Categories

Gadget

Redmi Watch Diluncurkan, Tawarkan Fitur yang Lengkap di Harga 600 Ribuan

Dilengkapi sensor laju jantung dan NFC, tapi tanpa modul GPS mandiri

Glenn Kaonang - 27 November 2020

Setahun yang lalu, Xiaomi memperkenalkan smartwatch perdananya yang bernama Mi Watch. Dengan harga cuma 1.299 yuan (± Rp2,7 jutaan), ia jelas lebih terjangkau daripada kebanyakan smartwatch lain. Kendati demikian, sebagian orang mungkin bakal berargumen bahwa Xiaomi sebenarnya bisa menyuguhkan harga yang lebih menarik lagi.

Memang benar, tapi melalui sub-brand-nya, Redmi. Perangkat bernama Redmi Watch ini baru saja diperkenalkan secara resmi di Tiongkok, dan tampangnya boleh dibilang cukup mirip dengan Mi Watch. Satu perbedaan yang paling mencolok adalah, terlepas dari wujudnya yang sama-sama mengotak, Redmi Watch hanya dilengkapi sebuah tombol, berbeda dari Mi Watch yang turut dibekali sebuah crown.

Fisik Redmi Watch juga lebih ringkas, dengan layar seluas 1,4 inci yang memiliki resolusi 320 x 320 pixel. Bobotnya tercatat di angka 35 gram, dan ia siap diajak menyelam sampai kedalaman 50 meter.

Sesuai ekspektasi kita terhadap suatu smartwatch, Redmi Watch datang membawa fitur-fitur esensial macam heart-rate monitoring secara konstan, sleep tracking, maupun tujuh mode terpisah untuk memantau kegiatan berolahraga seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Perangkat ini bahkan turut dilengkapi NFC dan Bluetooth 5.0. Sayangnya, mungkin demi menekan harga jual, Redmi Watch tidak dibekali modul GPS-nya sendiri. Itu berarti ia harus menebeng GPS milik smartphone jika hendak dipakai untuk memonitor aktivitas-aktivitas seperti berlari atau bersepeda.

Hal lain yang turut dibanggakan adalah daya tahan baterainya. Dalam sekali pengisian, Redmi Watch diyakini sanggup beroperasi selama 7 hari pemakaian normal, atau 12 hari jika mode power saving-nya dinyalakan. Proses pengisian ulangnya sendiri tidak perlu waktu lebih dari dua jam.

Namun seperti yang saya bilang di awal, daya tarik utama Redmi Watch adalah harganya. Di Tiongkok, smartwatch ini dihargai cuma 299 yuan saja ketika mulai dipasarkan pada tanggal 1 Desember mendatang, atau sekitar 640 ribu rupiah jika kita konversikan.

Belum diketahui apakah Xiaomi berniat membawa Redmi Watch ke Indonesia, akan tetapi bisa saja mereka memakai nama Mi Watch Lite untuk pasar internasional. Pilihan warna yang ditawarkan sendiri ada tiga, yakni hitam, putih, atau biru, sedangkan strap-nya ketambahan dua warna ekstra.

Sumber: GSM Arena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter