Categories

Gadget

[Review] Dell OptiPlex 7070 Ultra: PC Desktop All-in-One Modular yang Ringkas dan Kencang

Bisa di upgrade saat ada spesifikasi atau layar yang lebih canggih

Dimas Galih W. - 14 July 2020

Dalam memilih sebuah PC, tentu saja harus memikirkan banyak hal. Mulai dari spesifikasi, desain, hingga penempatan ruangnya harus sesuai. Jika ingin memiliki sebuah PC yang ramping, pilhan bisa dijatuhkan pada penggunaan laptop atau All-in-One PC (AIO). Dan saat ini, pilihan AIO pun juga sudah banyak menjadi pilihan untuk bekerja di kantor mau pun di rumah.

Bagi yang menginginkan sebuah PC yang ringkas, Dell saat ini memiliki solusi baru. Tidak semua AIO memiliki dimensi yang kompak dan akan membuat yang memakainya menjadi nyaman. Misalnya saja, minimnya tempat untuk menaruh keyboard dan mouse lalu hanya bisa untuk menaruh monitornya tanpa desktop.

Dell OptiPlex 7070 - Vertikal

Dell telah memperkenalkan OptiPlex 7070 Ultra yang memiliki desain yang mungkin saat ini paling ringkas. Jika dilihat secara keseluruhan, AIO ini hanya terlihat sebuah layar monitor PC desktop pada umumnya. Lalu di mana letak dari PC tersebut? Dell menaruh PC tersebut pada tiang penyangga monitornya.

Yang unik adalah OptiPlex 7070 Ultra bisa dibongkar pasang, sehingga jika nantinya Dell mengeluarkan varian baru, pengguna bisa tinggal mengganti unit sistemnya saja. Sebaliknya jika nantinya ada monitor yang lebih tinggi resolusinya, pengguna tinggal menggantinya dengan yang lebih baru. Selama ini, kebanyakan AIO tidak memiliki jenjang upgrade kecuali untuk penyimpanan dan RAM.

Dell OptiPlex 7070 Ultra yang datang ke meja pengujian tim DailySocial sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut

ProsesorIntel Core i5 8365U 4C8T 1,6 GHz Turbo 4,1 GHz
GPUIntel UHD 620
RAM8 GB DDR4 2666 MHz Single Channel
StorageToshiba BG4 256 GB PCIe x4 NVMe
MonitorDell P2419HC 1920 x 1080 60 Hz
OSWindows 10
Bobot3,3 kg (monitor) + 0,525 kg (unit desktop)
Dimensi256,2 x 96,1 x 27,7 mm
Port1x RJ-45 port 10/100/1000 Mbps
2x USB 3.1 Gen 2 Type-C
2x USB 3.1 Gen 2
1x USB 3.1 Gen 1
1x Audio Jack

Hasil dari CPU-Z nya adalah sebagai berikut

PC yang satu ini memang khusus dijual sebagai workstation yang ringkas. Hal ini bisa membuat para pekerja kantoran bisa mendapatkan ruang kerja yang lebih luas, sehingga tidak terlihat berantakan. PC yang satu ini mungkin tidak akan ditemukan pada toko-toko komputer retail dan harus melalui jalur bisnis.

Unboxing

Selain unit AIO OptiPlex itu sendiri, ada beberapa perlengkapan berupa kabel dan keyboard. Pada paket yang dikirimkan ke saya, tidak ada mouse-nya.

Desain

Seperti yang sudah saya katakan di atas, Dell OptiPlex 7070 Ultra hanya terlihat sebagai sebuah monitor PC biasa saja dengan sebuah keyboard. Namun, yang membedakan dari AIO lainnya adalah Dell OptiPlex 7070 Ultra adalah unit sistemnya yang modular dan dipasang pada tiang penyangga monitornya.

Dell OptiPlex 7070 - DEsktop Ports 1

Unit sistemnya atau PC-nya sendiri berbentuk kotak persegi panjang. Unit ini sendiri dibalut dengan casing yang terbuat dari plastik polikarbonat. Nantinya, unit ini yang dipasang pada tiang penyangga monitornya yang sudah didesain sedemikian rupa agar tidak berantakan. Untuk kabelnya, Dell juga sudah memikirkan agar tidak terlalu terlihat berantakan. Antara PC dengan monitor hanya terhubung dengan satu kabel Display Port dengan interface USB-C saja.

Monitornya sendiri adalah Dell P2419HC dengan dimensi 23,8 inci. Resolusinya sendiri ada di 1920 x 1080p dengan refresh rate 60 Hz. P2419HC memiliki kelebihan di mana bingkai atas, kanan, dan kirinya sangat tipis, serta nyaman untuk digunakan. Layarnya sendiri menggunakan jenis IPS.

Dell OptiPlex 7070 - Monitor Ports

Pada unit PC-nya terdapat dua buah port USB 3, port USB-C. RJ-45, dan power pada bagian bawahnya. Pada sisi kanan ditemukan sebuah port USB 3, USB-C, serta audio 3,5 mm. PAda bagian atasnya ditemukan tombol power serta ventilasi untuk mengeluarkan panas.

Pada unit monitornya, terdapat beberapa port di bagian belakangnya yang terdiri dari port HDMI, dua buah Display Port, USB-C Display Port, serta dua buah USB. Pada sisi sebelah kiri juga bisa ditemukan dua buah port USB 3. Untuk tombol pengaturan monitor, dapat ditemukan pada bagian bawahnya.

Dell OptiPlex 7070 - Monitor Buttons

Untuk unit yang datang ke DailySocial, tidak disertakan mouse. Namun jika dilihat pada web resminya, paketnya menyertakan sebuah mouse. Untuk keyboard yang disertakan, tombolnya menggunakan model chicletFeedback yang diberikan saat ditekan juga cukup nyaman, sehingga tidak ada masalah saat dipakai untuk mengetik.

Pengujian

Komputer yang satu ini menggunakan prosesor Intel Core i5 8365U. Prosesor ini sendiri ditujukan untuk perangkat rendah daya karena menggunakan Thermal Design Power 15 watt. Core i5 8365U memiliki 4 inti dengan 8 thread dengan kecepatan 1,6 GHz dan memiliki kecepatan Turbo hingga 4,1 GHz. Prosesor ini sendiri masih menggunakan proses pabrikasi 14nm. Tentu saja, Whiskey Lake sudah lebih dari cukup dalam menjalankan software yang digunakan untuk bekerja.

Dell OptiPlex 7070 - DEsktop

 

Grafis yang digunakan adalah Intel UHD 620 yang merupakan sebuah integrated Graphics Processor yang menjadi satu dengan prosesornya. Dengan grafis ini, tentu saja aplikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan kantor sehari-hari akan berjalan dengan lancar. Apalagi, saat ini beberapa software sudah mendukung akselerasi yang menggunakan prosesor grafis seperti Photoshop.

Hal lain yang patut diacungi jempol adalah penggunaan SSD NVMe PCIe x4 pada Dell OptiPlex 7070 Ultra ini. Dengan menggunakan SSD yang kencang ini, tentu saja sangat mendongkrak kinerja dari Dell OptiPlex 7070 Ultra. Penggunaan SSD NVMe juga membuat dimensi PC bisa lebih kecil. Saya pun tidak mengalami penurunan performa saat menggunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah hasil benchmark dari Dell OptiPlex 7070 Ultra

Karena PC ini khusus dipakai untuk para pengguna kantoran, tentu saja tidak dipersiapkan untuk bermain game. Dan dengan nilai benchmark di atas, tentu saja Dell OptiPlex 7070 Ultra bisa digunakan untuk segala pekerjaan kantoran yang bahkan berat, seperti menggunakan aplikasi spreadsheet dengan baris yang berjumlah ribuan atau mungkin bahkan ratusan ribu. Hal tersebut berkat SSD NVMe yang kencang serta prosesor mumpuni yang digunakan.

Verdict

Memilih sebuah komputer untuk bekerja memang memerlukan pemilihan yang tepat. Tidak semua kantor mau menggunakan sebuah PC desktop yang memiliki dimensi besar. Akan tetapi, memilih sebuah laptop atau AIO akan menemukan kesulitan dalam melakukan upgrade. Oleh karena itu, Dell datang dengan membawa solusi tersebut melalui kemampuan modular dari OptiPlex 7070 Ultra.

Kinerja yang ditawarkan oleh AIO yang satu ini memang sangat baik. Dengan menggunakan Core i5 serta SSD, membuat AIO ini mampu digunakan untuk pekerjaan Office yang berat sekali pun. Dengan kemampuan ini, melakukan rendering video juga bisa dilakukan dengan cukup baik.

Dell menjual komputer yang satu ini mulai dari harga Rp. 9.900.000 tergantung dari spesifikasi yang diberikan. Jadi untuk harga tepatnya, tentu saja harus melalui sebuah perjanjian antara perusahaan dengan Dell. Namun yang pasti, dengan desain serta kinerja yang diberikan dan kemampuan modularnya, sepertinya harga tersebut tidak terlalu mahal untuk sebuah komputer kantoran.

Sparks

  • Kinerja oke dengan Intel Whiskey Lake
  • Layar yang cerah dan bisa diputar
  • SSD NVMe yang membuat loading kencang
  • Kaki penopang monitor yang ringkas
  • Desain yang rapi

Slacks

  • RAM masih dalam mode Single Channel sehingga kinerja tidak optimal
  • Colokan listrik bukan standar Indonesia

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter