Redmi Note 7 dan Note 7 Pro Meluncur di India, Usung Kamera 48MP dan Baterai 4000mAh

Redmi Note 7 sekaligus menjadi penanda perpisahan brand Redmi dari Xiaomi

Redmi Note 7 dan Redmi 7 Pro akhirnya resmi diluncurkan di India sebagai smartphone pertama setelah pemisahan merek Redmi dari perusahaan induknya, Xiaomi. Yap, buat Anda yang ketinggalan beritanya, Xiaomi memutuskan untuk memisahkan brand Redmi untuk berdiri sendiri seperti halnya Poco, kendati proses kelahiran keduanya sedikit berbeda.

Tahun lalu, Xiaomi merilis Redmi 6A, Redmi 6 dan Redmi 6 Pro, tetapi pabrikan asal Tiongkok itu melewatkan model Redmi Note 6 yang tampaknya dilandasi oleh alasan teknis. Kini, di seri Redmi Note 7 ini kita akan menjumpai banyak hal baru yang lebih dari sebatas perubahan nama.

Yang jelas terpampang di depan mata, Redmi Note 7 hadir dengan bodi kaca premium. Ia juga menawarkan ruang layar yang mengesankan melalui tampilan dengan notch tetesan airnya. Selain itu, smartphone ini - varian Pro - kian berani menghadirkan fitur premium kali ini berupa kamera belakang 48 megapiksel, salah satu kamera smartphone beresolusi terbesar yang pernah ada.

Layar Redmi Note 7 masih menonjolkan sisi ruang yang lega dengan sejumlah fitur kekinian, seperti penampang selebar 6,3 inci yang memiliki resolusi FHD (2340 x 1080 piksel) dengan aspek rasio 19,5:9, kecerahan 450 nits, 84 persen warna NTSC gamut, Corning Gorilla Glass 5, dan kaca melengkung 2.5D.

Meski sekilas terlihat seperti perangkat flagship, tetapi Redmi Note 7 hanya ditenagai chipset Snapdragon 660, bukan seri 8 seperti yang mungkin ada dalam ekspektasi Anda. Pun demikian, chipset ini sudah cukup baik mengingat ini merupakan chipset yang mengedepankan teknologi AI. Di samping itu, chipset ini juga ditemani RAM 3GB dan 4GB dengan ruang simpan 32GB dan 64GB.

Ekspektasi tinggi bisa Anda gantungkan di sektor kamera, di mana Redmi Note 7 tampil apik dengan dua kamera masing-masing 12MP + 2MP. Bukan asal tinggi, kamera utamanya diduduki oleh sensor Sony IMX586 yang disempurnakan oleh teknologi AI. Sedangkan untuk pengalaman selfie, Redmi punya kamera 13MP yang juga bakal didampingi teknologi AI untuk mendapatkan kualitas jepretan yang apik.

Spesifikasi Redmi Note 7 Pro

Dari segi tampilan, tak ada perbedaan berarti antara Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro. Seri teratas ini juga mengemas layar HD+ selebar 6,3 inci dengan resolusi 1080x1920 piksel. Ada hiasan notch tetesan air yang memberi lekukan seksi pada layar 19,5: 9 yang juga memiliki dua mode, Sunlight Mode dan Reading Mode.

Kedua mode ini bekerja secara unik, dimana ketika dipilih smartphone akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan tergantung di mana pemiliknya berada, di dalam atau luar ruangan. Pelapis Gorilla Glass 5 juga hadir di barisan terdepan yang akan mencegah kerusakan akibat goresan dan benturan.

Faktor pembeda paling ketara ada di bagian dalam, di mana Redmi Note 7 Pro mendapatkan Snapdragon 675 dengan dua opsi RAM, 4GB dan 6GB masing-masing dengan penyimpanan 64GB dan 128GB.

Daya tarik varian Pro ini juga datang dari komponen kameranya, di mana ada sepasang β€œmata” yang menatap dari punggung masing-masing dengan resolusi 48MP dan 5MP. Pecinta selfie juga akan dipuaskan oleh hadirnya kamera depan 13MP dengan mode AI Portrait, bokeh dan AI Beautify.

Smartphone menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie atasnya dengan polesan MIUI 10 racikan dapur Xiaomi. Di balik panel belakang duduk pula baterai sebesar 4000mAh yang didampingi oleh teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0 untuk memperoleh tambahan daya secara cepat.

Berikut adalah harga kedua smartphone untuk pasar India:

Redmi Note 7 diluncurkan seharga $140 untuk varian 3GB RAM + 32GB ROM, $169 untuk model 4GB + 64GB. Sedangkan Redmi Note 7 Pro mulai dari $196 untuk model 4GB + 64GB dan $238 untuk versi 6GB + 128GB.

Sumber berita Mi, Mi via GSMArena.