1. Startup

Research In Motion Klaim BlackBerry Masih Smartphone Nomor Satu di Indonesia

Sehubungan dengan pemberitaan riset IDC yang menyebutkan bahwa Android telah mengalahkan BlackBerry sebagai platform smartphone paling populer di Indonesia, Research In Motion (RIM) melalui rekanan humasnya memberikan klaim bahwa BlackBerry masih merupakan smartphone paling populer di Indonesia. Merujuk pada laporan GfK per Juli 2012  (periode yang sama dengan riset IDC), diklaim bahwa 53.6% smartphone yang terjual di Indonesia adalah perangkat BlackBerry. Sebelumnya kami melaporkan bahwa Android telah menguasai 52% per Q2 2012.

Selain kutipan riset GfK, rekanan humas RIM juga menginformasikan kesimpulan riset Roy Morgan Indonesia (Q3 CY2011) bahwa BlackBerry memiliki tingkat kepuasan tertinggi di antara semua merk handset di Indonesia. Jika melihat kepopuleran di ranah maya, BlackBerry juga menjaring dukungan yang sangat besar dengan 1.8 juta likes di halaman Facebook Pages-nya. Sebagai perbandingan, Facebook Pages Samsung Mobile Indonesia hanya memiliki 66 ribu likes.

Tentu saja sulit menjustifikasi laporan mana yang lebih valid, apakah versi IDC ataupun GfK, sebelum kita menelaah lebih lanjut tentang metodologi risetnya dan bagaimana mereka mendapatkan data. Bagi kita sebagai orang awam, hasil ini bisa berarti dua hal. Hal pertama berarti bisa disinyalir ada salah satu pihak yang sengaja memberikan kesimpulan yang condong terhadap satu pihak tertentu dengan mengaburkan fakta data. Hal yang kedua, seandainya kedua badan riset ini memberikan bukti metodologi yang sahih berarti memang sangat susah untuk menghasilkan data valid di Indonesia tentang apapun, termasuk untuk hasil penjualan smartphone.

Tentu saja kami cukup kecewa dengan adanya perang klaim dan perang riset untuk data statistik yang seharusnya bersifat kuantitatif. Alih-alih memberikan informasi yang mencerahkan, masyarakat malah menjadi bingung untuk memfilter versi mana yang dianggap paling benar. Mungkin memang benar jargon terkenal soal kebohongan statistik: "There are three kinds of lies: lies, damned lies, and statistics". 

Anda lebih percaya hasil riset yang mana?

[sumber gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again