Categories

Gadget

[Review] HP Probook 445 G7: Membantu Bisnis dengan Tingginya Kinerja Ryzen 7 4700U

Baterainya pun juga tahan lama sehingga bisnis tidak akan berhenti karena mencari stop kontak

Dimas Galih W. - 19 January 2021

Mencari sebuah laptop yang bisa digunakan untuk berbisnis memang tidak boleh sembarangan. Tentu saja laptop yang diinginkan harus memiliki kinerja yang bagus, baterai yang panjang, berbobot lebih ringan, dan memiliki desain yang bagus. Melihat hal tersebut, HP ternyata memiliki sebuah laptop yang cocok untuk digunakan oleh pelaku bisnis dan UMKM. Laptop tersebut adalah HP Probook 445 G7.

HP Probook 445 G7 menggunakan APU AMD Ryzen 7 4700U. Seri U dari AMD ini memungkinkan sebuah produsen untuk memproduksi laptop dengan dimensi yang tipis serta ringan. Hanya dengan sekitar 1,6 kg saja, laptop ini tentu tidak akan membuat sang pengguna menjadi sakit pinggang saat membawanya ke mana saja. Layarnya yang memiliki dimensi 14 inci pun juga membuatnya cukup nyaman saat digunakan.

Baterai juga merupakan salah satu daya tarik dari laptop ini. Tentu saja hal ini ada hubungannya dengan penggunaan prosesor Ryzen 7 4700u tersebut. Selain itu, laptop ini juga sudah dibekali dengan standar militer MIL-STD 810H yang membuatnya lebih tahan di segala lingkungan.

Spesifikasi lengkap dari HP Probook 445 G7 yang saya dapatkan adalah sebagai berikut

ProsesorAMD Ryzen 5 4700U 8 core 2 GHz Turbo 4.1 GHz
GPUAMD Radeon Graphics (7aa core) 1,5 GHz
RAM8 GB LPDDR4 3200
StorageSamsung MZVLQ512HALU M.2 NVMe PCI-e Gen 3 512 GB
Layar14 inci 1920×1080 IPS
WiFi802.11 ax atau WiFi 6
Bobot1,6 kg
Sistem operasiWindows 10 64 Bit
Dimensi324.2 x 237.7 x 179 mm
Baterai3 cell 48 Wh

Spesifikasi yang diambil dari CPU-Z adalah sebagai berikut

Unboxing

Perlengkapan inilah yang didapat dari paket penjualan HP Probook 445 G7. Sayang memang, steker yang didapat bukanlah standar Indonesia. Jadi, pengguna harus membeli sebuah konverter lagi agar bisa mengisi baterai pada laptop ini.

Desain

Badan yang terasa kokoh dari HP Probook 445 G7 saya sudah rasakan semenjak mengeluarkannya dari kotak paket penjualan. Laptop ini menggunakan bahan aluminium pada seluruh badannya sehingga cukup keras saat dipegang. Dengan menggunakan bahan tersebut, HP juga menggunakan warna perak yang menggambarkan penggunaan aluminium pada badannya tersebut.

 

Layar yang digunakan pada HP Probook 445 G7 adalah jenis IPS. Resolusinya adalah 1920×1080 dengan dimensi 14 inci dengan kecerahan 250 nits.Layarnya sendiri sangat nyaman digunakan untuk menonton video dengan resolusi full HD. Bingkai tipis pada bagian kanan dan kirinya juga menghiasi layar dari laptop yang satu ini.

Saya merasa nyaman saat menggunakan keyboard yang ada pada HP Probook 445 G7 ini. Tombolnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil di jari saya, sehingga pas saat digunakan untuk mengetik. Keyboard ini sendiri juga sudah memiliki LED backlight yang sangat membantu saat mengetik di ruang dengan cahaya yang rendah. Touchpad yang ada pada bagian bawah keyboard-nya juga nyaman dan responsif saat digunakan.

Pada bagian sebelah kiri dapat ditemukan Kenshington lock, port USB 2.0, dan pembaca kartu SD. Ditemukan juga sebuah ventilasi udara yang digunakan untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan oleh APU Ryzen 7 4700U. Untuk bagian kanannya ditemukan port pengisi daya, USB-C, LAN, HDMI 1.4 , dua USB 3.1 gen 1, dan audio 3,5 mm.

Pengujian

HP Probook 445 G7 menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 4700U yang sudah diluncurkan pada tahun 2020 yang lalu. Dengan kecepatan 2 GHz, prosesor delapan inti dan delapan thread ini bisa berjalan hingga kecepatan 4.1 GHz dalam kondisi tertentu. TDP-nya sendiri di-rating pada 15 watt dan bisa naik hingga 25 watt. Proses pabrikasi 7 nm juga membuatnya tidak menghasilkan panas yang berlebih saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

AMD Ryzen 7 4700U sendiri menggunakan GPU terintegrasi yang saat ini dinamakan sebagai AMD Radeon Graphics. Dengan menggunakan 7 core, GPU ini juga dikenal dengan nama Vega 7. GPU terintegrasi ini ternyata juga memiliki kinerja yang cukup untuk menjalankan game-game yang ringan seperti Valoran dan CS: GO.

Game

Walaupun bukan merupakan sebuah laptop gaming, saya pun juga mencoba perangkat yang satu ini dengan menggunakan beberapa game. Vega 7 yang dikenal pada Ryzen 7 4700u ini memang sudah terkenal bisa menjalankan gamegame lawas dan ringan. Namun, apakah bisa menjalankan game-game yang keluar pada tahun ini?

Saya menggunakan beberapa game yang mungkin bisa mewakili pertanyaan tersebut. Walaupun bukan game baru, namun kinerjanya bisa mewakili permainan yang diluncurkan baru-baru ini. Ternyata Ryzen 7 4700u yang ada pada HP Probook 445 G7 ini bisa dengan lancar digunakan untuk bermain. Akan tetapi, resolusi yang saya anjurkan adalah 1360×768 saja dengan setting paling rendah.

Berikut adalah hasil dari pengujian yang saya lakukan dengan menggunakan beberapa game

Produktivitas dengan Sintetis

Laptop untuk bisnis tentu saja harus mendukung penggunaan software peruntukkannya dengan baik. Hal tersebut berarti penggunaan untuk video conference, pemakaian Office serta aplikasi editing lainnya, dan juga untuk hiburan. Semua itu bisa dilakukan dengan pengujian PCMark. Saya menggunakan PCMark 10 pada pengujian kali ini.

Pengujian sintetis lainnya yang digunakan adalah Cinebench dan GeekBench yang digunakan untuk mengukur seberapa baik kinerja prosesor. Selain itu, 3DMark digunakan untuk menguji seberapa baik kinerja GPU saat mengolah grafis tingkat tinggi.

Baterai

DailySocial menguji laptop yang satu ini berdasarkan berapa lama sebuah perangkat bisa menonton file video 1080p dengan container file MP4. Perlu diketahui bahwa tidak satu tes baterai pun yang mampu memberikan hasil yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Hanya saja, sebuah riset pernah dilakukan untuk mengukur pemakaian sebuah laptop.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini ternyata bisa bertahan selama 8 jam 18 menit. Tentu saja saat digunakan dalam menggunakan Office ringan, hasilnya bisa jadi lebih lama. Tetapi jika digunakan untuk melakukan rendering video dan bermain game, sepertinya akan lebih cepat habis.

Verdict

Mencari sebuah laptop yang cocok untuk digunakan oleh pebisnis maupun pegiat UMKM memang tidak mudah. Kinerja tinggi sudah pasti harus menjadi sebuah pilihan serta beberapa fitur lainnya yang menunjang seperti grafis yang cepat dan RAM yang besar. Namun, membeli sebuah laptop gaming mungkin akan terasa berlebih. Oleh karena itu, HP menawarkan solusinya dengan HP Probook 445 G7.

Laptop ini menggunakan AMD Ryzen 7 4700U yang sudah dikenal memiliki kinerja yang tinggi. Dengan TDP yang sama dengan pendahulunya, kinerjanya memiliki peningkatan yang sangat baik. Hal ini tentu saja membuat penggunanya nyaman saat bekerja, mengedit gambar dan video maupun bermain.

Kinerja baterainya pun juga pas untuk digunakan selama seharian. Dengan mencapai lebih dari 8 jam, tentu saja bekerja seharian tidak lagi repot untuk mencari stop kontak untuk mengisi ulang baterainya. Selain itu, laptop ini juga memiliki daya tahan yang kuat berkat sertifikasi militer.

HP Probook 445 G7 dijual oleh Hewlett Packard dengan harga Rp. 16.800.000. Dengan harga tersebut, pengguna mendapatkan sebuah laptop kokoh yang bisa bertahan pada segala kegiatan dan memiliki kinerja kencang serta baterai yang tahan lama. Anda juga tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra saat membawanya karena cukup ringan.

Sparks

  • Kinerja tinggi dengan AMD Ryzen 7 4700U
  • Daya tahan baterai yang baik hingga 8 jam
  • Bobot yang ringan
  • Casing aluminium yang membuatnya terasa kokoh
  • Standar militer yang membuatnya tahan benturan

Slacks

  • RAM hanya terpasang single channel 
  • Harganya cukup tinggi

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter