1. Startup

Resmikan Marketplace NFT, OneAset Berambisi Ciptakan Ekosistem Investasi Terpadu

OneAset adalah aplikasi wealth management dengan instrumen investasi berupa asuransi, emas, dan NFT

Layanan wealthtech besutan Akulaku Group, OneAset, resmi mengumumkan kehadiran marketplace NFT (non-fungible token) dengan fitur komunitas. Melalui fitur terbaru ini, perusahaan ingin membangun sebuah ekosistem terpadu yang mencakup produk investasi, edukasi literasi keuangan, manajemen keuangan, dan komunitas investasi.

Debut pada tanggal 7 Juli 2022, aplikasi ini telah menghasilkan puluhan ribu karya NFT di bulan pertamanya, mencakup ragam karya seni, fotografi hingga literatur. OneAset NFT memanfaatkan jaringan blockchain yang dikembangkan induknya, yakni Binance Smart Chain (BSC). Seperti diketahui, teknologi BSC menyediakan kemudahan dalam membuat smart contract dan aplikasi terdesentralisasi secara terstruktur.

Di Indonesia sendiri, NFT mulai viral setelah seorang mahasiswa yang dikenal sebagai Ghozali Everyday berhasil membuat foto selfie miliknya diperjualbelikan dalam bentuk NFT dengan harga yang melambung tinggi. Mulai dari kalangan artis, influencer, hingga tokoh penting di Indonesia juga diketahui mulai menjual karya melalui NFT, termasuk Syahrini, Anang Hermansyah, Luna Maya, Arnold Poernomo dan Ridwan Kamil.

Pada dasarnya, terminologi NFT dapat diartikan sebagai sertifikat digital yang menjamin sebuah keaslian barang digital yang tak tergantikan seperti foto, video, atau bentuk aset digital lainnya. NFT dicetak dan disimpan di blockchain, seperti aset kripto. NFT berharga karena unsur non-fungible-nya, sehingga tidak bisa digantikan dengan yang lain. Cara membuat karya NFT ini biasa disebut sebagai minting.

More Coverage:

East Ventures Pimpin Pendanaan Pra-Awal Startup Web3 "Playground"

Proses minting ini juga yang memberikan pemilik NFT hak kepemilikan yang jelas dan eksklusif, karena setiap NFT hanya dimiliki oleh satu pemilik hingga saatnya dijual dan bertukar hak milik ke pembeli baru. Harga sebuah NFT pun beragam dan bisa berubah sesuai dengan angka yang ditetapkan penjual.  Layaknya barang koleksi lainnya, harga akan dipengaruhi oleh berbagai hal seperti siapa kreatornya, kompleksitas sebuah karya, atau keunikan lainnya.

Mekanisme pembuatan NFT di OneAset

Untuk proses jual beli NFT di aplikasi OneAset, penjual bisa masuk ke menu NFT kemudian pilih ‘Buat NFT’ di pojok kanan atas lalu pilih gambar NFT yang mau di-listing baik itu foto, karya seni maupun literatur, tersedia kolom deskripsi unik yang bisa diisi untuk menarik perhatian para pengguna lainnya. Setelah pengguna mengajukan pembuatan NFT, akan ada tim khusus yang akan mengkurasi karya tersebut. Salah satu syarat penting untuk NFT yang boleh dijual adalah yang tidak mengandung SARA.

Selain itu, penjual juga bisa menentukan royalti kreator atau penghasilan tambahan yang akan diterima saat item NFT terjual, mulai dari 1-10% harga jual dan durasi jual. Kemudian, penjual bisa langsung melakukan pembayaran biaya listing dan gas fee atau biaya transaksi blockchain via rekanan bank  yang sudah bekerja sama dengan aplikasi OneAset.

More Coverage:

Berbagi Sudut Pandang NFT dari Sisi Utilitas dan Komersial

Pengguna aplikasi marketplace NFT OneAset dapat melihat koleksi NFT unggulan para kreator dan NFT Ruci di bagian Koleksi Rekomendasi dalam kategori-kategori yang tersedia. Selain itu, pengguna bisa membagikan, memberi komen, menyukai dan menjadikan favorit koleksi NFT tertentu melalui fitur interaksi dari aplikasi OneAset.

Platform ini juga menawarkan berbagai promo menarik bagi para pengguna baru yang membuat akun dompet terdesentralisasi OneWallet dengan transaksi NFT pertama di aplikasi OneAset. Mulai dari mystery box berisi NFT Ruci limited edition secara gratis hingga tambahan aset koin hingga 100.000 yang berlaku hingga periode tertentu.

Bersamaan dengan peluncuran NFT karya para pengguna, OneAset juga merilis karya NFT spesial menggunakan maskot OneAset, Ruci. Ruci sendiri dihadirkan dengan tema-tema yang beragam dan tentunya mengikuti tren terkini, mulai dari Ruci The Master, Active dan Trendy Ruci, hingga Hidden Treasure in Art Gallery. Dalam waktu dekat, timnya mengklaim akan segera menghadirkan kolaborasi-kolaborasi dengan para kreator lainnya.

Marketplace NFT di Indonesia

OpenSea disebut sebagai salah satu marketplace NFT terbesar di dunia dengan lebih dari 80 juta pilihan NFT dan volume transaksi senilai $31,3 miliar terhitung hingga saat ini. Di bulan pertama peluncurannya, OneAset telah menghasilkan puluhan ribu karya NFT yang mencakup ragam karya seni, fotografi hingga literatur. Terdapat ratusan kreator lokal dan internasional yang sudah bergabung dalam platform ini.

Presiden Direktur OneAset, Breggy Anderson mengungkapkan bahwa, “NFT berpeluang untuk mendorong karya para kreator lokal di Indonesia baik secara nasional dan internasional dengan karya-karya mereka. Kehadiran marketplace NFT di aplikasi OneAset sendiri diharapkan untuk bisa menjadi wadah baru bagi kreator lokal Indonesia dari berbagai bidang untuk memamerkan karya serta menjangkau pasar yang lebih luas untuk keperluan transaksi melalui platform ini.”

More Coverage:

3 Hal yang Perlu Diketahui tentang NFT pada Sepak Bola

Selain OneAset, sudah ada pemain lokal yang menginisiasi platform NFT berbasis marketplace. Beberapa di antaranya adalah Tokomall milik Tokocrypto, Kolektibel,Artpedia, dan Paras Digital. Disamping itu, ada juga marketplace NFT yang spesifik menyasar vertikal gaming seperti Fractal. Beberapa platform ini juga telah mengantongi pendanaan dari sejumlah investor.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again