Categories

Gadget

[Review] Honor Choice True Wireless Earbuds: Harga Murah Bukan Berarti Tidak Bagus

Suara yang bagus dengan harga yang murah

Dimas Galih W. - 1 September 2020

Saat ini, mengeluarkan produk IoT memang sudah menjadi fokus hampir semua vendor smartphone. Produk IoT sendiri nantinya bakal memiliki sebuah ekosistem sendiri yang akan terhubung satu dengan lainnya. Saat ini, Honor sudah mengeluarkan satu perangkat IoT tersendiri berupa True Wireless Stereo. Namanya adalah Honor Choice True Wireless Earbuds.

Honor mengeluarkan earbuds yang satu ini berdasarkan strategi yang telah mereka umumkan. Adalah strategi 1+8+N sendiri mengacu pada integrasi berbagai produk Honor untuk membentuk ekosistem yang terdiri atas 1 smartphone sebagai pusat kendali, 8 perangkat Honor di berbagai kategori, dan N (jumlah tidak tertentu) produk hasil kerjasama Honor dan brand papan atas lainnya. Honor Choice sendiri masuk ke dalam N.

Kami pun telah mendapatkan perangkat yang memiliki tulisan depan MOECEN. MOECEN sendiri merupakan perusahaan yang bekerja sama dengan Honor dalam memproduksi Choice. MOECEN ini sendiri di bawah perusahaan asal Tiongkok, CoSonic yang bergerak di bidang audio.

Honor Choice sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut

Bobot4,4 gram per earbuds, 38,3 gram case
ChipsetBES2300IU
Versi Bluetooth5.0
Ukuran Driver⌀7 mm dynamic
Dimensi30.9 x 17.5 x 20.3 mm (earbud), 60.3 x 28 x 43.3 mm (case)
Kapasitas Baterai55 mAh (per earbud), 500 mah (case)

Baterai yang dimiliki oleh Honor Choice bisa dibilang yang paling besar di kelasnya. Mereka pun menjanjikan bahwa total penggunaan TWS yang satu ini bisa mencapai 24 jam atau satu hari penuh. Dan yang pasti, mereka yang menyukai penggunaan eartips juga akan tertarik untuk mencobanya.

Unboxing

Seperti inilah isi dari paket penjualan Honor Choice True Wireless Earbuds

Desain

Honor Choice memiliki desain True Wireless Stereo di mana tidak ada kabel yang menghubungkan antara satu earbuds dengan lainnya. Desain tangkainya pun juga sudah umum digunakan pada perangkat TWS baru pada umumnya. Desain ini pun membuat Honor Choice menjadi sebuah model in-ear dan bukan open-ear. 

Bahan yang digunakan juga masih sama dengan kebanyakan TWS, yaitu dengan plasti polikarbonat. Honor juga membuatnya cukup tebal sehingga tidak terasa kosong dan cukup kokoh saat digenggam. Cukup banyak TWS pada kelas harga yang sama memiliki feel yang kurang kokoh dan seperti mudah pecah.

Dengan model in-ear tentu saja membuat semua suara yang keluar dari driver-nya akan masuk seluruhnya ke telinga. Hal ini membuat Honor Choice memiliki suara yang cukup besar dibandingkan dengan model TWS sebelumnya yang cenderung open-ear. Honor Choice True Wireless Earbuds memiliki speaker komposit diaphragm 7mm yang cukup besar untuk sebuah model in-ear.

Pada kedua earbuds juga terdapat sensor sentuh di bagian luarnya. Sensor sentuh ini berfungsi untuk mengendalikan musik yang sedang terpasang mau pun menerima atau menolak telepon. Selain itu, sensor sentuh ini juga bisa digunakan untuk memanggil Google Assistant dan melakukan perintah melalui suara.

Kedua earbuds itu sendiri juga sudah memiliki sertifikasi IP54. Hal tersebut bisa menghindarkan Honor Choice dari kerusakan akibat debu dan cipratan air. Eartips-nya sendiri juga bisa diganti ke yang lebih besar atau kecil, sehingga akan lebih pas menutup lubang kuping penggunanya.

Baterai yang terdapat pada setiap earbuds memang cukup besar, yaitu 55 mAh. Charging Case-nya pun juga membawa baterai sebesar 500 mAh yang memang bisa membuatnya tahan lama. Untuk mengisi baterainya, Honor Choice memiliki port USB-C pada bagian bawahnya. Pada sisi depannya hanya ditemukan sebuah LED sebagai indikator saat melakukan pengisian baterai.

Sayangnya, Honor Choice saat ini masih belum memiliki aplikasi. Sebuah aplikasi tentu saja bisa untuk mengubah fungsi tombol sentuh dari TWS ini serta mengatur keperluan lainnya, seperti upgrade firmware. Saya mencoba memasang aplikasi Huawei AI Life, namun tidak terdeteksi. Alangkah baiknya jika pihak Honor membuat Choice didukung pada aplikasi tersebut.

Pengalaman Menggunakannya

Pada akhirnya, saya menemukan model TWS dengan desain tangkai yang saya sukai. Kebanyakan desain eartips lama akan tergeser dari lubang kuping sehingga suaranya menjadi tidak terlalu jelas. Bahkan beberapa orang harus menggunakan alat tambahan agar suara dari luar tidak masuk.

Saat pertama kali memasukkan Honor Choice pada kedua kuping, suara dari luar langsung minim terdengar karena terisolasi dengan eartips-nya. Selain itu, saya mencoba untuk menggoyangkan kepala dengan cukup keras, namun kedua earbuds-nya tidak bergeser sama sekali. Secara desain untuk pemakaiannya, saya sangat suka.

Pairing pun langsung dilakukan untuk mencoba perangkat ini. Namun, saya cukup heran perangkat yang keluar pada daftar pindaian bluetooth di smartphone tidak ada yang menggunakan nama Honor. Ternyata, Honor Choice menggunakan nama Wireless Earbuds.

Honor Choice pun mendukung mode AAC dan SBC. Penggunaan AAC pun membuat perangkat ini memiliki suara yang lebih baik. Untuk pengujian kali ini, saya menggunakan beberapa file Ogg Vorbis dengan bitrate 320 Kbps. Suaranya sendiri juga sudah cukup dekat dengan beberapa file audio lossless.

Seperti biasa dalam menguji suara bass, saya masih menggunakan lagu Dive dari Ed Sheeran. Honor Choice memang memiliki suara bass yang cukup baik, namun tidak terlalu heavy. Pada saat dikeraskan suaranya, bass-nya juga tidak pecah sehingga cukup nyaman terdengar di kuping saya.

Menggunakan driver sebesar 7 mm dan model in-ear ternyata mampu mengangkat suara vokal yang dikeluarkan. Detail yang dikeluarkan juga cukup baik untuk sebuah TWS dengan harga yang terjangkau. Untuk suara high yang dikeluarkan juga tidak terlalu mengganggu. Semuanya terdengar lebih seimbang.

Selanjutnya saya mencoba menggunakannya untuk bermain game. Honor Choice sudah mendukung latensi yang lebih rendah dengan 130 ms. Hal ini membuat suara dan game yang sedang berjalan terdengar sinkron. Saya menggunakan game LifeAfter dan CoDM, dan suara yang terdengar memang tidak lag.

Pengujian berlanjut untuk melakukan panggilan melalui aplikasi FB Messenger, Telegram, dan Whatsapp. Suara microphone yang ada juga dapat didengar dengan cukup baik oleh lawan bicara saya. Suaranya tidak terlalu cempreng, sehingga tidak terlalu mengganggu orang yang mendengarnya.

Pengujian baterai pada perangkat ini menurut saya memang menyebalkan. Karena dijanjikan bisa digunakan untuk 24 jam, tentu saja saya tidak bisa melakukannya secara terus menerus. Namun memang, perangkat ini bisa bertahan selama dua hari kerja tanpa harus diisi ulang.

Dalam sekali penggunaan, saya cukup yakin bahwa pertama menggunakannya mulai dari jam 12. Saat jam 5 sore, Honor Choice pun belum menunjukkan tanda-tanda harus diisi ulang. Baru sekitar jam 6, kedua perangkat pun mati. Pengisian baterai dari 0 sampai 100% membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Charging Case-nya sendiri membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk diisi ulang sampai penuh.

Verdict

Tahun 2020 mungkin merupakan masa di mana TWS murah dari vendor ternama marak muncul. Hal ini tentu membuat konsumen akan lebih aman dalam memilihnya. Salah satu yang bisa dijadikan alternatif adalah Honor Choice True Wireless Earbuds.

Suara yang dihasilkan oleh Honor Choice memang cukup baik. Perangkat ini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin mendapatkan TWS yang memiliki suara seimbang antara bass dan high. Untuk rentang harganya, suara yang dihasilkan tidak terkesan murahan.

Pengguna yang ingin membeli TWS untuk bermain game juga bisa memilih Honor Choice. Latensi yang dimiliki cukup rendah sehingga membuat suara dari game tidak tertinggal. Suaranya yang jernih juga mampu membuat pengguna aware terhadap langkah musuh saat bermain game FPS.

Honor menjual TWS yang satu ini dengan harga Rp. 399.000. Harga ini tentu saja dapat dikatakan murah untuk sebuah TWS. Apalagi, Honor Choice juga menawarkan banyak fitur yang tidak semua TWS miliki pada rentang harga seperti ini.

Sparks

  • Harganya terjangkau
  • Latensi rendah membuat suara game tidak lag
  • Suara cukup baik
  • Model in-ear membuat isolasi suara dari luar
  • Touch button yang cukup sensitif
  • Daya tahan baterai yang panjang

Slacks

  • Tidak ada aplikasi pendukung
  • Tidak ada fitur fast charging

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter