Bernyanyi, jika bukan sebuah karir bisa menjadi hiburan yang murah meriah tapi cukup ampuh menghilangkan suasana hati yang sedang mendung. Karenanya banyak orang memilih untuk bersenandung entah di rumah atau di pusat-pusat karaoke bersama keluarga atau teman.

Tetapi jika Anda lebih suka menyanyikan lagu kesayangan dengan cara yang anti-mainstream, maka cukup buka smartphone Anda lalu unduh aplikasi WeSing di Play Store. WeSing menawarkan cara baru untuk bernyanyi, di mana Anda dapat menemukan lagu-lagu yang lebih bervariasi, kemudian bisa bernyayi dengan teman yang berada di kota lain bahkan dengan selebritis secara online. Lalu bagi Anda yang sukses eksis, WeSing juga punya fitur siaran langsung dan mode rekaman yang bisa dibagikan ke orang lain.

Bagaimana sebenarnya keseruan yang ditawarkan oleh WeSing? Saya akan ulas secara lengkap.

Apa itu WeSing?

Sudah disinggung di atas, WeSing adalah aplikasi berbasis mobile untuk Android dan iOS di mana penggunanya dapat bernyanyi dengan latar belakang musik pilihan. Selain bernyanyi, pengguna juga dapat menyiarkan video secara langsung, memilih sendiri lagu yang ingin dinyanyikan, duet dengan teman dan artis serta merekam diri saat sedang beraksi.

WeSing diterbitkan oleh perusahaan besar asal Tiongkok Tencent melalui Tencent Music Entertainment Hong Kong Limited. Di Play Store, popularitas WeSing cukup baik dengan jumlah unduhan di angka 10 juta dan diyakini masih akan terus bertumbuh mengingat konsistensi pengembang dalam melakukan pembaruan. Meski memberikan layanannya secara gratis, namun WeSing juga punya paket layanan premium dengan harga yang cukup terjangkau.

Interface

Saya pribadi menyukai beberapa jenis musik yang berbeda, tapi jika diminta untuk bernyanyi karaoke, saya akan sebisa mungkin menghindar. Dengan WeSing ini, sepertinya saya punya kesempatan untuk membiasakan diri bernyanyi. Dan privasi yang ditawarkan sedikit banyak membuat saya semakin percaya diri. Tapi, mari fokus kita fokus membahas WeSing dahulu, kita awali dari sisi antarmuka.

Pengembang cukup kreatif menyematkan video di panel pembuka aplikasi yang menyambut pengguna baru WeSing. Di panel ini terdapat beberapa opsi untuk mengaitkan akun pertama kali, ada Facebook, Twitter, Google dan QQ.

wesing_interface

Setelah terdaftar, saya menemukan panel utama WeSing yang juga cukup atraktif. Di bagian teratas saya menjumpai banner yang sepertinya disesuaikan dengan event yang sedang berlangsung. Sekarang sepertinya bertema hari Ibu. Kemudian di tengah ada beberapa ikon yang dibubuhi label, ada Artist, Selection, My Request, Duet, Acapella dan Live.

wesing_hot activity

Turun lagi, ada empat menu tab masing-masing berlabel Language, Local, Global dan New. Di masing-masing menu tab ditampilkan album artis yang sedang jadi sorotan, tergantung pengelompokkannya. Saat saya mencoba melihat opsi album yang ditawarkan, ternyata sangat panjang. Anda hanya cukup menggeser layar ke bawah untuk menemukan daftar album berikutnya.

Di panel paling bawah ada lima ikon tanpa label yang sepertinya menandakan bahwa inilah menu utama yang jadi area bermain pengguna jika membutuhkan sesuatu, misalnya menemukan artis atau lagu, mengatur akun dan lain sebagainya.

Sisi interface WeSing terbilang sederhana, tapi dari peletakan dan juga kelengkapan fiturnya, tampak jelas bahwa aplikasi karakoke ini dibuat dengan pertimbangan yang matang. Dari segi warna, WeSing tampak konsisten dengan logo resminya yang dominan warna merah mendekati oranye. Jika harus menilai, saya memberi 4.5 bintang dari 5 bintang untuk tampilan WeSing.

Fitur-fitur WeSing

Sekarang baru kita ulas fitur-fitur yang bisa dijumpai di WeSing.

Pencarian yang Komplet

Pengembang WeSing sepertinya sadar betul penggunanya punya preferensi, lokasi dan minat yang berbeda. Terbukti, mereka memberikan beberapa cara untuk menemukan lagu-lagu sesuai kriteria tersebut. Yang pertama, WeSing menambahkan kolom pencarian berdasarkan judul, artis dan album yang bisa dijumpai di bagian teratas jendela utamanya.

Screenshot_2018-05-14-08-48-02-306_com.tencent.wesing

Berikutnya, WeSing mengelompokkan musik dalam beberapa kategori berdasarkan pengaturan pengguna. Antara lain, pengelompokan bahasa yang akan mengikuti pilihan bahasa pengguna. Di panel ini, WeSing mengurutkan lagu populer berdasarkan bahasa. Kemudian ada kategori Global untuk pilihan lagu internasional, lalu pilihan Local untuk lagu-lagu lokal dan kategori New untuk koleksi lagu-lagu terbaru.

Following

Fitur ini juga membantu pengguna mendapatkan rekomendasi lagu berdasarkan artis yang diikuti. Dengan begitu, mereka tidak akan menemui kesulitan saat pertama kali menjalankan aplikasi.

Hot Activity

Panel ini memuat berbagai pilihan lagu yang mendapatkan respon paling banyak dari pengguna, atau nyanyian dari pengguna lain yang dianggap paling oke. Pengguna bisa ikut ambil bagian di sana, kemudian mendapatkan notifikasi perkembangan terbaru secara real-time.

Discover

Screenshot_2018-05-14-08-48-43-765_com.tencent.wesing

Selain memudahkan pencarian lagu, artis dan album, WeSing juga membuka kesempatan bagi seluruh penggunanya untuk saling berinteraksi dengan menampilkan seluruh pengguna di panel Discover.

Direct Message

wesing_following

Interaksi pengguna juga bisa dilakukan melalui DM atau Direct Message yang fungsinya sama seperti Inbox di Facebook atau DM di Twitter. Untuk mendapatkan notifikasi yang lebih baik, WeSing merekomendasikan pengguna untuk menjadi pengikut terlebih dahulu.

Bernyanyi Karaoke

Sudah pasti dong! Fitur ini adalah fitur utama dari WeSing. Sebelum mulai bernyanyi, Anda bisa memilih terlebih dahulu lagu atau artis favorit, atau bisa juga dengan memilih negara, kemudian artis dan lagu andalannya.

wesing_karakoke

Saya tak menemukan kesulitan berarti saat pertama kali mencoba fitur ini. Tetapi, sayangnya tidak semua lagu yang tersedia mempunyai kualitas audio yang baik. Saya harus mencoba sebanyak 2 kali untuk mendapatkan audio yang saya inginkan. Satu lagi, sebelum bernyanyi, WeSing sepertinya mengunduh dahulu audionya sehingga saya dibuat menunggu beberapa lama sebelum bisa menyanyikan lagunya. Prosedur yang cukup wajar, tapi saya mengharapkan metode yang lebih baik, misalnya menggunakan cara streaming yang lebih instan ketimbang membuat pengguna menunggu dan tidak melakukan apa-apa.

Duet

Di sini letak keseruan WeSing. Jadi, selain memberikan ruang pribadi bagi pengguna personal, WeSing juga menawarkan opsi duet dengan pengguna lainnya, bahkan yang tidak kenal sekalipun. Jika duet dengan pengguna biasa tak terlalu menarik, Anda juga bisa mencoba untuk berkolaborasi dengan artis-artis resmi WeSing.

Screenshot_2018-05-14-08-53-10-765_com.tencent.wesing

Fitur yang menyenangkan, tapi sayang saya kesulitan menemukan artis yang bisa diajak duet. Pasalnya, hampir seluruh artis yang tersedia berasal dari Tiongkok, sehingga pilihan lagunya pun terbatas. Padahal, saya memilih bahasa Inggris sebagai bahasa utama aplikasi. Barangkali hal ini dikarenakan basis pengguna terbesar WeSing ada di Tiongkok.

Akapela

Jago akapela? Kalau begitu, ini adalah aplikasi yang pas buat Anda. WeSing punya tempat khusus untuk mereka yang gemar memproduksi musik tanpa melibatkan instrumen pada umumnya.

wesing_akapela

Live Broadcasting

Terakhir, WeSing juga mempunyai fitur live broadcasting untuk jadi ajang naris bagi penggunanya. Fitur ini berbeda dengan fitur karaoke yang dibahas di atas. Karena fitur ini hanya menampilkan jendela kamera, deskripsi singkat video, lokasi dan orientasi kamera.

Kesimpulan

Tak banyak yang saya keluhkan dari aplikasi WeSing, selain kualitas audionya. Dari sisi interface, WeSing sudah sangat bagus, rapi, terorganisir dan cepat. Fitur-fiturnya juga sudah sangat lengkap, hampir semua bisa ditemukan di sana. Jadi, WeSing bisa jadi tolak ukur sebuah aplikasi baik yang berbasis sosial atau minat.

Sparks

  • Aplikasi berjalan sangat mulus dan cepat.
  • Interface sangat nyaman, navigasinya sangat mudah bahkan untuk pengguna baru.
  • Dukungan fitur yang sangat lengkap.

Slacks

  • Kualitas audio yang tidak seragam
  • Dominasi segmen pengguna/pasar Tiongkok sangat terasa, sehingga di beberapa bagian ada aura lokal yang lebih dominan, misalnya di fitur duet dengan artis.

Aplikasi WeSing bisa diunduh di App Store untuk iOS dan Android, gratis!

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.