28 November 2012

by wiku

Review di Google Play Store Kini Gunakan Nama Akun Google+

Google kini menerapkan penggunaan akun Google+ untuk melakukan review aplikasi di toko aplikasi mereka, Google Play Store. Kini pengguna yang akan mempublikasikan hasil review akan diminta untuk mengkoneksikan dengan akun Google+ mereka.

Kotak pemberitahuan ini akan muncul ketika pengguna mengklik pilihan menu 'write a review', Google mengatakan bahwa review yang dituliskan nantinya akan dipublikasikan dengan mengunakan nama akun dan gambar dari akun Google+ Anda. Review yang sebelumnya telah Anda tulis akan menggunakan nama tampilan 'A Google User'.

Fitur ini telah bisa digunakan di Google Play Store yang diakses dari web, untuk yang mobile, Trenologi belum sempat mencobanya, tetapi sepertinya akan berjalan secara bertahap.

Review dan komentar atas aplikasi dan game di toko aplikasi cukup berperan penting, meski tidak selalu. Pengguna yang ingin mengunduh aplikasi tertentu biasanya ikut juga membaca review yang ada atas aplikasi yang ingin diunduhnya, apalagi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar.

Penggunaan nama akun dari Google+ ini tentunya ikut berperan dalam mencegah komentar anonim dan mendorong pengguna untuk memberikan review yang relevan dan benar sesuai dengan pengalaman penggunaan aplikasinya.

Sumber: DroidLife, TheNextWeb, TheVerge.