Realme Bakal Gunakan Sistem Operasi Sendiri

Realme Bakal Gunakan Sistem Operasi Sendiri

RealmeOS kemungkinan akan dirilis pada saat Google mengeluarkan Android Q yang stabil
Realme U1 - PHones
Realme U1 - PHones

Dari pertama peluncuran hingga smartphone terakhir yang muncul, realme masih menggunakan sistem operasi Android dengan antar muka ColorOS. Seperti yang kita sudah ketahui, ColorOS selalu menjadi antar muka bawaan OPPO, mulai dari kelas pemula hingga kelas premium. Hal ini tentu membedakan realme dari produk keluaran keluarga BBK Electronics lainnya yang memiliki antar muka buatan sendiri.

Realme X - Auf

Hal tersebut sepertinya tidak akan berlangsung lama, karena realme pada akhirnya akan mengeluarkan antar muka sendiri. Sudah sejak lama, spekulasi mengenai realmeOS muncul di internet. Akan tetapi, hal tersebut tidak pernah digubris oleh realme sendiri, hingga saat ini.

Pemimpin realme India, Madhav Sheth dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa mereka akan mengeluarkan RealmeOS sebentar lagi. Akan tetapi, beliau tidak menyebutkan bagaimana sistem operasi tersebut dan seperti apa. Sheth mengatakan bahwa perusahananya telah mendengarkan para pelanggannya mengenai software dan telah bekerja sama dengan tim litbang untuk menawarkan fitur yang diminta paling banyak.

Realme beberapa waktu yang lalu memang mengumumkan Project X yang sampai saat ini masih misterius. Dengan proyek ini, realme mencari beberapa penguji beta untuk mencoba software rahasia dan meminta umpan baliknya. Proyek inilah yang dispekulasikan sebagai sistem operasi terbaru dari realme.

Sheth juga mengatakan bahwa pure Android tidak menggambarkan pengalaman yang sebenarnya. Realme sendiri ingin membawa kinerja dan mendukung Android, namun ingin menambahkan fitur-fitur tambahan. Hal ini tentu saja terlihat seperti OxygenOS yang dimiliki oleh OnePlus.

OPPO F11 Jewelry White - Photo by Lukman Azis / Dailysocial
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

RealmeOS nantinya dipercaya akan berbasiskan sistem operasi Android Q dan bisa jadi akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Tentunya, hal tersebut harus menunggu Android Q yang stabil dari Google.

Realme sendiri pertama kali muncul dikenal sebagai sub-brand dari OPPO. Walaupun mereka mengumumkan sudah lepas dari OPPO, namun desain dan antar mukanya masih mirip dengan OPPO. Dengan munculnya RealmeOS, tentu saja membuat realme akan benar-benar terlepas dari OPPO.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…