10 Fitur Triple Camera Leica Pada Huawei P20 Pro

[Speed Review] 10 Fitur Triple Camera Leica Pada Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro merupakan smartphone dengan kamera paling canggih versi DxOMark
review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-1
review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-1

Pada akhir bulan Juni lalu, smartphone flagship dari Huawei yakni P20 Pro resmi hadir di Tanah Air. Dibanderol Rp11.999.000, P20 Pro merupakan ponsel pintar dengan kamera paling canggih saat ini versi DxOMark.

Huawei P20 Pro meraih skor tertinggi untuk urusan kualitas kamera, tembus sampai 109 poin. Menyalip Apple iPhone X, Google Pixel 2, dan Samsung Galaxy S9 Plus.

Di sini, saya ingin menyampaikan kesan menggunakan kamera Huawei P20 Pro dalam seminggu terakhir. Inilah sepuluh fitur triple camera Leica yang ditawarkannya P20 Pro.

1. Triple Camera Leica

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-5

P20 Pro adalah smartphone triple camera pertama di dunia, hasil dari kerja sama antara Huawei dan Leica. Kamera utama RGB dengan sensor berukuran 1/1.7 inci, lensa lebar 27mm dengan resolusi 40-megapixel, dan bukaan f/1.8.

Kemudian kamera monochrome dengan sensor berukuran 1/2.7 inci, lensa 27mm dengan resolusi 20-megapixel, dan bukaan f/1.6. Satu lagi, kamera dengan sensor 1/4 inci, lensa telephoto 80mm resolusi 8-megapixel, dan bukaan f/2.4.

2. Resolusi Penuh 40-Megapixel

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-13

Ya, ketiga kamera pada P20 Pro bekerja sama untuk menciptakan foto berkualitas 40-megapixel yang detail. Sayangnya, resolusi penuh tersebut hanya tersedia dalam format 4:3.

Sementara, bila kita mengubah ke aspek rasio 18:9, resolusinya hanya sebatas 7-megapixel. Sayang sekali, padahal jumlah megapixel yang banyak sangat ideal untuk memotret foto landscape.

3. Kemampuan Zoom 

Sistem triple camera pada P20 Pro, memberikan kemampuan perbesaran atau zoom untuk memperbesar subjek foto di kejauhan. Optical zoom atau perbesaran tanpa mengurangi kualitas foto sebanyak 3x, hybrid zoom 5x, dan digital zoom 10x.

4. Night Mode

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-12

Mode ini yang paling mengesankan bagi saya, bila kebanyakan smartphone tak mampu berbuat banyak di malam hari atau kondisi gelap – P20 Pro bisa diandalkan.

Secara default, night mode akan memotret dengan shutter speed 3 detik. Menariknya meski memotret pakai tangan, hasil fotonya masih detail dan langit yang gelap terlihat kebiruan.

Untuk hasil lebih optimal, saya sarankan menggunakan tripod. Dengan begitu, Anda bisa bereksperimen menggunakan pengaturan shutter speed dan rentang ISO secara manual.

5. Master AI

Proses fotografi pada P20 Pro didukung teknologi kecerdasan buatan. Kamera P20 Pro mampu mengidentifikasi 19 kategori yang berbeda.

Kemudian memberikan pengaturan secara otomatis untuk menghasilkan foto yang optimal. Jadi, siapapun dapat menciptakan foto yang baik dengan P20 Pro.

6. Pro Mode

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-10

Meski begitu, P20 Pro juga tetap menyediakan mode pro atau manual. Jadi, Anda bisa dengan leluasa mengatur sejumlah pengaturan kamera.

Seperti white balance dari 2800K – 7000K, exposure dari -4 sampai +4, rentang ISO 50 – 6400, shutter speed dari 1/4000 – 32s, metering mode ke multi, center, atau spot, dan focus mode yakni single-shot AF, continuous AF, atau manual focus.

7. Portrait Mode

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-9

Fitur yang mirip dengan portrait lighting pada iPhone X untuk foto portrait layaknya diambil dari studio foto. Pilihan efek pencahayaan cerdas yang tersedia ialah soft lighting, butterfly lightning, split lighting, stage lightning, dan classic lighting.

8. Aperture Mode

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-8

Mode ini bisa Anda gunakan untuk mengambil foto dengan efek bokeh yang lebih natural. Ya, dengan memperkecil atau memperbesar aperture – Anda bisa mengatur seberapa tipis atau tebal efek blur pada background.

9. Foto Black & White

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-7

Kamera dengan image sensor monochrome 20-megapixel pada P20 Pro, bisa kita gunakan untuk memotret foto hitam putih yang tajam, minim noise, dan dynamic range lebih baik. Ada empat mode yang disediakan, yaitu normal, aperture, portrait, mode pro.

10. Perekaman Video

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-6

Bagaimana dengan kemampuan perekaman videonya? Huawei P20 Pro mampu merekam video dalam format FHD 1080p 30 fps, FHD 1080p 60 fps, FHD+ 1080p 30 fps dalam aspek rasio lebih lebar 18:9, dan 4K pada 30 fps.

Sayangnya, tidak tersedia perekaman video 4K pada 60 fps – padahal kompetitornya sudah mampu melakukannya. Terdapat juga mode slow-mo dan time-lapse.

review-fitur-triple-camera-leica-huawei-p20-pro-4

Itulah sepuluh fitur triple camera Leica pada Huawei P20 Pro yang paling menarik menurut saya. Waktu satu minggu, memang tak cukup untuk mencoba secara dalam fitur-fiturnya. Dan ya, ada beberapa kelemahan, semoga Huawei bisa memberikan solusi pada update firmware di masa depan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…