Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja di Tahun 2022

Fokus adalah salah satu faktor untuk mencapai produktivitas kerja. Gunakan 5 aplikasi produktivitas berikut!

Dengan bergantinya tahun seharusnya ada resolusi baru juga yang berjalan, salah satunya semakin produktif. Jangan sampai sifat bermalas-malasan di tahun sebelumnya terbawa hingga tahun ini dan mengacaukan produktivitas kerja.

Namun dengan adanya kebijakan WFH juga tentunya membuat produktivitas harian bisa terganggu. Nah, apa yang dimaksud produktivitas? Produktivitas adalah sebuah rasio untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan dengan sebuah usaha dan manajemen waktu. Untuk mencapai produktivitas tentunya Anda harus pintar mengatur jadwal.

Akan tetapi, mengatur jadwal kerja saja tidak menjamin Anda bisa berproduktif dalam bekerja, karena kenyataannya selalu ada saja gangguan yang membuat produktivitas kerja Anda longgar, seperti media sosial atau games. Gangguan sekaligus godaan tersebut bisa membuat pekerjaan Anda tidak selesai tepat waktu dan juga membuat Anda bermalas-malasan, yang ujungnya produktivitas kerja Anda berantakan.

Rekomendasi aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja

Sebenarnya produktivitas kerja bisa di-handle dengan sebuah teknologi, bahkan saat ini aplikasi yang mendorong produktivitas dapat mudah ditemukan. Sebelum bicara mengenai aplikasi yang dapat menunjang produktivitas kerja, ada baiknya Anda mengetahui apa itu produktivitas kerja. Produktivitas kerja adalah ukuran waktu seorang tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Bagi Anda yang sulit menjaga produktivitas kerja, sudah saatnya Anda membutuhkan aplikasi produktivitas.Aplikasi-aplikasi berikut ini dapat membantu Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan. Sehingga, waktu yang Anda gunakan bisa lebih prioritas untuk kegiatan yang produktif.

1. Forest

Forestadalah aplikasi pengatur waktu untuk menjauhkan Anda dari handphone. Visual aplikasi ini adalah penanaman pohon. Forest sangat cocok bagi Anda yang kecanduan smartphone dan ingin menjauhkan diri sejenak dari handphone untuk mengerjakan hal yang penting.

Cara menggunakannya, Anda cukup mengatur waktu berapa lama Anda ingin menjauhi handphone. Setelah itu, Anda dapat memilih pohon virtual yang akan ditanam dan pilih ‘plant’ untuk memulai. Pohon akan terus tumbuh sesuai waktu yang Anda pilih. Jika, Anda ingin menggunakan handphone dan keluar dari aplikasi Forest, maka Anda bisa menekan ‘Give Up’ dan pohon virtual yang Anda tanam akan mati.

Melalui aplikasi Forest versi pro juga Anda bisa berkontribusi untuk menanam pohon secara nyata di dunia. Menariknya dari aplikasi ini, semakin sering Anda menggunakan Forest, maka jenis pohon virtual akan semakin beragam dan akan membentuk seperti hutan.

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=cc.forestapp&referrer=utm_source%3Dofficalwebsite%26utm_medium%3Dbutton

App store: https://apps.apple.com/app/apple-store/id866450515

2. Brain.fm

Apakah Anda orang yang suka memutar lagu saat bekerja agar bisa lebih fokus? Jika iya, lebih baik Anda beralih ke tools Brain.Fm, karena aplikasi ini akan menyuguhkan musik yang cocok untuk stimulasi otak untuk fokus. Musik yang ada di Brain.fm didukung oleh AI dan merupakan temuan ahli saraf pendengaran.

Brain.fm juga bisa dibilang sebagai bentuk terapi digital yang menggunakan musik untuk meningkatkan kinerja otak. Dalam aplikasi ini juga ada empat kategori yang bisa Anda pilih yaitu focus, sleep, relax, dan meditate. Anda bisa memilih kategori sesuai kebutuhan dan musik yang diputar akan disesuaikan. Aplikasi ini juga dirancang untuk bekerja dalam waktu 10-15 menit. 

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.brainfm.app&hl=en_US 

App Store: https://apps.apple.com/us/app/brain-fm-music-for-the-brain/id1110684238 

3. Self-control

Bagi Anda pengguna MacOs, Anda bisa menggunakan toolsSelf-control. Tools ini akan meningkatkan fokus kerja Anda dengan cara memblokir akses ke website, server email, atau apapun yang ada di internet. Anda bisa mengatur waktu dan membuat daftar website apa saja yang akan diblokir selama waktu berjalan. Maksimal waktu yang dapat diatur adalah 24 jam.

Ketika Anda menjalankan aplikasi ini, Anda tidak bisa membatalkannya bahkan membuka website yang sudah ada di daftar blokir secara paksa. Sehingga, aplikasi ini akan membantu Anda untuk fokus mengerjakan task yang ada, Anda juga tidak akan terganggu dengan notif situs lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Appstore: https://downloads.selfcontrolapp.com/SelfControl-3.0.3.zip 

4. Stay Focused

Jika, Self-control hanya bisa digunakan di Mac, pengguna Android juga bisa menggunakan aplikasi Stay Focused untuk memblokir aplikasi dan situs website yang dapat mengganggu fokus produktivitas kerja Anda. 

Yang membedakan aplikasi Stay Focused adalah aplikasi ini bisa membatasi waktu untuk aplikasi dan situs website yang Anda daftarkan. Sehingga, Anda tetap bisa menggunakan website atau aplikasi tersebut sampai waktu yang ditentukan, setelah itu Stay Focused akan otomatis memblokir ke akses tersebut.

Tidak hanya memblokir website dan media sosial, Stay Focused juga bisa memblokir akses ke e-commerce, notifikasi pesan bahkan telepon. Sehingga, Anda produktivitas Anda tetap terjaga.

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.stayfocused&hl=en&gl=US 

Appstore: https://apps.apple.com/us/app/stay-focused-self-control/id1367887988 

5. Freedom

Freedomjuga salah satu tools untuk memblokir situs atau aplikasi yang dapat mengganggu Anda. Freedom memiliki tampilan UI yang sederhana, sehingga terlihat lebih simple. Freedom bisa digunakan di Mac, IOS, Android, Chromebook, atau Windows. Dengan Freedom Anda juga bisa membuat jadwal secara otomatis dalam penggunaan pemblokiran.

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=to.freedom.android2 

Appstore: https://apps.apple.com/app/freedom-block-distractions/id1269788228?ls=1 

 

Lima aplikasi di atas bisa digunakan di berbagai perangkat, Anda hanya perlu menyesuaikan sesuai perangkat yang Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering terditraksi oleh notif media sosial yang dapat mengganggu produktivitas kerja.


Disclosure: Artikel ini bekerja sama dengan MTarget dan ditulis oleh Tasya Kania A. C.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again