Categories

Gadget

RecPOP Adalah Heads-Up Display Bertenagakan Smartphone untuk Mobil Anda

Glenn Kaonang - 8 May 2015

Meski tidak disarankan, cukup banyak pengemudi mobil yang menggunakan smartphone-nya sebagai petunjuk navigasi. Cara seperti ini jelas sangat berbahaya, karena konsentrasi Anda bisa buyar saat pandangan dialihkan ke layar smartphone.

Memasang smartphone pada mount khusus di dashboard bisa jadi alternatif yang lebih aman. Namun cara ini sepertinya kurang ideal bagi mereka yang memiliki smartphone berlayar kecil.

Solusi lainnya adalah heads-up display (HUD). Idenya begini: tampilan petunjuk navigasi bisa dipajang di kaca depan mobil sehingga Anda hanya perlu melirik sedikit untuk memantaunya.

Kendati demikian, hingga kini belum banyak perangkat HUD di pasaran yang lebih efektif ketimbang menggunakan smartphone secara langsung. Umumnya, perangkat HUD ini melibatkan sebuah layar kecil penampil informasi dalam kondisi terbalik, yang kemudian akan dipantulkan ke kaca depan mobil sehingga bisa terbaca oleh pengemudi.

Info menarik: Mini Augmented Vision Adalah Kacamata AR untuk Pengemudi Mobil

Mengamini konsep HUD, sebuah perusahaan Perancis bernama RoadEyes ingin menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda. Ketimbang mengandalkan pantulan layar kecil milik perangkat HUD, mereka ingin memindahkan petunjuk navigasi pada smartphone ke kaca depan mobil.

Dari ide tersebut, lahirlah recPOP. Perangkat ini berwujud seperti router yang ditempatkan di atas dashboard dan mengambil energi dari adapter yang terpasang pada pemantik api. Saat menyambung ke smartphonevia Wi-Fi, recPOP akan memproyeksikan apapun yang tampil di layar smartphone ke sebuah kaca bening berukuran 6,2 inci yang terbuat dari plastik.

Perangkat ini kompatibel dengan platform Android maupun iOS. Idealnya, Anda membuka aplikasi Google Maps atau Waze di smartphone, jalankan fungsi navigasi, lalu letakkan smartphone tersebut dan mulai mengemudi dengan menyimak petunjuk navigasi di 'layar' milik recPOP.

Info menarik: Ford Explorer Platinum 2016 Usung Sistem Audio Premium Racikan Sony

Seperti yang saya sebutkan, recPOP dapat memproyeksikan konten apapun di smartphone Anda. Artinya, selain petunjuk navigasi dari kedua aplikasi di atas, recPOP juga bisa menampilkan email, pesan teks, telepon masuk dan masih banyak lagi. Sebuah loudspeaker yang tertanam bisa membantu memperjelas percakapan via telepon sekaligus petunjuk suara dari aplikasi GPS.

Buat yang tertarik, recPOP saat ini sudah bisa dibeli dari situs resminya seharga sekitar $320 (± Rp 4,2 juta).

Sumber: RoadEyes via Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter