2 February 2016

by Yoga Wisesa

ReveaLED Adalah LED Flash Ultraviolet Untuk Smartphone Anda

Anda cukup mencolokkan ReveaLED ke smartphone, kemudian mulai mengambil gambar di kondisi gelap: mineral, serangga , uang, dan lain-lain.

Penggunaan cahaya ultraviolet di ranah fotografi merupakan salah satu upaya manusia menyingkap rahasia alam yang tersembunyi. Eksplorasi menjadi kian mudah dengan tersedianya lampu black light dan LED UV. Beberapa objek memang akan menyala begitu terekspos ultraviolet, tapi tak semua peralatan ini dapat memperlihatkan hasil secara rinci.

Hal tersebut mendorong tim Bite Designs melakukan riset semenjak tahun 2009, yang berujung pada pengungkapan produk unik bernama ReveaLED. Berdasarkan deskripsi dari developer, ReveaLED adalah lampu flash UV LED terinskronisasi pertama di dunia untuk dipasangkan ke smartphone atau tablet. Aksesori didesain untuk memperlihatkan detail tajam pada objek yang menyala dalam gelap.

Berbentuk kotak pipih tanpa sudut, ReveaLED tersambung ke perangkat bergerak melalui jack audio. Pemakaiannya sangat mudah, Anda cukup mencolokkan ReveaLED ke smartphone, kemudian mulai mengambil gambar di kondisi gelap. Sejumlah benda seperti batu, mineral, serangga, uang, serta paspor akan berpendar saat terkenal cahaya UV. Dan dengannya, Bite Designs ingin Anda menemukan hal-hal baru.

Tak banyak orang sadar bahwa menyajikan peralatan pendukung fotografi ultraviolet bukanlah perkara sepele. Karena level fluoresens pada material seringkali sangat rendah dan memerlukan eksposur tinggi, cahaya ultraviolet harus benar-benar mencapai objek agar bisa terdeteksi kamera. Supaya ini terpenuhi, ReveaLED mengirim sinyal langsung ke objek target dan bukan sekedar menyorot area dengan lampu biru seperti mayoritas produk UV light.

Bite Designs menekankan, black light ultraviolet bukanlah lampu berwarna biru. Efek pijarnya sangat berbeda - ia tidak menyorot cahaya biru, dan cuma memperlihatkan benda-benda fluoresens saja. Produksi chip lampu EV LED itu dilakukan bersama partner di Taiwan, tujuannya ialah memastikan tercapainya 'efisiensi optik dan quantum internal'.

ReveaLED menyimpan baterai build-in rechargeable, dan Anda bisa menggunakan aksesori ini tanpa perlu terhubung secara fisik ke handset. Baterai itu tidak akan menyedot daya smartphone, dan dalam satu kali charge, ReveaLED dapat aktif selama dua jam non-stop. Produk ini kompatibel baik ke device Android maupun iPhone. App companion akan mengetahui kapan ReveaLED diaktifkan, menjaga baterainya tetap awet.

Upaya pengumpulan dana yang dilakukan Bite Designs di situs crowdfundingKickstarter berjalan cukup baik, mereka sukses mengumpulkan hampir lima kali target awal. Namun jika mencapai US$ 100 ribu, developer akan membundel ReveaLED bersama adaptor kamera DSLR serta holding stick USB charger fleksibel.

Di sana, ReveaLED dijajakan di kisaran harga US$ 30-an.