Categories

Gadget

Realme U1 Diluncurkan: Menggunakan Logo dan Mediatek Baru!

Ingin selfie namun tidak memiliki dana terbatas? Ini pilihannya

Dimas Galih W. - 13 December 2018

Realme belum lama mengumumkan tiga lini smartphone mereka dengan Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1 hadir di pasar Indonesia. Akan tetapi, seperti ingin mengejar libur Natal dan tahun baru, mereka hendak mengisi pasar para penggemar Selfie dengan memperkenalkan Realme U1 pada tanggal 10 Desember 2018 lalu, bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Realme U1 - Launch

Realme U1 merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan Mediatek Helio P70. SoC ini digadang memiliki kinerja yang memuaskan melebihi Snapdragon 660. Pihak Realme juga mengatakan bahwa penggunaan Helio P70 merupakan sebuah kebutuhan karena mereka bisa menyematkan kamera 25 megapiksel pada bagian depannya. Prosesor kamera pada P70 pun sudah sanggup memprosesnya.

Realme U1

Spesifikasi dari Realme U1 adalah sebagai berikut:

SoCMediatek Helio P70
CPU4×2.1 GHz Cortex-A73 + 4×2.0 GHz Cortex-A53
GPUMali G72 MP3
RAM / Internal Storage3/32 GB atau 4/64 GB
Layar6.3″ 2340 x 1080 IPS 19.5:9 Gorilla Glass 3
Baterai3500 mAh
Sistem OperasiAndroid Oreo 8.1

Karena ditujukan kepada pasar penggemar selfie, Realme pun menyematkan sensor terbaru dari Sony, yaitu IMX 576. Tentunya di atas kertas, hal ini akan membuat hasil selfie akan menjadi lebih baik.

Realme U1 - Case

Realme pun menjual kedua smartphone ini secara perdana pada ajang 12.12 atau Hari Belanja Nasional. Untuk Realme U1 dengan varian 3/32 GB dijual dengan harga Rp. 2.699.000. Sedangkan yang 4/64 GB memiliki harga Rp. 2.999.000. Saat dijual di Shopee, keduanya akan mendapatkan diskon.

Sudah bukan OPPO

Dalam acara wawancara terpisah, wartawan berulang kali menanyakan bagaimana kompetisi Realme dengan sang induk, OPPO. Pihak RealMe pun menegaskan bahwa mereka sudah berpisah dengan OPPO, sehingga Realme sudah menjadi sebuah merek tersendiri.

Realme U1 - QnA

Mereka pun memilih untuk menggunakan strategi yang berbeda dengan OPPO, seperti pada kebijakan peningkatan sistem operasi. RealMe berjanji saat mereka siap, perangkat yang ada bakal mendapatkan pembaruan sistem operasi, yang saat ini dari Oreo ke Pie.

Selama ini pun, Realme masih menumpang pabrik milik OPPO untuk merakit perangkat mereka. Mereka berjanji, saat kebutuhan di Indonesia meningkat, bukan tidak mungkin mereka bakal mendirikan pabrik milik mereka sendiri. Hal tersebut juga guna memenuhi tingkat kandungan dalam negeri yang saat ini juga sudah terpenuhi.

Rasa OPPO tapi murah

Kami juga mencoba smartphone ini saat peluncurannya. Tentu saja, Helio P70 sangat menarik untuk dibahas, karena memiliki kinerja yang mungkin setara dengan Snapdragon 670 atau 710. Namun sayang, kesempatan yang ada cukup sempit karena banyaknya pengunjung yang mencoba serta jadwal wawancara yang padat.

Realme U1 - PHones

Sekilas, kami merasa bahwa Realme U1 sedikit lebih responsif dibandingkan dengan OPPO F7 dan F9. Namun, saat bernavigasi memang tidak terasa beda dengan kebanyakan perangkat OPPO. Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh antarmuka yang sama dengan OPPO, yaitu ColorOS.

Build yang kokoh juga kami rasakan saat memegang Realme U1. Sayangnya, finishing kaca yang ada di bagian belakangnya membuat banyak sidik jari yang menempel. Jika Anda memilikinya, kami sangat menyarankan untuk memakai casing.

Pihak Realme juga sudah memberikan sinyal bahwa kami bakal mendapatkan unit demo. Oleh karena itu, tunggu saja artikel OpenBox serta reviewnya hanya di DailySocial.id!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id