Categories

Gadget

Realme Luncurkan 2 Perangkat Entry Level Murah: C11 dan Buds Q

Ditujukan untuk mereka yang masuk ke dalam pasar entry level

Dimas Galih W. - 1 July 2020

Realme kembali meluncurkan smartphone dan true wireless stereo nya di Indonesia. Kali ini, pasar yang mereka tuju adalah para pengguna entry level. Acara peluncuran tersebut dilaksanakan secara online pada tanggal 30 Juni 2020 melalui kanal Youtube resmi mereka.

Perangkat pertama yang diluncurkan adalah realme C11. Smartphone yang satu ini ditujukan untuk pengguna pemula yang membutuhkan baterai berkapasitas besar. Selain itu, realme C11 juga yang pertama memberikan fitur Nightscape pada kelas entry level. Saya pun sudah melakukan review realme C11 melalui tautan yang satu ini.

Realme C11 memiliki spesifikasi seperti berikut ini

Realme C11
SoCMediatek Helio G35
CPU4xCortex A53 2.3 GHz + 4xCortex A53 1,8 GHz
RAM2 GB / 3 GB
Internal32 GB
Layar6.5 inci 1600×720 IPS
Dimensi164.4 x 75.9 x 9.1 mm
Bobot196 gram
Baterai5000 mAh

Produk kedua yang diperkenalkan adalah realme Buds Q. Buds Q merupakan sebuah TWS yang juga ditujukan untuk pasar entry level. Keunikan dari TWS ini adalah desainnya yang diciptakan oleh Cooperated Designer of Hermès, José Lévy.

Realme Buds Q memiliki driver sebesar 10 mm, membuatnya memiliki suara bass yang cukup baik. Realme juga mengklaim bahwa TWS ini bisa digunakan hingga 20 jam. Selain itu, realme Buds Q juga memiliki sebuah fitur yang digemari oleh para gamer, yaitu latensi rendah 119 ms. Perangkat yang satu ini juga sudah saya review dan bisa dilihat melalui tautan yang satu ini.

Realme C11 dengan RAM 2 GB dijual dengan harga Rp. 1.599.000. Sedangkan versi 3 GB dijual pada harga Rp. 1.699.000. Untuk realme Buds Q, TWS yang satu ini memiliki harga yang cukup murah, yaitu Rp. 399.000. Semua perangkat bisa dibeli secara offline pada tanggal 4 juli 2020.

Harga terpaut sedikit dari Realme C3

Realme C11 diluncurkan dengan harga yang murah. Namun, harga tersebut hanya berbeda sedikit dari realme C3, hanya terpaut 200-300 ribu rupiah saja. Kinerja keduanya bahkan berbeda cukup jauh, di mana C3 lebih superior. Saya pun menanyakan bagaimana realme menyikapi hal tersebut.

Felix Christian selaku Manajer Produk dari realme menjawab bahwa sejatinya realme C11 ini merupakan upgrade dari produk realme C seri sebelumnya, realme C2. Realme C2 pada awal peluncurannya telah menjadi yang terbaik di Indonesia. Mereka melakukan pembaruan pada kapasitas baterai yang besar dengan prosesor terbaru. Selain itu, realme juga memberikan desain yang premium pada produk kali ini.

Jadi, perangkat yang satu ini memang ditujukan untuk mereka yang ingin me-refresh perangkatnya dari realme C2. Kinerja C11 sendiri memang lebih baik dibandingkan dengan C2. Lalu saat ditanyakan apakah realme C3 akan berhenti berproduksi, Felix menjawab bahwa realme C3 masih akan terus diproduksi bersamaan dengan C11.

Selanjutnya saya menayakan apakah cip R1Q yang digunakan pada Buds Q mengadopsi dari R1 yang digunakan pada realme Buds Air. Felix mengatakan bahwa chipset masih diadopsi dari R1, tapi memang ada perbedaan dari R1 karena kita lihat dari segi harga. Untuk secara performance, realme Buds Q menghasilkan suara yang bagus dan konektivitas yang pintar.

Realme Buds Q ini dikhususkan bagi teman-teman yang ingin memiliki TWS tapi berada pada segmen entry level. Bahkan semua pun bisa pakai TWS ini karena memiliki harga yang murah.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter