Categories

Gadget

Realme UI 2 Bakal Tersedia dengan Sistem Operasi Android 11

Sayangnya, tidak semua bakal mendapatkan update ini dan masih beta

Dimas Galih W. - 25 September 2020

Mungkin hal ini yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna smartphone realme. Realme UI versi 2 akan hadir dengan menggunakan sistem operasi Android 11. Realme UI 2 ini dibuat dengan basis ColorOS 11 yang dimiliki oleh OPPO, yang masih merupakan satu keluarga dengan realme. Namun, rilis antar muka dengan sistem operasi terbaru Android tersebut masih bakal berstatus beta.

Perangkat pertama yang bakal mendapatkan realme UI 2 versi beta adalah realme X50 Pro yang belum lama ini diluncurkan. Nantinya pada antar muka terbaru ini akan banyak opsi penyesuaian baru, keamanan yang ditingkatkan, Always On, dan dukungan yang ditingkatkan untuk launcher pihak ketiga.

Realme X50 Pro sendiri akan memasuki masa open beta pada akhir bulan Oktober 2020. Hal ini berarti realme bakal mengajak para penggunanya yang terpilih untuk bisa merasakan dan memberikan feedback sistem operasi terbaru tersebut. Setelah itu, realme UI 2 untuk X50 Pro akan dirilis pada akhir bulan November 2020.

realme ui 2

Jadwal dari rilis sistem operasi beta tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

WaktuPerangkat
September 2020Realme X50 Pro
November 2020Realme 7 Pro
Realme Narzo 20
Desember 2020Realme 6 Pro
Realme 7
Realme Narzo 20 Pro
Realme X2 Pro
Januari 2021Realme X3
Realme X3 SuperZoom
Realme X2
Realme 6
Realme C12
Realme C15
Februari 2021Realme 6i
Realme Narzo 10
Maret 2021Realme C3
Realme Narzo 10A
Kuartal 2 2021Realme X
Realme XT
Realme 3 Pro
Realme 5 Pro
Realme Narzo 20A

Jika dilihat pada tabel di atas, ternyata realme masih mendukung perangkat 3 Pro dan 5 Pro. Sayangnya, realme 3 dan realme 5 non pro tidak masuk dalam daftar tersebut. Realme C11 juga tidak masuk dalam daftar di atas. Hal tersebut kemungkinan besar berkaitan dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB pada C11.

realme ui 2a

Untungnya, realme C12 dan C15 sebagai perangkat entry level masuk dalam daftar tersebut. Hal tersebut membuat smartphone dengan harga murah ini bisa merasakan sistem operasi Android 11 di tahun depan. Namun kita lihat saja, apakah Android 11 bakal optimal atau tidak pada perangkat yang menggunakan SoC MediaTek Helio G35.

Pada tabel di atas juga disebutkan tiga smartphone baru yang belum diluncurkan di Indonesia. Ketiganya adalah realme 7 Pro, realme Narzo 20, dan realme Narzo 20 Pro. Yang jelas, tiga perangkat ini nantinya bakal bisa merasakan sistem operasi terbaru dari Google tersebut. Semoga saja, ketiganya bisa hadir di Indonesia secara resmi.

Sumber: Realme Community, Twitter realme, XDA

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter