Categories

Berita

Representasikan Kehadiran Dengan Fitur Video Comment Dari Datangya

Michael Erlangga - 3 November 2014

Guna meninggalkan kesan yang lebih interaktif antar pengguna dengan tamu undangannya, Datangya secara resmi meluncurkan sebuah fitur yang disebut dengan Video Comment. Solusi tersebut ditawarkan oleh Datangya mengingat tidak semua tamu undangan mampu untuk hadir karena terkendala jarak maupun kesibukan tertentu. Melalui inovasinya kali ini, Datangya terus berusaha untuk menjadi situs penyedia undangan online yang dapat diandalkan di Indonesia.

Mendukung gerakan pengurangan penggunaan kertas, Datangya telah hadir di tengah masyarakat sejak tahun 2011 silam dengan gagasan sederhana untuk membuat undangan pernikahan yang menarik secara online, sejak saat itu pengguna mereka terus tumbuh perlahan tapi pasti. Dalam setahun setelah perilisannya, pihak Datangya mengklaim telah memiliki lebih dari 1600 pengguna di situsnya.

Selain menyajikan tema-tema baru yang dikembangkan secara rutin hingga sekarang, Datangya juga telah memiliki sistem pembayaran baru menggunakan pulsa seluler dengan menggandeng sejumlah pihak demi memudahkan pelanggan mereka. Metode ini diharapkan mendongkrak layanan berbayar Datangnya yang memiliki kualitas tampilan laman situs lebih baik ketimbang versi gratisnya.

Kini berdasarkan pemberitaan melalui blog resmi Datangya, pengguna dapat menerima ucapan melalui format video. Video dapat langsung diambil memanfaatkan webcam, atau tamu bisa menggunggah berkas video untuk menyampaikan ucapannya. Kedua metode tersebut telah terhubung langsung dengan akun YouTube para tamu. Sehingga tak hanya para tamu yang bisa mengakses arsip video comment, tetapi juga pengguna bahkan orang lain, dapat menonton dan memutar ulang di kemudian hari sebagai kenangan yang menyenangkan.

Menyempurnakan fitur buku tamu yang telah diimplementasikan sebelumnya, fitur video comment nyatanya diciptakan dalam satu rangkaian sebagai fitur ucapan selamat yang telah terintegrasi langsung dengan media sosial Facebook. Skema ini memudahkan serta mempersingkat proses verifikasi dan validasi dari profil para tamu. Seperti yang diketahui, mengintegrasikan sistem menggunakan plugin Facebook dapat mencegah dan melacak komentar yang tidak diinginkan dari banyaknya tamu yang diundang.

Persaingan layanan serupa dari kompetitor lain, seperti Nikahnya, nampaknya masih di seputar desain template bentuk undangan dan harga yang ditawarkan. Pihak Datangya sendiri menjanjikan bahwa inisiatif ini merupakan salah satu fitur yang akan terus dikembangkan untuk mendukung kelancaran komunikasi antara user dengan tamu yang diundang. Bukan tidak mungkin jika nantinya ada kanal untuk mengobrol sesama tamu undangan secara online bagi mereka yang tidak sempat hadir.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id