Categories

Gadget

Realme Gelar 5G Summit, Bakal Meluncurkan smartphone 5G Murah

realme bakal luncurkan smartphone 5G murah dan menjadi yang pertama yang kompatibel dengan smartfren

Dimas Galih W. - 10 June 2021

Realme baru-baru ini mengadakan sebuah acara yang bertemakan layanan 5G dengan nama realme 5G Summit. Melalui tema “Most Affordable 5G for Everyone”, realme mempertemukan para pemimpin industri dari penyedia jaringan, lembaga penelitian, dan vendor komponen, serta produsen perangkat untuk berbagi wawasan mereka mengenai beberapa topik terkait 5G. Di antaranya mengenai kesiapan pasar Indonesia menyambut era 5G, bagaimana prediksi pertumbuhan 5G di Indonesia, pertumbuhan bisnis dan market share 5G, realisasi dan implementasi 5G di Indonesia, serta bagaimana 5G mampu diserap oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan data Google yang dipaparkan dalam gelaran realme 5G Summit Indonesia, Penggunaan layanan digital di Indonesia berkembang pesat dari sebelum dan sesudah merebaknya pandemi Covid-19. Sebelum pandemi, konsumen baru untuk layanan Internet atau ekonomi digital sekitar 37% dengan rata-rata 3,6 jam waktu yang dihabiskan per hari berdasarkan penggunaan pribadi. Namun, sejak pandemi hingga saat ini, angka ini terus tumbuh hingga 93% dengan rata-rata 4,7 jam waktu yang dihabiskan per hari berdasarkan penggunaan pribadi. Persentase ini diprediksi masih akan ada di angka yang tinggi bahkan pada masa pasca-Covid, dan pastinya lebih tinggi dari sebelum masa pandemi. Pertumbuhan ini akhirnya didukung oleh berita positif tentang pengumuman 5G pada Januari 2021, di mana 5G resmi diluncurkan di Indonesia.

Palson Yi, Marketing Director realme Indonesiamengungkapkan bahwa realme menargetkan 1 juta pengguna 5G di Indonesia. Realme yakin target ini mampu tercapai mengingat keberhasilan realme dalam 2,5 tahun yang mampu melampui target pengguna 4G secara global. Di Indonesia sendiri, sejak kehadirannya di pasar Indonesia pada tahun 2018, realme telah berhasil mencapai 10 juta pengguna hingga tahun 2021.

“Kita lihat dari data yang juga divalidasi oleh tren pencarian menurut Google Indonesia, pasar Indonesia berkeinginan mencari smartphone 5G yang terjangkau. Pada titik ini realme berusaha untuk menjawab permintaan masyarakat di Indonesia dengan berkomitmen membawa perangkat 5G yang lebih terjangkau dalam waktu dekat,” ujar Palson.

Realme sendiri bakal meluncurkan perangkat 5G mereka yang memiliki harga terjangkau. Smartphone yang nantinya akan bernama realme 8 5G ini akan menggunakan SoC buatan Mediatek dengan Dimensity 700. Dalam menguji perangkat 5G-nya, realme bekerja sama dengan Smartfren yang sebentar lagi juga bakal meluncurkan jaringan 5G.

“Smartfren akan bekerja sama dengan realme guna melakukan pengujian terhadap setiap produk 5G realme yang akan datang. Bersama-sama, kami bertujuan untuk mewujudkan ekosistem 5G yang memberikan dampak besar pada msayarakat da industri, termasuk mewujudkan layanan 5G yang terjangkau bagi semua orang dalam jajaran perangkat realme,” ungkap Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility, PT Smartfren Telecom Tbk.

Seperti yang kita ketahui, Smartfren sendiri mendapatkan tambahan 10 MHz pada jaringan 2300 MHz. Tambahan blok ini nantinya juga bakal dipakai oleh Smartfren dalam menggelar jaringan 5G yang bersamaan dengan 4G mereka yang ada saat ini. Oleh karena bekerja sama dengan realme, bisa jadi nantinya smartphone pertama yang bisa terkoneksi dengan jaringan 5G dari Smartfren adalah realme 8 5G.

Realme 8 5G sendiri sudah mendapatkan tanggal peluncurannya. Oleh janji realme mengenai peluncuran perangkat 5G terjangkau, sepertinya perangkat ini akan berada di kisaran 2-3 jutaan. Sayangnya, kita harus menunggu terlebih dahulu sampai realme benar-benar meluncurkannya dalam waktu dekat, yaitu pada tanggal 16 Juni 2021. So, stay tuned!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter