Dipandang Sebagai Flagship Pertamanya, Realme X Hadirkan Layar Tanpa Notch dan Kamera Belakang 48 Megapixel

Dipandang Sebagai Flagship Pertamanya, Realme X Hadirkan Layar Tanpa Notch dan Kamera Belakang 48 Megapixel

Tanpa notch berarti kamera depannya mengadopsi model pop-up
Realme X / Realme
Realme X / Realme

Realme 3 Pro resmi diluncurkan belum ada satu bulan yang lalu, namun ternyata itu tidak mencegah sub-brand Oppo tersebut meluncurkan ponsel baru yang bahkan lebih superior lagi. Gambar di atas adalah Realme X, ponsel yang menurut Realme sendiri adalah flagship pertamanya.

Dilihat dari depan maupun belakang, Realme X kelihatan sangat mirip seperti OnePlus 7 Pro yang juga masih sangat gres. Tidak seperti Realme 3 Pro yang masih mengadopsi notch, bagian atas layar Realme X benar-benar mulus tak ber-bezel. Yang tersisa hanyalah bezel bagian bawahnya, yang juga sedikit lebih tebal dibanding milik OnePlus 7 Pro mengingat kasta keduanya memang berbeda.

Absennya notch berarti penampang layarnya lebih luas ketimbang milik Realme 3 Pro. Benar saja, Realme X mengusung layar AMOLED dengan bentang diagonal 6,53 inci, akan tetapi resolusinya masih sama persis di angka 2340 x 1080 pixel. Kaca pelapis terluarnya pun juga dipercayakan kepada Gorilla Glass 5 buatan Corning, dan di baliknya juga masih tersimpan sensor sidik jari.

Realme X

Sesuai dugaan, Realme X mengusung kamera depan 16 megapixel model pop-up, tapi yang bentuknya jauh lebih konvensional ketimbang milik Oppo Reno. Di belakang, tertanam kamera utama dengan sensor Sony IMX586 beresolusi 16 megapixel dan lensa f/1.7, tidak ketinggalan juga kamera tambahan beresolusi 5 megapixel yang bertindak sebagai depth sensor.

Perbedaan antara Realme X dan Realme 3 Pro terhenti sampai di layar dan kamera, sebab spesifikasi yang diusung keduanya nyaris identik. Saya bilang nyaris karena chipset yang digunakan sama-sama Qualcomm Snapdragon 710, akan tetapi konfigurasi RAM/storage yang Realme X tawarkan mencakup 4GB/64GB, 6GB/64GB, dan 8GB/128GB, sedangkan Realme 3 Pro mentok di RAM 6 GB.

Yang mungkin sedikit mengecewakan buat para calon konsumennya adalah tidak adanya slot microSD pada Realme X. Beruntung jack headphone-nya tidak ikut dieliminasi, dan baterai berkapasitas 3.765 mAh miliknya masih mendukung teknologi charging ekstra cepat VOOC 3.0 warisan Oppo.

Di Tiongkok, Realme X bakal segera dipasarkan dengan harga mulai 1.499 yuan hingga 1.799 yuan. Kalau dikonversi menjadi dolar Amerika Serikat ($220 – $260), harganya ternyata tidak terlalu jauh berbeda dibanding Realme 3 Pro ($200 – $245).

Sumber: The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…