Categories

Internet

Resmi Rilis, Apa Saja Fitur Baru di WordPress 4.6?

WordPress 4.6 "Pepper" membawa banyak perubahan untuk panel dashboard, mulai font baru, penerapan java dan pemulihan konten

Bambang Winarso - 18 August 2016

Sejumlah melewati serangkaian percobaan, WordPress akhirnya secara resmi merilis CMS versi anyarnya, 4.6 yang menghadirkan sejumlah pembaruan menyenangkan. Meski membawa code source yang tak banyak berubah, versi baru bernama Pepper ini mengemas banyak perubahan dari segi tatap muka pengguna khususnya untuk panel admin dan pastinya pembaruan peningkatan kinerja.

Apa Saja Fitur Baru WordPress 4.6?

Lebih banyak Ajax

WordPress 4.6 menghilangkan loading halaman di beberapa tempat

Salah satu pembaruan penting yang dihadirkan oleh WordPress 4.6 adalah penerapan Ajax ke lebih banyak tempat di panel dashboard admin. Pembaruan ini membuat proses instalasi, penghapusan dan pembaruan tema ataupun plugin jauh lebih cepat, karena dilakukan dari halaman yang sama. Admin kini tidak perlu menunggu proses loading ketika melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Pemeriksa Tautan yang Rusak

Broken link atau tautan yang rusak dipercaya dapat berdampak buruk bagi peringkat situs. Untuk itulah WordPress kini menyematkan fitur pemeriksa tautan yang rusak secara real-time tepat ketika tautan Anda tambahkan. Saat tautan dinyatakan rusak, fitur akan memberikan tanda seperti halnya ketika ada ketikan yang salah dalam sebuah kalimat.

Font Baru

Font disesuaikan dengan font default di tiap OS

Dashboard WordPress 4.6 juga menyajikan perubahan baru yang tak signifikan tapi cukup untuk membuat Anda menyadarinya. WordPress memutuskan untuk membuang tipografi Google Fonts-hosted Open Sans dan lebih memilih untuk menggunakan font default yang tertanam di masing-masing sistem operasi. Walhasil, CMS akan berjalan sedikit lebih cepat ketimbang menggunakan cara lawas.

Pemulihan Konten

Bayangkan apa yang akan Anda rasakan jika kehilangan sebagian besar tulisan ketika sudah menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk menyusun artikel yang utuh. Tak ingin ini terjadi pada Anda, WordPress versi baru mencoba menghilangkan kekhawatiran tersebut dengan melakukan perubahan penting. Konten akan disimpan dengan aman di dalam peramban secara instan ketika Anda mengetik, dan ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, konten ini dapat dipulihkan dengan mudah dan utuh.

Sebagai pelengkap dari apa yang disampaikan di atas, WordPress 4.6 juga tiba dengan sejumlah peningkatan kinerja dan stabilitas. Untuk merasakan sendiri pengalaman barunya, silahkan update ke WordPress 4.6 melalui dashboard situs Anda. Atau unduh dari tautan ini.

Sumber berita WordPress.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter