainnya di belakang. Meski Realme 5 dan 5 Pro sama-sama mengemas empat kamera belakang, spesifikasinya berbeda satu dengan yang lainnya.

Pada Realme 5 Pro, kamera utamanya mengandalkan sensor Sony IMX586 megapixel dan lensa f/1.7, sedangkan Realme 5 hanya mengandalkan kamera utama 12 megapixel f/1.7. Tiga kamera sisanya sama persis: satu kamera 8 megapixel dengan lensa wide-angle, satu kamera 2 megapixel khusus untuk mengambil gambar macro, dan satu lagi kamera 2 megapixel untuk merekam informasi depth (untuk efek portrait atau bokeh).

Kamera depannya juga sedikit berbeda: Realme 5 Pro dengan kamera depan 16 megapixel f/2.0, sedangkan Realme 5 dengan kamera depan 13 megapixel f/2.2. Perbedaan antara kedua ponsel ini terus berlanjut sampai ke spesifikasi sekaligus fisik.

Realme 5 Pro / Realme
Realme 5 Pro / Realme

Untuk Realme 5 Pro, chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 712, yang dipercaya menawarkan peningkatan performa prosesor sebesar 10% dan performa grafis sebesar 35% jika dibandingkan dengan Snapdragon 710 milik Realme 3 Pro. Mendampingi chipset tersebut adalah pilihan RAM 4/6/8 GB, storage internal tipe UFS 2.1 berkapasitas 64 atau 128 GB.

Layar Realme 5 Pro merupakan panel IPS 6,3 inci beresolusi 2340 x 1080 pixel. Kapasitas baterainya tercatat 4.045 mAh, dan ini sudah kompatibel dengan teknologi fast charging VOOC 3.0 via sambungan USB-C.

Realme 5 di sisi lain mengandalkan chipset Snapdragon 665, didukung oleh pilihan RAM 3 atau 4 GB, serta storage internal 32 atau 64 GB. Baik Realme 5 Pro ataupun Realme 5 sama-sama dibekali slot microSD, headphone jack, serta sensor sidik jari di bagian punggungnya.

Meski performanya lebih inferior, Realme 5 justru mengemas layar yang lebih besar: IPS 6,5 inci, tapi dengan resolusi 1600 x 720 saja. Kapasitas baterainya juga lebih masif di angka 5.000 mAh, tapi charging-nya masih mengandalkan sambungan micro USB lawas.

Semua ini tentu tanpa melupakan komitmen Realme untuk menyediakan smartphone dengan harga yang terjangkau. Di India, Realme 5 akan segera dipasarkan dengan harga mulai 10.000 rupee (± Rp 2 juta), sedangkan Realme 5 Pro mulai 14.000 rupee (± Rp 2,8 juta).

Sumber: XDA Developers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id