29 December 2021

by Yabes Elia

Remedy Entertainment Gandeng Tencent untuk Game Multiplayer Co-op Baru dengan Kode Vanguard

Game ini akan jadi proyek pertama Remedy dengan model bisnis Games-as-a-Service.

Remedy Entertainment, perusahaan di balik game Control dan Alan Wake, mengumumkan kerja sama mereka dengan Tencent untuk development, lisensi, dan distribusi game multiplayer co-op baru yang diberi kode (codename) Vanguard.

Menurut penjelasan langsung dari Remedy Entertainment, game ini merupakan game free-to-play, co-op PvE (Player vs. Environment) shooter yang mengombinasikan kekuatan narasi dari Remedy Entertainment dengan gameplay action ke dalam pengalaman multiplayer yang immersive.

Game ini nantinya akan menggunakan Unreal Engine untuk PC dan console. Remedy juga nantinya akan mengembangkan dan merilis game ini di pasar global, kecuali di Asia -- karena Tencent yang akan melokalisasi dan merilis game tadi.

Saat ini, pengembangan game-nya masih dalam tahap proof-of-concept. Menariknya, anggaran dana yang dicanangkan untuk mengembangkan game ini sampai dengan setahun pertama beroperasi akan ada di kisaran yang sama dengan anggaran yang biasanya dibutuhkan untuk game-game AAA dari Remedy.

Alan Wake. Credit: Remedy Entertainment

Remedy dan Tencent akan menanggung biaya pengembangan namun masing-masing perusahaan akan menanggung biaya publikasi dan ongkos beroperasi di masing-masing wilayahnya. Setelah biaya pengembangan terbayarkan (dari pendapatan game-nya nanti), kedua perusahaan akan berbagi pendapatan (revenue sharing).

Lebih menariknya lagi, sebagai bagian dari kesepakatan, Remedy juga memberikan lisensi kepada Tencent untuk mengembangkan dan merilis versi mobile dari game ini. Tencent akan menanggung biaya pengembangan dan publikasi dari versi mobile. Sedangkan skema revenue sharing dari versi mobile-nya juga berbeda dari versi originalnya.

Dari sumber yang sama, Tero Virtala, CEO dari Remedy Entertainment mengatakan, "Vanguard menjadi tonggak sejarah awal mula Remedy masuk ke model bisnis Games-as-a-Service, yang dieksekusi oleh tim berbakat kami yang berpengalaman terkait free-to-play. Kami membangun satu hal yang baru dan seru dalam hal multiplayer co-op, dikombinasikan dengan kelebihan utama Remedy. Mengembangkan kemampuan kami untuk publikasi juga merupakan langkah selanjutnya dari pertumbuhan perusahaan. Kami tidak sabar dengan rekanan jangka panjang dengan Tencent -- yang memang cocok untuk mengembangkan rencana Vanguard yang ambisius. Vanguard adalah kesempatan global dan Tencent dapat mendukung Remedy di tingkat internasional dan memimpin di Asia, dan pasar mobile."

Buat yang belum tahu, sebelumnya Tencent membeli sebagian saham dari Remedy Entertainment. Kala itu, Tencent membeli 3,8% kepemilikan atas Remedy.