Categories

Gadget

RED Luncurkan Sensor Spesialis Low-Light, Gemini 5K S35

Dilengkapi sistem Dual ISO dan dapat melihat dalam gelap

Glenn Kaonang - 3 April 2018

RED Camera kembali membuat gebrakan dengan merilis sensor baru untuk bodi kamera Epic-W. Namanya Gemini 5K S35, dan kelebihan utamanya adalah performanya di kondisi minim cahaya. RED pun begitu percaya diri mengklaim Gemini dapat melihat di dalam gelap.

Rahasianya terletak pada sistem Dual ISO macam yang diterapkan Panasonic lewat Lumix GH5S. Berkat sistem ini, kamera dapat mengaktifkan dua mode pengaturan ISO yang berbeda: satu standar, dan satu lagi khusus untuk kondisi low-light dengan sedikit mengorbankan dynamic range.

Hasilnya bisa Anda lihat sendiri pada video di bawah, yang direkam tanpa bantuan sumber cahaya tambahan. Detail pada area gelap (shadow) dapat terlihat cukup jelas, tapi di saat yang sama gambar tampak begitu bersih karena noise yang sangat minim.

Secara teknis, dimensi fisik Gemini memang sedikit lebih besar dibanding sensor Helium 8K S35: 35,6 mm dibanding 33,8 mm secara diagonal. Dipadukan dengan resolusi yang lebih kecil (maksimal ‘hanya’ 5K 96 fps), performanya di kondisi minim cahaya bisa jadi lebih baik – prinsip kerjanya kurang lebih sama seperti seri Sony A7S.

Menariknya, sensor ini sebenarnya sudah pernah dirilis sebelumnya, tapi kala itu khusus untuk digunakan di luar angkasa oleh “pelanggan teramat istimewa”, kalau kata RED sendiri. Spontan kita bakal langsung mengira pelanggan yang dimaksud adalah Elon Musk, yang tidak lain dari pemilik SpaceX, tapi yang lebih penting adalah bagaimana sensor ini sengaja dirancang untuk keperluan melihat dalam gelap.

RED sekarang sudah memasarkan Gemini bersama bodi Epic-W seharga $24.500. Saya tidak sabar melihat koleksi video low-light yang diambil menggunakan Gemini.

Sumber: FStoppers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter