19 December 2014

by Aditya Daniel

Reeder 2, Aplikasi Penyimpan RSS Kaya Fitur

Bagi penggemar berita khususnya mengenai topik teknologi seperti saya, maka cara tercepat mendapatkan informasi tersebut adalah dengan memanfaatkan fitur RSS yang ada dalam setiap situs.

Fitur ini tak hanya menghemat waktu jika dibandingkan dengan harus membuka situsnya melalui web browser tapi juga menghemat bandwith atau paket data yang digunakan karena RSS berfokus pada konten tulisan dari sebuah blog.

Untuk itu demi mendapatkan informasi terbaru dengan cepat, Reeder 2 menjadi salah satu aplikasi untuk membaca RSS dari perangkat iOS yang saya miliki.

Reeder 2 hadir dengan tampilan UI datar yang selaras dengan iOS 7 dan 8. Dilengkapi dukungan terhadap layanan penyimpan RSS seperti Feed Wrangler, Feedbin, Feedly, pengguna bisa menggunakan fitur sinkronisasi tautan yang sudah dibaca antar platform ataupun antar RSS reader lainnya.

Bagi yang tak memiliki ataupun mendaftar layanan penyimpan RSS, Reeder 2 menyediakan opsi untuk menyimpan RSS secara lokal dalam aplikasinya, yang berarti pengguna harus menambahkan satu persatu RSS dari situs yang diinginkan. Ini juga berarti tak adanya fitur sinkronisasi dari RSS feed yang sudah dibaca atau belum.

 

 

Reeder 2 juga memiliki fitur kustomisasi tampilan, pengguna bisa memilih 4 skema warna aplikasi yang telah disediakan. Ukuran font pada artikel maupun judul juga dapat diatur besar kecilnya.

Salah satu fitur yang membuat saya memilih Reeder 2 sebagai aplikasi untuk membaca RSS adalah aplikasi ini dilengkapi dengan kemampuan berbagi ke berbagai macam layanan media sosial juga aplikasi lainnya seperti Twitter, Instapaper, Readibility, Pocket, dll.

 

Info menarik: Fitur Foto Baru di Facebook Ini Sementara Hanya Tersedia Untuk Pengguna iOS

 

 

Selain itu adanya in-app-browser membuat pengalaman membaca sebuah berita atau informasi menjadi jauh lebih menyenangkan, sebab pengguna tak perlu lagi membuka Safari atau browser lain untuk melihat artikel secara penuh.

Dengan memanfaatkan fitur background refresh yang ada pada iOS, Reeder 2 dapat melakukan sinkronisasi RSS secara otomatis. Sehingga konten tulisan dari situs ataupun blog yang diikuti dapat secara otomatis terbarui tanpa pengguna harus melakukannya secara manual.

Pada pembaruannya yang terakhir, Reeder 2 sudah mendukung untuk iPhone 6 dan 6 Plus sehingga membaca sebuah konten atau artikel menjadi lebih menyenangkan. Fitur tambahan lain adalah adanya dukungan landscape mode bagi pengguna iOS 8.

Tak hanya lengkap secara fitur, Reeder 2 juga dikemas dengan UI yang menarik untuk digunakan, dan rasanya sebanding dengan banderol harga yang dipasang.

Download - App Store - Rp. 59 Ribu