Categories

Gadget

[Review] BenQ Zowie XL2411P: Monitor 144Hz untuk Bermain Game Esports

Warna game akan menjadi lebih cerah dan tersaturasi dengan monitor ini

Dimas Galih W. - 24 June 2019

Didalam memilih monitor, tentu saja menjadi sebuah pertimbangan yang panjang untuk saat ini. Jika memiliki sebuah sistem dengan spesifikasi yang tinggi, tentu saja monitor dengan kemampuan yang baik yang dapat menerima semua feature dari GPU. Apalagi, GPU yang ada saat ini membutuhkan monitor yang mampu menghasilkan output tertinggi yang mereka keluarkan, seperti refresh rate tinggi. Hal tersebut yang ditawarkan oleh BenQ Zowie XL2411p.

DailySocial pun disambangi oleh monitor yang satu ini. BenQ sendiri menjual monitor yang satu ini dengan slogan “Monitor for e-sports” yang berarti memang ditujukan untuk pasar tersebut. Bahkan tahun lalu, BenQ secara resmi mengumumkan kerja sama mereka dengan Player Unknown Battleground.

BenQ Zowie XL2411 sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut

Dimensi layar24″
Rasio16:09
Resolusi1920×1080
Tipe panelTN
Dimensi559 (saat ditinggikan) / 429 (saat direndahkan) x 570 x 219
Berat total5,8 KG
PortDVI-DL / HDMI / Display Port 1.2 / audio jack‎‎‎
Response Time1 ms
Kontras1000:1 (12M:1 Dynamic Contrast Ratio)

Monitor ini juga datang dengan feature menarik dari BenQ, yaitu Black eQualizer dan Color Vibrance yang membuat warnanya menjadi lebih tersaturasi. Selain itu, teknologi Blur Reduction yang membuat game menjadi lebih presisi juga tersedia pada monitor yang satu ini.

Unboxing

Didalam paket penjualannya dapat ditemukan perlengkapan seperti berikut ini

Desain

BenQ Zowie datang dengan layar panel berjenis Twisted Nematic atau TN. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan response time 1 ms yang dimiliki oleh XL2411p, di mana IPS belum bisa di bawah 4 ms. Selain itu, refresh rate yang dimiliki oleh TN mampu mengakomodasi feature 144 Hz yang dimiliki oleh Zowie XL2411p.

Monitor Zowie XL2411p juga bisa diputar menjadi vertikal dan horizontal. Selain itu, monitor ini juga bisa dihadapkan ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah agar dapat terlihat dengan nyaman oleh sang pengguna. Height Adjustable Stand yang digunakan untuk menopang Zowie XL2411p ini juga dapat dinaik-turunkan sesuai dengan kenyamanan penggunanya.

 

Pada bagian bawahnya, Zowie XL2411p memiliki satu port HDMI, sebuah Display Port, dan DVI Dual LinkRefresh rate 144 Hz sendiri hanya dapat dicapai dengan menggunakan kabel Display Port dan DVI Dual Link, sedangkan HDMI hanya mampu mencapai 120 Hz. Hal ini juga membuat perangkat console seperti Playstation 4 akan terlihat lebih mulus.

Sama seperti monitor-monitor BenQ lainnya, XL2411p juga memiliki On Screen Display Menu. Pada menu ini, pengguna dapat menentukan profile yang ingin digunakan. Misalkan saja ingin menonton video atau bermain game first person shooter, pengguna tingga menggunakan seting yang ada pada monitor ini.

BenQ XL2411p juga memiliki fasilitas Black eQualizer. Fasilitas ini dapat meningkatkan tingkat warna hitam yang ada dilayar, sehingga bagian gelap pada sebuah game dapat terlihat. Jika Anda sering terkena tembakan pada saat melewati tempat gelap, seperti didalam ruangan pada peta Dust 2 di game Counter Strike Global Offensive, seharusnya tidak akan mudah terbunuh seperti menggunakan monitor lainnya.

Bermain dengan Zowie XL2411P

Saat bermain CS:GO dengan menggunakan Zowie XL2411P, yang pertama kali terlihat cukup baik adalah saturasi warna saat bermain game. Hal tersebut tidak terlepas dari fasilitas Color Vibrance yang dimiliki oleh monitor ini. Beberapa rekan yang juga ikut mencoba monitor ini juga mengapresiasi tingkat warna yang berbeda dari monitor-monitor lainnya.

Saat ini, memang peta-peta yang ada di game CS:GO sudah tidak lagi segelap sebelumnya. Pada beberapa peta, seperti pada Mirage, penggunaan Black eQualizer sangat membantu dalam menemukan musuh. Hal tersebut tentu saja karena pada Mirage, musuh selalu camping pada tempat gelap. Hal ini tentu saja cukup merepotkan mereka yang tidak dapat meningkatkan level warna hitam pada layar mereka.

Yang paling nyaman adalah pada saat saya menonton video pada monitor ini. Karena monitor ini bisa dipasang sesuai dengan tinggi badan saya pada saat duduk, tentu saja leher menjadi tidak pegal saat menonton. Warna juga menjadi alasan lain yang menyebabkan monitor ini nyaman dipandang saat menonton video.

Kesimpulan

Dalam memilih sebuah monitor, tentu saja tingkat kenyamanan dalam menggunakan seperti mengatur posisi, warna yang cerah, fasilitas yang melimpah, dan kemudahan penggunaan. BenQ pun menawarkan Zowie XL2411P yang menawarkan semua itu dalam satu monitor.

Cukup banyak feature yang ditawarkan pada BenQ Zowie XL2411P ini. Dua di antaranya yang ditonjolkan adalah Black eQualizer dan Color Vibrance yang dapat membuat bermain game dan menonton video menjadi lebih nyaman.  Menu yang diberikan juga sangat mudah untuk dioperasikan sehingga tidka membingungkan.

Konektivitas yang diberikan juga sudah mendukung semua perangkat yang ada saat ini. Display Port, HDMI, serta DVI-DL mampu memberikan gerakan yang lebih mulus dengan refresh rate yang tinggi. Walaupun begitu, gunakanlah kabel Display Port yang diberikan via paket penjualan.

BenQ mematok harga sekitar Rp. 3.995.000 untuk Zowie XL2411p. Anda pun dapat membelinya dari tautan yang satu ini. Harga tersebut memang mahal saat dilihat. Namun saat mencobanya sendiri, kami menilai bahwa memang BenQ pantas untuk membanderol dengan harga tersebut.

Informasi mengenai BenQ Zowie XL2411p lebih lanjut bisa didapat dengan mengunjungi tautan yang satu ini.

Sparks

  • Refresh Rate 144 Hz
  • Black eQualizer dan Color Vibrance
  • Layar bisa landscape dan portrait
  • Menu yang mudah untuk di mengerti
  • Blur Reduction
  • Ergonomis

Slacks

  • Hanya menyediakan kabel Display Port saja. Pengguna HDMI harus membeli kabel tambahan.
  • Tidak mendukung AMD FreeSync

 

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter