30 March 2016

by Glenn Kaonang

Resmi Sudah, Spotify Akhirnya Hadir di Indonesia

Harganya terjangkau, dan metode pembayarannya tidak cuma menggunakan kartu kredit saja

Setelah bertahun-tahun dinanti, Spotify akhirnya resmi menjejakkan kakinya di Indonesia. Mulai tanggal 30 Maret 2016 ini, konsumen tanah air bisa langsung mendaftar dan menggunakan layanan streaming musik tersebut tanpa harus mengandalkan metode VPN atau semacamnya.

Tidak cuma mengemas koleksi puluhan juta lagu yang beragam, keunggulan lain Spotify ada pada skema pembayarannya. Ada dua jenis paket berlangganan yang ditawarkan: Free dan Premium.

Free berarti Anda bisa mengakses Spotify tanpa dipungut biaya sepeserpun, namun dengan selipan iklan sesekali. Premium dipatok seharga Rp 49.990 per bulan, dan semua pendaftar baru akan diberi akses uji coba gratis selama 30 hari sebelum mulai membayar.

Paket Spotify Premium ini punya banyak kelebihan. Utamanya adalah absennya iklan dan kemampuan menyimpan lagu atau playlist untuk diputar secara offline. Selain itu, kualitas audio yang diputar juga lebih baik ketimbang versi Free – 320 kbit/s dibanding 160 kbit/s.

Metode pembayaran Spotify ada beberapa macam: bisa menggunakan kartu kredit, via ATM atau online banking, dompet elektronik Doku, atau pembayaran tunai lewat Alfamart. Perlu dicatat, masa uji coba gratis Spotify Premium selama 30 hari hanya bisa didapat jika Anda memilih metode pembayaran dengan kartu kredit.

Untuk pengguna yang sebelumnya sudah mendaftarkan akun dengan pilihan negara Amerika Serikat, disarankan mengubah pengaturan negara terlebih dulu menjadi Indonesia agar bisa mendapatkan harga Rp 49.990 ketimbang $9,99.

Spotify tidak lupa menawarkan paket Family untuk keluarga. Rincian harganya adalah sebagai berikut: Rp 75 ribu untuk 2 orang, Rp 100 ribu untuk 3 orang, Rp 125 ribu untuk 4 orang, dan Rp 150 ribu untuk 5 orang. Khusus paket Spotify Family ini, pembayaran hanya bisa dilakukan via kartu kredit.

Kalau Anda suka musik, tidak ada salahnya mencoba mendaftarkan akun baru di Spotify, apalagi mengingat aplikasinya tersedia hampir di semua platform – saya sendiri sudah mulai mendengarkan playlist"Your Favorite Coffeehouse" lewat pemutar web selagi mengetik artikel ini. :)

Update: Pelanggan IM3 wajib tersenyum lebar. Pasalnya Indosaat Ooredoo telah menjalin kerja sama dengan pihak Spotify sehingga semua pengguna yang mengaktifkan paket Freedom Combo bisa menikmati Spotify Premium secara cuma-cuma dan tanpa perlu khawatir kehabisan kuota data. Yang perlu ditebus hanyalah biaya paket Freedom Combo itu sendiri, dengan kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 40 ribu.