1. Startup

Rencana Yonder Music di Indonesia Tahun 2017

Akan merilis fitur terbaru Snap Karaoke dan menambah kegiatan pemasaran secara offline untuk pengguna

Sejak diluncurkan sejak bulan Mei 2016 lalu, Yonder Music mengklaim telah mengalami peningkatan yang cukup positif, baik dari sisi jumlah pengguna (hampir satu juta), pilihan lagu, hingga label dan musisi yang menjalin kerja sama. Sebagai layanan music streaming yang memiliki strategi berbeda dan mengedepankan konten lokal, Yonder juga secara masif memberikan rewards kepada pengguna setia Yonder Music.

"Sepanjang tahun 2016 ini kami masih dalam tahap pemanasan, artinya masih mencoba untuk menciptakan awareness sekaligus melakukan akuisisi pengguna di seluruh Indonesia," kata Country Manager Yonder Music Zico Kemala Batin kepada DailySocial.

Hal menarik yang kemudian dicatat oleh Yonder sepanjang tahun 2016 adalah pengguna terbanyak terletak di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Bali. Kota yang memiliki koneksi 3G dan 4G terbaik untuk operator telekomunikasi XL Axiata (XL). Kontrak khusus yang dijalin dengan XL juga merupakan salah satu strategi yang kemudian dimanfaatkan XL untuk mengakuisisi lebih banyak pelanggan baru melalui Yonder Music.

"Karena Yonder Music memberikan pilihan streaming lagu secara gratis tanpa iklan dan batasan lainnya, pengguna XL tentunya mendapatkan keuntungan istimewa, disisi lain diharapkan Yonder bisa mendatangkan pengguna baru untuk XL," kata Zico.

Sejak diluncurkan bulan Mei lalu aplikasi mobile Yonder Music belum mengalami penambahan fitur atau inovasi secara khusus. Yonder mencatat fungsi unduh secara langsung saat pengguna mendengarkan lagu, merupakan fitur favorit yang paling disukai oleh pengguna.

"Yonder memiliki fungsi play and download yang secara otomatis lagu yang didengarkan akan tersimpan secara offline. Fitur ini ternyata cukup disukai oleh pengguna Yonder," kata Zico.

Kegiatan pemasaran dan rewards program untuk pengguna

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Yonder adalah fungsinya sebagai platform yang bisa dimanfaatkan pecinta musik untuk berinteraksi langsung dengan musisi favorit. Hal tersebut diwujudkan dengan menggelar beberapa kegiatan offline seperti tour dengan artis lokal di beberapa kota di Indonesia, hingga menerbangkan beberapa pengguna yang memenangkan hadiah untuk menikmati konser musik artis mancanegara ke luar negeri.

Sepanjang tahun 2016 ini kegiatan tersebut sudah secara masif dilancarkan dan rencananya tahun 2017 mendatang kegiatan pemasaran tersebut semakin dipertajam dengan berbagai aktivitas menarik lainnya.

"Sesuai dengan pesan yang ingin kami sampaikan yaitu 'we can bring you closer to your idol', Yonder Music ingin menghadirkan platform streaming music yang memberikan beragam rewards kepada pengguna setia," kata Zico.

Zico menambahkan unique selling lainnya yang dimiliki oleh Yonder Music adalah konten musik original dari artis lokal yang hanya bisa dinikmati di aplikasi Yonder Music. Strategi tersebut sengaja dilakukan agar Yonder bisa memberikan layanan yang berbeda dan original untuk pecinta musik.

Fitur terbaru Snap Karaoke di kuartal pertama 2017

Tahun 2017 mendatang Yonder Music akan merilis versi 2.0 untuk aplikasi mobile. Pembaruan yang akan dihadirkan tidak hanya akan merubah tampilan yang akan memberikan user experience terbaik untuk pengguna, tetapi juga fitur baru yang bakal menjadi favorit di aplikasi Yonder Music.

"Kuartal pertama 2017 mendatang Yonder akan merilis Snap Karaoke yang bisa digunakan oleh pengguna untuk merekam video saat bernyanyi dengan menggunakan streaming musik yang ada di playlist Yonder," kata Zico.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again