1. Lifestyle

Retry Ialah Game 'Pewaris' Flappy Bird Buatan Pencipta Angry Birds

Flappy Bird mampu menyingkirkan banyak dogma lama terhadap apa yang membuat game mobile menjadi adiktif, bahwa permainan harus mudah dimainkan, dibuat oleh developer terkenal, atau memiliki grafis yang menarik.

Di sisi lain, berkat Angry Birds, nama Rovio memang melambung tinggi. Tapi siapa yang bilang mereka tidak mau mencoba sesuatu yang baru.

Pada tanggal 6 Mei 2014, Rovio meluncurkan Retry, sebuah game yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan Angry Birds. Dalam permainan ini Anda akan mengontrol pesawat bertenaga baling-baling untuk melakukan manuver berputar-putar dengan sentuhan di layar. Lalu apa hubungannya Flappy Bird dengan game terbaru dari developer Finlandia itu?

 

Info menarik: Pengembang Game Lokal, Amagine Interactive, Rilis Game Lava Runner

 

Yang pertama, Retry mewariskan satu hal yang Flappy Bird miliki: ia sangat susah. Anda tidak akan mengontrol pesawat dengan mudah, bukan hanya kontrolnya yang sulit, penerbangan Anda akan dihadang oleh berbagai halangan. Awalnya level disajikan secara statis dimana Anda akan lepas landas, mengambil koin yang terbang di udara, kemudian mendaratkannya.

Tapi lama-kelamaan, level akan semakin menantang. Anda ingat bagaimana dalam permainan platformer seperti Mario Bros. terdapat objek bergerak dari satu titik ke titik lain agar sang jagoan bisa melintas? Hal yang sama hadir dalam Retry.

Namun keberadannya malah dimaksudkan untuk mempersulit hidup Anda: jika menabraknya, maka misi Anda untuk mendaratkan pesawat akan gagal. Anda harus mengulanginya lagi dari awal.

Hal selanjutnya yang membuat Retry mengingatkan kita pada Flappy Bird adalah segi visualnya yang minimalis, bahkan game baru ini mengambil tema 8-bit yang disajikan pada grafis dan juga suara. Untuk menggarap Retry, Rovio telah mendirikan tim developer in-house untuk bereksperimen dengan gameplay-gameplay jenis baru, mereka adalah Level 11.

Pendekatan yang diambil Rovio untuk mengembangkan permainan tersebut bisa dibilang sangat menarik. Mereka mengekstraksi kesederhanaan Flappy Bird, tapi enggan untuk menyajikannya mentah-mentah seperti berbagai tiruan game besutan Dong Nguyen itu yang sudah banyak beredar sebelumnya.

Yang Anda dapatkan di sini adalah sebuah permainan adiktif yang sulit, dengan penampilan orisinil yang menyegarkan.

 

Info menarik: June’s Potion Adalah Game Stealth Action Unik untuk Perangkat Bergerak Anda

 

Kemudian kita patut kagum pada pemilihan judulnya. Seperti Flappy Bird, Anda akan mengulang-ulang level berkali-kali hingga frustasi, menyerah, menahan godaan untuk membanting smartphone, tapi tidak lama Anda akan mencobanya kembali.

Nama Retry atau 'coba lagi' merepresentasikan seluruh aspek permainan ini, dan bagaimana pemain ditakdirkan untuk menekan tombol retry lagi dan lagi.

Walaupun dalam beberapa waktu terakhir franchise Angry Birds sempat terdengar sepi karena kalah populer dari Candy Crush Saga atau Clash of Clans, developer-nya terlihat tetap berkepala dingin. Bukannya menciptakan game puzzle match-three ataupun permainan strategi kompetitif multiplayer ber-franchise Angry Birds, mereka menawarkan sisi berbeda dari clone Flappy Bird.

Retry sudah tersedia di Apple Store dan Anda bisa menikmatinya secara cuma-cuma. Silakan simak trailer-nya di bawah.

Via Venture Beat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again