Categories

Gadget

[Review] Kingston Canvas React Plus SDR2 UHS-II: Media Kencang untuk Rekam Video 4K dan 8K

Cocok untuk perekaman video resolusi tinggi

Dimas Galih W. - 24 June 2020

Dengan berkembangnya jaman, pengambilan foto dan video pun memerlukan sebuah media dengan kinerja yang tinggi. Jika tidak, perekaman video seringkali akan tersendat dan pengambilan foto pun juga tidak bisa tersimpan dengan cepat. Umumnya, konsumen menggunakan kartu SD untuk menyimpan segala perekaman video dan foto dari sebuah kamera. Dan untuk mengatasi hal tersebut, ternyata Kingston sudah memiliki solusinya.

Saat ini Kingston sudah memiliki sebuah kartu SD yang memiliki spesifikasi tinggi, yaitu UHS-II. UHS-II merupakan sebuah bus interface yang sudah distandarkan oleh SD Association. Dengan menggunakan interface ini, kecepatan yang dimiliki oleh sebuah kartu SD dapat mencapai 312 MB/s. Namun, kecepatan tersebut memang harus menggunakan reader khusus yang sudah mendukung UHS-II.

Kingston Canvas React Plus -

Kartu SD yang datang ke meja pengujian DailySocial adalah Kingston Canvas React Plus SDR2. Kingston sendiri mengklaim bahwa kartu SD ini mampu membaca data hingga 300 MB/s. Untuk merekam atau menulis data ke dalam SD, Kingston mengklaim bisa mencapai kecepatan 260 MB/s.

Kingston juga menyertakan sebuah card reader pada paket penjualannya. Reader ini tentunya sudah mendukung UHS-II, di mana saat ini masih sangat jarang ditemukan. Tentunya untuk mendapatkan kecepatan penuh, membutuhkan port USB 3.

Kartu SD yang saya dapatkan memiliki spesifikasi sebagai berikut

Kinston Canvas React
Kapasitas128 GB
StandarisasiClass 10, UHS-II, U3, V90
Dimensi24 x 32 x 2.1 mm
Dimensi Reader51.8 x 33.5 x 9 mm

Unboxing

Seperti inilah paket penjualan dari Kingston Canvas React SDR2. Hanya terdapat kartu SD dan alat pembacanya saja pada paket penjualannya.

Kingston Canvas React Plus - Box

UHS-I vs UHS-II

Standar kecepatan yang dimiliki oleh Kingston Canvas React Plus kali ini adalah sekitar 300 MB/s. Dengan menggunakan interface UHS-II, tentu saja Kingston Canvas React Plus SDR2 memerlukan alat pembaca khusus agar dapat mencapai kecepatan yang diinginkan. Jika menggunakan reader biasa, kartu SD ini hanya akan terbaca dengan standar kecepatan dari UHS-I saja.

Kingston Canvas React Plus - UHS I UHS 2

UHS-I dan UHS-II memiliki konektor yang berbeda. Pada kartu UHS-II, ada tambahan delapan pin lagi yang berguna untuk meningkatkan kecepatan dari kartu SD tersebut. Jika kartu UHS-II digunakan pada alat pembaca yang hanya mendukung UHS-I, tentu saja kinerjanya akan sama dengan UHS-I. Hal itu dikarenakan pembaca UHS-I belum memiliki tambahan delapan pin.

Pengujian

Hal pertama yang saya lakukan pada saat Kingston Canvas React Plus SDR2 datang, tentu saja mencoba mengambil gambar melalui kamera. Kebetulan saya memiliki sebuah kamera mirrorless lawas. Dan ternyata, kamera saya dapat mengambil gambar dengan lancar tanpa terkendala apa pun.

Karena memiliki kapasitas 128 GB, tentu saja kartu SD ini sudah diformat dengan file system exFAT. File system ini sudah dikenal bisa diakses pada berbagai sistem operasi modern seperti Windows 10, MacOS, dan Linux. Mode burst pada kamera pun juga tidak memiliki masalah dan bisa berlanjut tanpa henti. Hal tersebut dikarenakan kartu ini memang memiliki kecepatan tulis yang kencang.

Sayangnya karena keterbatasan oleh peraturan PSBB, saya tidak bisa meminjam kamera rekan saya yang mampu merekam hingga 4K. Padahal, kartu SD ini mendukung standar V90 yang berarti mampu menulis pada kecepatan 90 MB/s. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya hanya akan menguji kinerjanya melalui software benchmark Crystal Disk Mark

CDM

Hasil yang saya dapatkan memang kurang lebih sama dengan yang dijanjikan, walaupun tidak mencapai 300 MB/s. Namun dengan kecepatan tersebut, pengguna bisa merekam video dengan resolusi tinggi seperti 8K, bahkan lebih jika nantinya ada standar baru. Dengan memiliki kartu Kingston Canvas React Plus ini seperti memiliki sebuah SSD kecil yang bisa dibawa ke mana saja.

Tidak hanya untuk kamera saja, dengan alat pembaca yang disertakan dalam paket penjualannya juga membuat Canvas React Plus SDR2 bisa digunakan untuk keperluan lain. Misalnya saja membutuhkan sebuah penyimpan eksternal yang kencang dan digunakan untuk kebutuhan bermain game pada PC dengan USB 3.0, tentu saja dengan kinerja yang ada sudah lebih dari cukup.

Verdict

Kebutuhan akan media penyimpanan memang semakin lama semakin meningkat. Tidak hanya kapasitasnya saja yang dibutuhkan, kecepatan penyimpanan stream tanpa hambatan pun juga semakin dicari. Untuk mengatasi hal seperti ini, Kingston hadir dengan Canvas React Plus SDR2 dengan standar UHS-II.

Kingston Canvas React Plus - 2

Kingston Canvas React Plus SDR2 memang memiliki kinerja yang sangat tinggi. Dengan alat pembaca yang ada pada paket penjualannya, membuat fungsionalitasnya bertambah dan bisa menjadi sebuah USB flash disk. Dengan kinerja yang saya dapatkan, membuat kartu SD ini bisa digunakan untuk keperluan gaming dan rendering, asalkan tersedia slot USB 3.

Kingston Canvas React Plus SDR2 juga sudah tersedia di pasar Indonesia. Kartu SD dengan kapasitas 128 GB ini dijual dengan harga Rp. 2.450.000 pada toko resmi mereka di Tokopedia. Dengan harga tersebut, tentu saja Canvas React Plus SDR2 128 GB cocok untuk para profesional.

Sparks

  • Kinerja tinggi dengan kecepatan lebih dari 260 MB/s
  • Termasuk alat pembaca SDXC UHS-II
  • Kapasitas besar dengan 128 GB
  • Backward compatibility

Slacks

  • Harga jual cukup tinggi untuk beberapa kalangan
  • Belum bisa digunakan secara maksimal pada sebagian besar perangkat yang ada saat ini

 

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter