Categories

Gadget

Resmi Diumumkan, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S5

Bambang Winarso - 25 February 2014

Berakhir sudah saga Samsung Galaxy S5, sesuai jadwal Unpacked 5 atau tepat pada hari pertama MWC 2014 Barcelona, Samsung mengumumkan jagoan baru mereka yang tak lain adalah Galaxy S5.

Sejumlah fitur baru diboyong oleh perangkat ini, dikutip dari web resmi Samsung, ini dia spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S5.

Bagian layar patut mendapatkan perhatian paling besar karena di komponen ini semua aktifitas ke dan dari pengguna berlangsung. Terdapat layar Super AMOLED full HD berukuran 5,1 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel atau 432 ppi, menjadikan interaksi dan tatap muka perangkat kian nyaman. Layar 5,1 inci Galaxy S5 terbalut bodi berdimensi 142.0 x 72.5 x 8.1mm dengan bobot hanya 145 gram.

Info Menarik: BBM Juga Akan Mendarat di Nokia X dan Windows Phone

 

 

Tak ingin kembali mendapatkan kritikan yang sama terkait desain, Samsung menerapkan rancangan yang sedikit berbeda ketimbang pendahulunya.

Bagian belakang perangkat kini terdapat sejumlah titik kecil yang terlihat seperti metal tetapi sebenarnya terbuat dari polycarbonate. Tak berubah secara drastis, namun dari tampilan terlihat sedikit lebih mewah ketimbang pendahulunya.

Beralih ke bagian dalam Samsung Galaxy S5, terdapat quad core prosesor Snapdragon 800 yang mampu digenjot hinga 2.5 GHz yang diduetkan dengan RAM 2GB. Memori internal tersedia dalam dua pilihan, 16GB dan 32GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 128GB, kemudian dukungan LTE, Bluetooth 4.0 BLE/ANT, IR Remote, dan juga bekal teknologi MIMO yang akan mendongkrak performa WiFi hingga berkali-kali lipat.

Fitur kamera menjadi salah satu keunggulan Samsung Galaxy S5, di mana terdapat dua buah kamera depan dan belakang. Untuk bagian belakang, Samsung membenamkan kamera berkapasitas 16MP dan kamera depan berkapasitas 2MP, masing-masing diperkaya fitur phase detection dan wide angle  lens.

Untuk sistem operasi, tentunya banyak pengguna setia Samsung yang sudah menduga perangkat ini beroperasi dengan Android 4.4.2 KitKat. Kemudian untuk menopang aktifitas perangkat, terdapat baterai berkapasitas 2800mAh di balik casing.

 

Info Menarik: Nokia Umumkan ‘Keluarga Nokia X’ di MWC 2014: Nokia X, X+ dan XL

 

 

Fitur-Fitur Unggulan Samsung Galaxy S5

Pemindai Sidik Jari

Salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy S5 yang sudah diprediksikan sebelumnya adalah pemindai sidik jari, tak berbeda dengan fitur sejenis di perangkat lain fungsi utamanya adalah untuk membuka akses perangkat. Selain itu dapat pula digunakan untuk membeli konten dan mengakses PayPal.

Sensor Detak Jantung dan Fitness Tracker

Fitur baru lainnya berupa sensor detak jantung yang terintegrasi di dalam perangkat sehingga tanpa piranti keras tambahan pengguna bisa langsung merekam dan memonitor detak jantung. Selain itu guna melengkapi fitur dukungan kesehatan, Samsung juga membenamkan fitur fitness tracker yang bisa digunakan untuk kegiatan berbasis harian atau dengan jadwal yang ditentukan.

 

Info Menarik: Smartphone Murah Buatan Foxconn, TiPhone A508 Mulai Dipasarkan dengan Banderol Rp 599 Ribu

 

Anti Air dan Debu

Fitur premium lain yang diboyong Samsung Galaxy S5 adalah kemampuan untuk menahan air dan debu termasuk material lain misalnya keringat dan pasir. Fitur ini sebenarnya bukan hal baru, karena di sejumlah perangkat buatan vendor seperti Sony dan HTC juga sudah menawarkan fitur ini.

 

Fitur Kamera Seperti Fast Auto Focus, HDR dan Selective Focus

Kamera Samsung Galaxy S5 mendapatkan 3 fitur yang makin memanjakan pengguna, Fast Auto Focus memungkinkan hasil jepretan yang lebih berkualitas saat menangkap objek bergerak.

Fitur HDR menghadirkan kemampuan ekstra perangkat dalam memproses objek dengan tingkat pencahayaan dan fokus yang lebih tepat sehingga menghasilkan hasil rekam yang nyaris sempurna baik foto maupun video. Sementara Selective Focus memungkinkan pengguna untuk memilih titik tertentu sebagai fokus kamera.

Itu dia sejumlah fitur dan spesifikasi lengkap Samsung Galaxy S5, jagoan baru Samsung yang siap menjegal iPhone 5s-nya Apple. Hadir dengan empat warna pilihan seperti biru, hitam, putih dan keemasan.

Sayangnya belum ada informasi resmi terkait banderol harga yang akan disematkan ke perangkat ini, kemungkinan Samsung akan membongkar informasi tersebut tepat saat diluncurkan ke pasar pada bulan April mendatang di 150 negara.

Sumber berita dan gambar header Samsung, gambar Samsung/Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter