1 July 2016

by Bambang Winarso

Resmi Sudah, Android Terbaru Dinamai Android Nougat

Dipasangnya monumen Android Nougat di markas besar Google jadi pertanda lahirnya generasi terbaru OS Android

Spekulasi dan praduga soal nama yang bakal diusung oleh Google untuk sistem operasi versi terbarunya berakhir. Google telah mengonfirmasi bahwa Nougat bakal menjadi nama dari versi terbaru Android dan di waktu berbeda memastikan penggunaan nomor versi 7.0 untuk Android Nougat.

Versi terbaru Android meluncur pertama kali dalam versi preview dengan nama hanya berupa inisial, yakni Android N. Sejak saat itu selain membicarakan apa saja fitur-fiturnya, banyak orang mulai menduga-duga apa kepanjangan dari inisial N tersebut. Google sendiri kala itu memastikan bakal melibatkan publik untuk membantunya menemukan nama yang tepat. Dan yap, sejulah namapun mengemuka, di antaranya Neyyappam dan Nutella.

Nama terakhir sempat dipercaya bakal menjadi pilihan Google, kendati pada akhirnya Google lebih memilih Nougat.

Dengan terpilihnya nama ini, maka Nougat resmi bergabung bersama makanan manis lainnya dalam keluarga Android. Sebelumnya Android telah menggunakan beberapa nama makanan manis, di antaranya Cupcake, Donut, Eclaire, Frozen Yoghurt (Froyo), Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kit Kat, Lollipop, dan Marshmallow.

Beberapa saat setelah mengonfirmasi nama Android terbarunya, seperti tradisinya, mereka juga langsung memajang patung Android Nougat di  markas besar Google, (Googleplex) di Mountain View, California.

Google sendiri tidak memberikan penjelasan mengapa lebih memilih Nougat ketimbang Nutella. Apapun alasannya, nama Nougat menurut saya pribadi tak buruk-buruk amat. Paling tidak, lebih baik ketimbang Neyyappam yang cenderung lebih sulit dieja dan dipahami maknanya.

Monumen Android Nougat sudah resmi didipajang di markas besar Google

Sumber berita Twitter.