1. Startup

Rekap Dailylicious Minggu Ini

Mari kita mulai rekap Dailylicious dan DailySocial minggu ini, berhubung minggu kemarin ada libur nasional, Lebaran, maka rekap kali ini adalah rangkuman dari berbagai berita dan informasi yang diterima redaksi DailySocial selama dua minggu, yang kami bagikan di Dailylicious dan kami tuliskan di DailySocial.

Informasi pertama tentang media atau penerbitan online, masih terkait dengan berita serupa di rekap dua minggu lalu, berhubungan dengan pemberhentian Jack Shafer dari Slate. Kali ini artikel ditulis oleh Jeff Bercovici di Forbes.com. Jeff mengatakan bahwa ada dua pilihan dalam memproduksi produk/konten online, yang murah atau mahal, jika memilih yang mahal maka sebaiknya yang niche dan dengan demografi yang ingin disasar pengiklan, seperti teknologi atau bisnis. Selengkapnya bisa dilihat lewat tautan ini.

Selanjutnya ada artikel menarik dari TheNextWeb tentang kenapa para entrepreneur asing (founder startup dari program Ycombinator) memilih untuk menjalankan startup mereka di sana. Beberapa poin antara lain, akses ke mentor, ekosistem wirausaha yang sangat mendukung dimana selain memiliki interest yang sama, orang-orang di sana tidak takut gagal dan memiliki passion yang sama.

Masih sedikit berhubungan dengan YCombinator, kali ini Paul Graham mengusulkan sebuah ikrar tentang paten. Tentunya masalah paten ini menjadi masalah cukup serius yang dihadapi para startup, Paul mengusulkan Patent Pledge untuk melindungi startup dan membantu inovasi. Ia mengusulkan bahwa, "No first use of software patents against companies with less than 25 people." Informasi bisa dibaca lewat tautan ini.

Anda pasti kenal Instagram bukan? Berikut ada 3 komentar menarik dari founder Instagram, Kevin Systrom tentang Justin Bieber, Facebook dan Android. Pernyataannya tentang Android juga memunculkan berbagai komentar, terutama bagi para pengguna Android bahwa mereka akan segera menikmati layanan ini di ponsel mereka. DailySocial juga memiliki sedikit informasi tentang Instagram untuk Android sejak 15 Agustus lalu, dari artikel wawancara dengan Shinta Dhanuwardoyo yang berkunjung ke Silicon Valley.

Sekarang mari kita lihat ada informasi apa yang dituliskan di DailySocial. Menjelang masa liburan akhir tahun, Multiply mengadakan program bagi para penjual dengan membebaskan biaya transaksi yang dikenakan jika menggunakan platform e-commerce Multiply.

Beberapa informasi yang berkaitan dengan startup/developer, Palembang kini memiliki komunitasstartup, bernama MusTech yang diambil dari nama sungai Musi. Kemudian ada pengumuman dari kompetisi DevStart yang telah mengumumkan 10 finalis, nantinya akan dipilih dua pemenang utama yang rencananya akan diumumkan minggu depan. Lalu ada pula pengumuman dari East Ventures Alpha, sebuah program inkubasi 100 hari bagi para startup yang dikelola oleh East Ventures. Mereka mengumumkan daftar 6 peserta yang masuk dalam program inkubasi. Dan informasi dari SparxUp Awards 2011, pendaftaran untuk early bird akan ditutup 18 September 2011, sedangkan pendaftaran 'normal' ditutup tanggal 2 Oktober 2011, info lengkap bisa di cek di sini.

Kini ada informasi dari Google, Yahoo! dan Foursquare. Ada dua informasi dari Google, yang pertama adalah tentang pengguna AdMob yang harus memindahkan akun mereka ke AdSense Mobile, dan yang kedua adalah iklan TV Google untuk Indonesia yang sudah mulai ditayangkan di TV. Untuk Foursquare, mereka mengumumkan tambahan fasilitas bahasa baru bagi update aplikasi dan web mereka, termasuk dukungan atas bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk Yahoo! ada berita 'panas' dimana CEO mereka, Carol Bartz akhirnya dipecat dan kini Yahoo! tengah mencari CEO baru. Berkaitan dengan ini ada sedikit komentar bercanda di Dailylicious, apa itu, silahkan cek di tautan ini. ;)

Sebelum masuk ke informasi akhir di Dailylicious, ada kabar juga dari XL, kini Anda bisa membeli Zynga Credits menggunakan XL prabayar serta kabar dari pengelolaan domain .id yang akan ditangani oleh GMO Regustry. Kemudian dua informasi akhir di Dailylicious kali ini adalah, yang pertama adalah tentang kabar yang kami dapat dari Twitter tentang capex Bakrie Tel yang mencapai $50 juta untuk broadband dan Smartfren yang berencana mau bundel iPad. Serta terakhir adalah informasi tentang Twitter client paling populer di Indonesia, meski informasi ini telah muncul sejak Juli, namun tetap menarik untuk dicermati, aplikasi apa yang paling banyak digunakan? Anda bisa melihatnya lewat tautan ini.

Seperti biasa di akhir rekap kami menginformasikan beberapa artikel opini serta CEO Corner yang muncul di DailySocial. Yang pertama ditulis oleh Aulia adalah tentang Mengapa Kita Masih Menggunakan Perangkat Key Generator Untuk Internet Banking? Lalu ada guest post dari Razi Thalib tentang Mencari Teknolog Sejati. Rama menuliskan tentang API bagi startup sedangkan saya sendiri menuliskan tentang Salah Satu Cara Menghadapi Persaingan yang saya susun berdasarkan video wawancara Kevin Rose dengan Dennis Crowley.

Kemudian artikel CEO Corner kali ini DailySocial mewawancarai Saumil Nanavati, founder dan CEO dari Chalkboard. Sebagai penutup, ada video wawancara DailySocial dengan co-founder dan CEO SoybeanSoft, perusahaan game asal Jogja yang baru-baru ini mendapatkan pendanaan dari East Ventures.

Demikian rekap kali ini, Anda bisa menuju tautan masing-masing untuk informasi lengkap dan sampai bertemu di rekap selanjutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again