1. Startup

Rekap Dailylicious Minggu Ini

Rekap untuk Dailylicious kembali hadir dengan memberikan berbagai informasi yang kami terima di 'meja' redaksi, baik itu yang dimuat di Dailylicious maupun di DailySocial.

Untuk rekap kali ini dan kedepannya akan kami ubah sedikit format penyajiannya, akan dikelompokkan untuk informasi di DailySocial dan Dailylicious, karena memang ada perbedaan muatan informasi yang diberikan dari dua channel ini, dan kami berharap Dailylicious bisa memberikan 'penyegaran' dan keseruan tersendiri dari dunia startup beserta berbagai lika-likunya.

Namun untuk nama kami tetap memakai Rekap Dailylicious, karena terkesan tasty dan menarik. :)

DailySocial

Minggu lalu terdapat berbagai informasi dari berbagai kategori mulai dari peluncuran startup baru, sampai event. Untuk berita seputar startup, ada Updaterus yang resmi meluncurkan versi beta layanan mereka, kemudian ada studio mobile game yang merilis game mereka untuk perangkat Android. Nightspade secara resmi merilis game Stack The Stuff untuk perangkat Android.

Nightspade beberapa kali pernah di bahas di DailySocial mulai dari berita pendanaan dari East Ventures sampai video wawancara dengan beberapa pendiri studio ini. Selain game Stack The Stuff, mereka juga merilis game terbaru untuk perangkat iOS berjudul Mad Warrior. Kami memiliki review singkat tentang game ini yang bisa Anda baca pada tautan ini.

Selain dua startup di atas, DuniaVirtual juga memiliki update atas layanan mereka, kini para pengguna BlackBerry bisa menggunakan aplikasi DuniaVirtual untuk mengakses dan menggunakan layanan yang diberikan. Rilis aplikasi DuniaVirtual untuk perangkat BlackBerry ini bisa menambah seru peta e-commerce di Indonesia.

Sebelum memasuki berbagai berita tentang event mari kita lihat ada berita lain apa saja yang muncul di DailySocial, untuk berita lokal dimulai dengan konsultan media digital asal Jepang, Adways, yang membuka kantor di Indonesia, bulan Juni kemarin dan resmi beroperasi bulan September, berita lengkap bisa dilihat di sini.

Kemudian ada berita hadir dari kota Malang, HackerSpace Malang pindah lokasi dan berubah nama menjadi HackerStasion, dengan fasilitas yang lebih condong ke akselerator dan inkubator. Lalu ada berita dari IM2 yang memodifikasi Kongkoow menjadi online marketplace.

Kita masuk ke berita di wilayah Asia, perusahaan riset Ovum merilis publikasi yang memprediksikan bahwa di tahun 2016 koneksi telepon mobile akan mencapai 4.2 miliar, berita bisa dilihat di tautan ini. Kemudian ada berita dari Google yang mengucurkan dana lebih dari $200 juta untuk membangun tiga data center baru di Asia yang diharapkan mulai beroperasi dalam waktu 12 sampai 24 bulan. Lalu Spotify juga dikabarkan akan mulai menggarap pasar Asia dengan merekrut mantan karyawan Google untuk memimpin ekspansi di Asia. Berita terakhir patut untuk diikuti terus perkembangannya, terkait industri musik tanah air.

Ada dua berita lain hadir dari Google, yang pertama Google melakukan kampanye di Mesir yang bernama Ebda2 untuk mengunjungi berbagai tempat, termasuk Universitas dalam rangka menemukan bibit baru pengusaha teknologi, semoga saja program serupa mampir di Indonesia, mengingat Google yang memulai kampanye produk mereka dengan lebih masif di sini. Lalu, masih dari Google, salah satu layanan mereka, Google Analytics meluncurkan fitur Real-Time yang memudahkan untuk mendeteksi data aktivitas di situs secara langsung, selain itu Google juga memperkenalkan akun premium dari Google Analytics.

Kemudian ada satu berita dari Delicious yang di-relaunch dengan menghidupkan kembali konsep kurasi online. Nokia juga dikabarkan sedang mengembangkan platformmobile untuk menggantikan S40 bernama Maltemi, kabar ini patut untuk diikuti karena pasar low end adalah salah satu pasar jumlahnya tetap besar, dan menjadi salah satu bagian fokus dari Nokia.

Masuk ke informasi tentang event, ada beberapa acara termasuk kompetisi yang bisa dikuti, yang pertama adalah SparxUp Awards 2011 yang pendaftarannya diperpanjang sampai tanggal 9 Oktober 2011, berita lengkap, informasi hadiah serta detail lain bisa dilihat di tautan ini. Kemudian ada Asia's Top 50 Apps, yang kembali hadir bagi seluruh pengembang, startup di Asia. Meski beberapa waktu lalu ada kasus sistem voting, kini mereka mengubah sistem voting dan terus  memperbaiki sistemnya, Anda tetap bisa melihat update di tautan ini.

Lalu ada berita datang dari RIM yang akan mengadakan acara BlackBerry Messenger (BBM) Apps Hackathon di sembilan kota di dunia mulai akhir September, dan Jakarta akan menjadi satu-satunya kota di Asia yang menjadi tuan rumah. Informasi terakhir dari event, ada liputan dari acara Social Media Festival yang baru-baru ini dilaksanakan di fX LIfestyle X'nter Jakarta.

Seperti biasa, ada beberapa artikel opini dari para editor DailySocial yang bisa Anda baca, mulai dari tentang penantian pengembangan teknologi untuk kaum difabel, tema seputar inovasi, lalu tentang valuasi startup Indonesia dan Web Apps dari Nokia yang dikembangkan menggunakan Qt.

Dailylicious

Informasi pertama dari Dailylicious, ada data dari pelanggan BlackBerry di Indonesia dalam rentang waktu Januari - September 2011, data dibagi berdasarkan operator, info bisa dilihat lewat tautan ini atau sumber asli bisa dilihat di sini. Kemudian masih seputar tema mobile, Engadget menuliskan artikel tentang pertumbuhan penjualan smartphone Android dalam tiga bulan ke belakang, market share bertumbuh 43%.

Informasi selanjutnya berhubungan dengan investasi di Asia, diberitakan bahwa investasi dari Asia ke Australia 1.5 kali lebih besar dari investasi asal Australia di Asia, dari tahun 2009 sampai 2010, ada 150 perusahaan Asia berinvestasi di Australia sedangkan hanya 100 perusahaan Australia yang berinvestasi di Asia.

Kemudian ada data dari Nielsen yang menjelaskan tentang akses internet dari perangkat mobile (ponsel) di Indonesia, Nielsen mengatakan bahwa hampir sebagian pengguna internet di Indonesia menggunakan ponsel untuk mengakses internet dan jumlahnya akan terus bertambah. 48% pengguna internet reguler di Indonesia menggunakan ponsel untuk mengakses internet.

Selanjutnya ada beberapa quote dari pegiat startup dan media di Indonesia, seperti yang pernah dijelaskan Dailylicious akan berusaha meng-capture quotes seperti ini, yang terdengar santai namun tetap menarik.

Firman dari TeknoJurnal menuliskan lewat Twitter tentang event Inaicta yang akan digelar minggu depan, Firman juga mengkritik tentang karya dari Inaicta yang bagus namun terkadang tidak sukses di pasar. Selanjutnya ada Tweet menarik dari Ronald Ishak, yang bisa saja menjadi filosofi Angry Birds: "We use to say "I hit two birds with one stone" but now we say " I hit two pigs with one bird."  Dan terakhir, ada poster menarik dan quote dari salah satu freelancer asal Bandung, penasaran, cek tautan ini. :)

Sebelum menutup artikel rekap, ada permintaan maaf dari Rama Mamuaya atas kejadian posting yang ditarik setelah dipublikasikan di DailySocial untuk beberapa saat. Kami memiliki alasan untuk menurunkan posting tersebut, namun tetap saja itu kesalahan karena artikel tersebut telah dipublikasikan, kami meminta maaf, selengkapnya bisa dilihat di sini.

Demikian rekap minggu ini dan sampai jumpa di rekap selanjutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again