18 April 2015

by Glenn Kaonang

Recon Jet Adalah Kacamata Pintar untuk Konsumen yang Selalu Aktif

Google Glass boleh vakum sementara, akan tetapi hal itu tidak menghentikan para pesaingnya berinovasi. Salah satunya adalah Recon Instruments. Produk smart glass-nya, Recon Jet, telah menjalani sejumlah penyempurnaan sejak diumumkan sekitar dua tahun yang lalu, dan kini ia siap dipasarkan ke publik.

Recon Jet sepintas memang memiliki fungsionalitas yang serupa dengan Google Glass, yakni menampilkan informasi secara langsung di depan pandangan Anda. Namun fokus yang diusung sedikit berbeda, dimana Recon Jet tidak ditujukan untuk pemakaian setiap saat, melainkan hanya ketika Anda beraktivitas. Gampangnya, Recon Jet adalah sebuah fitness tracker yang Anda kenakan di wajah.

Dari segi fisik, Recon Jet tidak lain merupakan kacamata dengan sebuah komputer mini yang menancap di tangkai sebelah kanannya, menumbuhkan kesan sci-fi ketimbang sporty. Kedua tangkai dan penumpu hidungnya bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Info menarik: Purwarupa Device AR Sony, SmartEyeglass SED-E1, Bisa Anda Pesan

Informasi akan ditampilkan oleh layar Jet yang terletak di ujung bawah pandangan. Layar ini memiliki ukuran setara 30 inci yang dilihat dari jarak 2 meter. Menariknya, layar ini hanya akan menyala ketika Anda melirik ke arahnya, memaksimalkan efisiensi daya dan konsentrasi penggunanya.

Prosesor dual-core 1 GHz milik Jet akan mengolah seluruh data yang dikumpulkan oleh beragam sensornya (accelerometer, gyroscope, altimeter, barometer dan magnetometer). Jika Anda butuh lebih, Jet bisa disambungkan dengan tracker lain via konektivitas ANT+, atau ke smartphone dengan bantuan Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi untuk memperoleh notifikasi.

Sebuah kamera beresolusi HD turut disematkan sehingga Anda bisa mengabadikan momen kapan pun Anda mau. Pengoperasian Jet dilakukan viagestureswipe pada touchpad kecil yang tertanam di tangkai sebelah kanannya, serta dua buah tombol di bawahnya.

Info menarik: Smartphone Diprediksi Akan Kalah Populer Dari Smartglass di Tahun 2025

Tak hanya data metrik dari aktivitas fisik maupun notifikasi smartphone yang bisa ditampilkan Recon Jet, sistem operasinya telah dibekali aplikasi peta untuk memandu Anda bermaraton keliling kota. Tanpa harus terkejut, Anda tentunya juga bisa membagikan data-data yang dikumpulkan ke media sosial.

Recon Jet menggunakan baterai lithium-ion yang bisa dilepas-pasang pada tangkai sebelah kirinya, dengan estimasi daya tahan sekitar 4 jam penggunaan. Posisi baterai di sebelah kiri ini juga berguna menyeimbangkan frame Recon Jet secara keseluruhan.

Recon Jet saat ini sudah bisa didapat seharga $699 (± Rp 9 juta) melalui toko online resmi Recon Instruments. Ada dua warna frame yang bisa dipilih (hitam dan putih), serta empat pilihan lensa, termasuk yang berwarna bening maupun tipe polarized. Untuk pengguna kacamata tradisional, Anda perlu memakai lensa kontak mengingat Jet tidak menawarkan pengukuran optik yang spesifik.

Sumber: Recon Instruments via Wareable.