Categories

Gadget

Resmi Hadirkan Omen di Indonesia, HP Targetkan Para Gamer dan Konsumen Millennial

Untuk berkompetisi dengan para kompetitor besar yang sudah tiba lebih dulu di Indonesia, pendaratan Omen by HP dilakukan secara besar-besaran.

Yoga Wisesa - 10 August 2017

Sejak memulai kiprahnya hampir 80 ahun silam, Hewlett-Packard telah memperluas bisnisnya ke berbagai segmen teknologi. Ketertarikan mereka di bidang gaming sendiri boleh dibilang 'belum terlalu lama', ditunjukkan lewat akuisis Voodoo Computers di tahun 2006. Produsen PC mewah inilah cikal bakal dari sub-brand Omen, yang HP pertama kali perkenalkan di akhir 2014.

Butuh waktu lebih dari dua tahun bagi perusahaan asal Palo Alto itu untuk membawa Omen ke Indonesia. Buat berkompetisi dengan para kompetitor besar yang sudah tiba lebih dulu di sini, pendaratan Omen by HP dilakukan secara besar-besaran. Selain meluncurkan deratan PC desktop dan laptop Omen, HP turut menghadirkan rangkaian aksesori gaming, serta satu produk yang berpotensi memicu perombakan di segmen ini.

President director HP Indonesia David Tan menjelaskan ada dua khalayak sasaran dari Omen. Gamer sudah pasti merupakan target utama mereka, namun perangkat-perangkat ini juga disiapkan untuk kalangan millennial. Menurut David, konsumen jenis ini mempunyai karakteristik berbeda dari generasi sebelumnya. HP memperikaran, 60 persen tenaga kerja di tahun 2020 adalah para millennial.

Penggunaan perangkat teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan individu-individu ini. Bagi mereka, bekerja tak lagi cuma dilakukan di kantor, lalu kehidupan personal juga tidak lagi hanya terbatas di rumah.

David Tan menyampaikan bagaimana HP berusaha buat terus beradaptasi dan mencoba memberikan konsumen-konsumen ini pengalaman menyeluruh karena saat ingin melakukan pembelian, millennial tak cuma menakar kualitas produk, tapi keseluruhan ekosistem - termasuk layanan serta apakah perangkat itu relevan dengan kebutuhan mereka.

Mungkin itu juga alasannya HP memilih brand ambassador yang mewakilkan generasi millennial. Tidak tanggung-tanggung, mereka mengumumkan empat duta Omen, di antaranya ada Recca eSports, Mineski Talent, Boom ID serta cosplayer Donna Visca. Menurut penuturan market development manager Edo Jonathan Chandra, talenta-talenta ini digandeng HP karena mereka adalah yang terbaik di bidangnya.

Menjawab pertanyaan saya mengenai mengapa HP baru meresmikan Omen di Indonesia sekarang, David Tan menerangkan bahwa baru saat inilah mereka betul-betul merasa siap - menakar dari perspektif pasar dan komunitas gaming. Menurutnya, melepas produk anyar tidaklah sulit, tapi HP tak mau sekedar melakukan peluncuran saja. Mereka ingin berkontribusi pada ekosistem gaming, serta memahami apa yang gamer inginkan, apalagi para atlet eSport Indonesia mulai dikenal secara global.

Beralih ke keluarga perangkat Omen, HP membaginya dalam lima kategori: notebook, desktop, monitor, aksesori, dan docking. Walaupun sudah jadi milik HP, produsen masih mengusung logo topeng tribal VoodooPC di tiap-tiap produk Omen.

 

Laptop HP Omen 17 dan Omen 15

Kata HP, desain laptop Omen 17- dan 15-inci terinspirasi dari pesawat luar angkasa. Produsen telah menyiapkan sejumlah fitur yang bakal sangat berguna bagi gamer: panel bawah yang mudah dibuka untuk menyederhanakan proses gonta-ganti memori, keyboard backlight dengan teknologi anti-ghosting 26-key rollover, serta ditunjang sistem audio DTS Headphone: X buat menghidangkan suara 360 derajat.

Kedua laptop ini sudah bersertifikat VR ready; Omen 17 dibekali kartu grafis GeForce GTX 1070, sedangkan Omen 15 mengandalkan GPU GTX 1060; tentu saja mereka sudah dipersenjatai prosesor Intel Core i7 generasi ke-7. Tersedia opsi layar 4K dan full-HD dengan refresh rate 120Hz plus teknologi Nvidia G-Sync.

 

PC Desktop HP Omen

Mengambil wujud PC mid-tower, HP mengombinasikan kesederhaan penggunaan dengan keleluasaan uprade (terdapat fitur hot swap storage melalui tray di depan). Sistem ini menghidangkan setup kartu grafis hingga dua buah GeForce GTX 1080Ti via SLI, dipadu bersama CPU Intel Core i7 yang bisa di-overclock lewat software Omen Command Center. Produsen tak lupa menyediakan solusi pendingin berbasis cairan opsional demi memastikan hardware-hardware premium di dalam tidak kepanasan.

 

Monitor HP Omen

Ada dua varian monitor Omen yang HP hadirkan di Indonesia: tipe 25-inci dan 27-inci. Omen by HP 25 menyajikan refresh rate 144Hz serta menjanjikan waktu respons hanya 1ms, juga telah menyimpan teknologi AMD FreeSync untuk meminimalisir stuttering terlepas dari frame rate yang Anda peroleh. Omen by HP 27 sendiri menyuguhkan resolusi hingga QHD dan refresh rate 165Hz, serta mempunyai  kapabilitas overclock. Display tersebut disiapkan buat pengguna GPU Nvidia dan telah dilengkapi G-Sync.

 

 

HP Omen Accelerator

Dua bulan setelah pengungkapan perdananya, HP segera memamerkan Omen Accelerator di Indonesia. Perangkat ber-codename Shiva ini merupakan docking kartu grafis discreet, memungkinkan kita menyulap ultrabook menjadi perangkat gaming tulen cukup dengan menyambungkan kabel dari Omen Accelerator ke port Thunderbolt di laptop. Selain menggunakan GPU Nvidia dan AMD, kita juga bisa menambahkan penyimpanan hard disk atau SSD.

 

Gaming gear Omen

Untuk melengkapi ekosistem produk Omen, HP juga merilis keyboard, mouse serta headset gaming di Indonesia. Ada keyboard mekanik Omen 1100 dengan fitur anti-ghosting N-Key rollover, mouse Omen 600 yang mempersilakan kita mengonfigurasi bobotnya, serta headphone Omen 800 yang menjanjikan output suara berkualitas dan kenyamanan penggunaan di waktu lama.

-

Laptop dan gaming gear Omen by HP kabarnya sudah bisa Anda pesan, namun varian desktop gaming-nya masih 'coming soon', termasuk juga docking Omen Accelerator.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter