Categories

Gadget

Realme 8 5G Diluncurkan: Smartphone 5G Terjangkau untuk Semua Orang

Selain smartphone 5G murah, 4 perangkat AIoT juga diperkenalkan

Dimas Galih W. - 18 June 2021

Realme kembali membuat sebuah acara peluncuran perangkat terbarunya. Kali ini, realme memperkenalkan sebuah perangkat yang dapat terhubung dengan jaringan 5G namun memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, realme juga mengeluarkan 4 perangkat AIoT baru yang juga memiliki harga terjangkau. Yang diluncurkan pada tanggal 16 Juni 2021 adalah realme 8 5G, realme Watch 2, realme Watch 2 Pro, realme Buds Q2, dan realme Buds Wireless 2 Neo.

Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia mengungkapkan, “Dengan realme 8 5G, kami siap menjadi ‘5G Popularizer’ yang menghadirkan smartphone 5G paling terjangkau yang dapat diakses oleh semua orang untuk mengakselerasi teknologi 5G di Indonesia. Kami melengkapi realme 8 5G dengan chipset high-end Dimensity 700 5G dengan skor AnTuTu tinggi serta desain tipis, namun dalam harga yang terjangkau yaitu Rp 2,999,000. Kami ingin kaum muda pengguna realme 8 5G untuk berpartisipasi pada perkembangan 5G dan menjadi early adopter 5G di tanah air.”

Realme 8 5G datang dengan membawa cip Mediatek Dimensity 700. Untuk smartphone realme 8 5G, Anda bisa langsung membaca review lengkapnya pada artikel link ini. Khusus bagi pasar Indonesia, realme 8 5G sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication), yang membuatnya lebih spesial dibandingkan dengan negara lain.

Perangkat selanjutnya yang diperkenalkan adalah jam tangan pintar realme Watch 2 Pro dan realme Watch 2. Realme Watch 2 Pro memiliki layar sentuh berdimensi 1,75 inci (4,4cm) dan merupakan versi smartwatch yang lengkap. Perangkat ini menggunakan Real Sports Engine yang memiliki 90 mode olahraga, monitor kadar oksigen darah, dan monitor detak jantung secara real-time. Baterainya memiliki daya tahan baterai hingga 14 hari.

Realme Watch 2 merupakan versi lebih rendah dari yang pro. Keduanya memiliki fitur yang sama, namun berbeda pada spesifikasinya. Realme Watch 2 yang juga memiliki layar sentuh luas hingga 1,4 inci (3,5cm), serta daya pemakaian baterai hingga 12 hari.

Untuk perangkat AIoT lainnya, realme juga mengeluarkan dua perangkat audio tanpa kabelnya. Yang pertama adalah True Wireless Stereo (TWS) realme Buds Q2. realme Buds Q2 memiliki driver besar 10mm yang menggunakan diafragma komposit polimer. TWS ini juga menggunakan PEEK&TPU, di mana PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat. Perangkat yang memiliki latensi 88 ms ini memiliki daya tahan baterai hingga 20 jam.

Realme Buds Wireless 2 Neo diperkenalkan sebagai perangkat headphone neckband untuk berolah raga dengan ketahanan IPX4. Realme sendiri membuatnya memiliki karakteristik bass karena memiliki driver berdimensi 11.2 mm. Baterainya sendiri memiliki total daya tahan hingga 17 jam. Perangkat yang satu ini juga memiliki latensi rendah, yaitu 88 ms.

Selain produk AIoT, realme juga mengeluarkan dua perangkat yang bakal digunakan oleh para gamers. Yang pertama adalah realme Cooling Back Clip, sebuah alat pendingin dengan teknologi Peltier yang bakal menurunkan suhu dari smartphone saat digunakan bermain. Selanjutnya adalah realme Mobile Game Finger Sleeves, yang merupakan sarung ibu jari berbahan Electric Silver Fiber setipis 0,25mm dan elastis.

Untuk harga dan ketersediaannya, semua perangkat yang diluncurkan bisa dilihat pada tabel di bawah ini

ModelHargaPeriode Flash Sale dan Platform
realme 8 5G

8GB+128GB

Rp 3.199.000Tersedia di seluruh Indonesia 26 Juni 2021
Ready stock di realme Official Stores 16 Juni 2021
realme Watch 2 ProRp 899.00030 Juni 09:00 WIB di Shopee, akulaku, realme.com/id
realme Watch 2Rp 649.00030 Juni 09:00 WIB di Shopee, akulaku, realme.com/id
realme Buds Q2Rp 299.00016 Juni 18:00 WIB di Shopee, akulaku, realme.com/id
realme Buds Wireless 2 NeoRp 279.00016 Juni 18:00 WIB di Shopee, akulaku, realme.com/id
realme Cooling Back ClipRp 349.00016 Juni 18:00 WIB di Shopee, akulaku, realme.com/id
realme Mobile Game SleevesRp 79.000

Mengurangi spesifikasi untuk hadirkan smartphone 5G murah?

Jika kita lihat, realme menghadirkan keluarga seri 8 terbarunya dengan beberapa spesifikasi yang lebih rendah. Misalkan saja kamera 48 MP, pengisian daya yang hanya 18 watt, serta menghilangkan kamera ultrawide. Apakah hal tersebut memang sengaja dilakukan untuk menghadirkan smartphone 5G yang memiliki harga lebih murah?

Krisva Angnieszca selaku Public Relations Manager di realme Indonesia mengatakan hal tersebut bukanlah penurunan spesifikasi atau kualitasnya. Kita harus melihat bahwa untuk menghadirkan smartphone 5G, yang harus dilihat adalah performa. Oleh karena itu, semua yang dihadirkan harus bisa mendukung performa 5G itu sendiri, yaitu prosesor Mediatek Dimensity 700 5G.

Karena dengan menggunakan prosesor Mediatek Dimensity 700 itu sendiri, realme bisa menghadirkan smartphone 5G yang affordable. Misalnya SoC ini bisa menghadirkan daya tahan baterai yang lebih awet dan ada juga fitur Smart 5G. Untuk masalah kamera, realme tidak mengurangi kualitasnya dan bahkan akan dibenahi dengan software update jika ada kekurangan. Kameranya sendiri juga sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter