Categories

Gadget

Resmi Diungkap, Smartwatch LG G Watch R Dibekali Layar Canggih Berteknologi P-OLED

Yoga Wisesa - 29 August 2014

Ada beberapa alasan mengapa desain bulat lebih baik dibanding persegi. Bulat merepre-sentasikan kesinambungan, kontinuitas, juga melambangkan siklus tanpa akhir. Tapi apakah ia cocok diterapkan ke sebuah device wearable? Setelah Moto 360 berhasil mencuri perhatian kita, LG tak mau ketinggalan mengadopsi desain bulat dalam smartwatch G Watch terbaru.

Bentuk bulat G Watch R sudah beberapa kali dimunculkan dalam video teaser dan juga poster. Dan menjelang ajang pameran IFA 2014 yang segera dilangsung tanggal 5 hingga 10 September minggu depan, akhirnya LG mengungkapkan secara resmi LG G Watch teranyar bertenaga platform Android Wear.

Untuk produk wearable tersebut, LG kali ini benar-benar serius pada penyajian display-nya. G Watch mengusung layar bulat berdiameter 1,3-inci dengan teknologi P-OLED. Inilah yang membuatnya berbeda dari smartwarch kompetitor. Mayoritas metode display biasanya menggunakan jenis SM-OLED atau small-molecule organic light-emitting diode karena lebih menghemat sumber tenaga.

 

Info menarik: Smartwatch LG Selanjutnya Akan Hadir Dalam Bentuk Bulat, Ini Teaser Videonya

 

P-OLED artinya dioda penghasil cahaya memanfaatkan polimer. Jika dibandingkan dengan OLED biasa, ia mampu menghasilkan gambar lebih jernih dan tajam dari segala sudut, walaupun pengguna melihatnya di bawah terik sinar matahari. Layar tersebut memiliki resolusi 320x320 sebagai jendela Anda 'mengintip' ke konten digital di perangkat pintar. Masalahnya, P-OLED lebih cepat menghabiskan baterai. Solusi seperti apakah yang LG Ambil?

Seperti Moto 360, rancangan LG G Watch R mampu menyingkirkan dogma bahwa swartwatch biasanya mempunyai bentuk kurang menarik. G Watch baru ini memadukan teknologi tinggi dengan penampilan elegan layaknya arloji eksklusif tradisional. Layarnya memiliki lekukan klasik, dilindungi frame stainless steel kokoh. Lalu ia juga menyajikan strap kulit sapi selebar 22 milimeter yang bisa diganti-ganti.

Presiden dan CEO LG, Dr. Jong-seok Park, menjelaskan, "Dalam beberapa tahun ke belakang, kami menyadari bahwa [perangkat] wearable ialah sebuah kategori yang tidak bisa dibandingkan dengan smartphone dan tablet. Ia juga merupakan aksesori yang akan dipilih lebih dari satu oleh konsumen. Jadi kami mengadopsi desain modern dari G Watch terdahulu dan menaruhnya ke G Watch R."

Info menarik: Smartwatch LG G Watch Dipastikan Segera Tersedia di 27 Negara

 

Di dalamnya, LG tidak lupa membenamkan berbagai hardware canggih. Sebagai jantung utama, G Watch R ditenagai system-on-chip Qualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,2GHz, memori RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB serta baterai 410mAh. Smartwatch ini dilengkapi gyroscope, accelerometer, kompas, barometer dan PPG (pelacak detak jantung).

Platform Android Wear memastikan G Watch R dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang kompatibel dengan OS Android 4.3 ke atas. LG juga telah menyiapkan berbagai app fitness dan kesehatan serta fitur pengukur detak jantung pengguna dengan sensor photoplethysmography.

Ia mampu menotifikasi Anda jika ada pesan atau telepon masuk, termasuk mengingatkan janji temu, jadwal meeting, serta prakiraan cuaca. Smartwatch G Watch R hanya memiliki satu pilihan warna, yaitu hitam. Harganya pun belum diumumkan. Tapi Anda bisa melihat penampilan perdana LG G Watch R di Hall 11.2 Messe Berlin saat IFA 2014 berlangsung.

Sumber: LG News Room.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter