Categories

Gadget

[Review] Laptop Convertible 2-in-1 HP Spectre x360 13, Mampu Terhubung Seharian

HP Spectre x360 13 merupakan laptop convertible 2-in-1 premium dengan daya tahan baterai yang sangat baik

Lukman Azis - 17 January 2019

Masuk pada bulan pertama di tahun yang baru, tentunya Anda telah menetapkan sejumlah goal termasuk resolusi dalam kehidupan profesinal Anda. Untuk mencapainya, meningkatkan kualitas kerja mutlak perlu dilakukan. Namun menggeber produktivitas tidak melulu bekerja lebih keras dengan menambah jam kerja, tapi juga memperbaiki manajemen waktu dan juga mengubah metode kerja yang lebih efektif.

Untuk mendukung penuh fleksibilitas Anda dalam bekerja, tentu membutuhkan perangkat yang tepat. Misalnya penggunaan laptop dengan desain convertible 2-in-1 seperti HP Spectre x360 13. Laptop ini mengusung desain fungsional multi mode, dimensi ringkas yang praktis dibawa-bawa, dan tetap menyuguhkan performa gegas untuk berbagai keperluan.

Laptop HP Spectre x360 13 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: 8th Generation Intel Core i7 processor
  • RAM / HDD: 16 GB DDR4-2400 SDRAM / 512 GB PCIe NVMe M.2 SSD
  • Layar / Resolusi: 13,3 inci FHD IPS / 1920×1080 piksel
  • Port ekspansi: 2x USB Type-C 3.1 Gen 2, 1x USB 3.1 Gen2 Type-A, 1 headphone/microphone
  • Baterai 4-cell, 61 Wh Li-ion
  • Dimensi 30.88×21.79×1.45 cm
  • Bobot 1.32 kg

Berikut adalah review HP Spectre x360 13 selengkapnya, sebelum itu ini hasil CPU Z dan GPU Z-nya:

Desain HP Spectre x360 13

Kemewahan HP Spectre x360 13 sudah saya rasakan sejak kali pertama melihatnya. Kesan tegas dengan bagian sudut-sudut yang agak runcing dan balutan warna dark ash silver dengan sentuhan aksen gold di sekeliling body-nya memantapkan tampilan elegan laptop premium ini.

Meski mengusung desain convertible 2-in-1, di mana layarnya dapat ditekuk hingga 360 derajat – konstruksi desain pada HP Spectre x360 13 ini terasa sangat solid, bahkan ketika dalam mode tablet. Bentang layar 13,3 inci, dimensi 30,88×21,79×1,45 cm, dan bobot 1,32 kg – ukuran yang ringkas menjadi salah satu daya tarik laptop ini.

Konsep convertible 2-in-1 ini membuat HP Spectre x360 13 menjadi laptop yang fleksibel dan serba guna. Setidaknya ada empat mode penggunaan seperti laptop, tablet, stand, dan tent. Setiap mode memiliki keunggulannya tersendiri, tergantung dari aktivitas yang sedang kita lakukan.

Untuk kelengkapan atribut dan konektivitasnya, pada sebelah kanan terdapat dua port USB-C Thunderbolt 3 (termasuk untuk keperluan charging), jack audio 3,5mm, tuas untuk menonaktifkan fungsi kamera (privacy camera kill switch), dan microSD card reader (bukan SD card).

Sementara, pada sebelah kiri terdapat tombol power dan sebuah port USB 3.1 full size. Kemudian tidak lupa, HP Spectre x360 13 juga sudah dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak pada panel depan sisi kanan.

Touchpad-nya sendiri sangat responsif dan telah mendukung kapabilitas Windows gesture. Misalnya, kita bisa menggunakan dua jari untuk fungsi scrolling, tiga jari menyapu ke bawah untuk menampilkan desktop, tiga jari ke atas untuk multitasking view, dan tiga jari ke samping kanan atau kiri untuk berpindah antar aplikasi, dan lainnya.

Laptop ini juga dilengkapi aksesori stylus yang disebut HP digital pen untuk menulis, menggambar, mencoret-coret catatan atau mentransformasikan ide di kepala secara natural, hingga sebagai alat yang powerful bagi desainer.

Layar HP Spectre x360 13

Sesuai namanya, laptop ini mengusung layar sentuh IPS berukuran 13,3 inci yang disebut micro-edge. Di mana bagian bezel sampingnya cukup tipis, tetapi bagian atas dan bawahnya masih agak tebal.

Resolusi dan lapisan layar yang menyelimutinya berbeda-beda, dari enam varian HP Spectre x360 13 yang tersedia ada tiga konfigurasi yang ditawarkan.

Pertama, resolusi Full HD (1920×1080 piksel) dengan finishing BrightView (glossy). Kedua, resolusi Full HD dengan fitur HP Sure View Integrated Privacy Screen (anti-glare). Ketiga, resolusi 4K (3840×2160 piksel) dengan finishing BrightView.

Unit HP Spectre x360 13 yang kami review memiliki konfigurasi yang kedua. Dengan menekan tombol F1, saya bisa langsung mengaktifkan mode private. Di mana sudut pandang layar berkurang drastis, sehingga sukar terlihat dari sisi kanan maupun kiri.

Island-style Keyboard

Jenis keyboard yang digunakan pada HP Spectre x360 13 ialah island-style keyboard atau disebut juga chiclet keyboard. Di mana jarak antar tuts-nya lebih lapang sehingga typo saat mengetik bisa berkurang.

Keyboard HP Spectre x360 13 ini juga sudah dilengkapi backlit. Selain untuk mempermudah aktivitas ketik mengetik pada kondisi temaram, backlit juga menambah nilai estetika.

Uniknya dengan menekan tombol F5, kita bisa mengatur level output backlit pada keyboard bahkan menonaktifkannnya. Satu lagi, keyboard ini memiliki sensasi tactile sehingga sangat nyaman ketika digunakan dalam aktivitas mengetik.

Performa HP Spectre x360 13

Soal dapur pacu, ada tiga konfigurasi berbeda dari total enam varian. Satu varian menggunakan Intel Core i5 processor dengan RAM 8GB (DDR4-2400 SDRAM) dan storage 256GB (PCIe NVMe M.2 SSD).

Kemudian, ada empat varian dengan konfigurasi Intel Core i7 processor dengan RAM 16GB dan storage 512GB SSD. Satu lagi, varian tertinggi membawa storage sebesar 1TB SSD.

Unit yang kami review menggunakan konfigurasi kedua yakni Intel Core i7-8565U processor generasi ke-8 Whiskey Lake yang menawarkan 4 core dan 8 thread. Dengan integrated graphics card Intel UHD Graphics 620, RAM 16GB single channel, dan storage 512GB SSD.

Kombinasi spesifikasi tersebut sudah kencang dan memadai menangani berbagai aktivitas ber-laptop kalangan profesional, baik itu pebisnis, pekerja modern, hingga content creator.

Berikut adalah hasil bencmark HP Spectre x360 13 dari sejumlah software:

Daya Tahan Baterai

Selain desain ringkas dan prosesor gegas, faktor pendukung utama bagi yang kerap bekerja secara mobile ialah daya tahan baterainya. HP menggunakan baterai 4-cell 61 Wh Li-ion yang diklaim mampu bertahan hingga 22 jam 30 menit, tentu saja hasilnya akan berbeda tergantung dari penggunaan laptop.

Saya telah menguji laptop ini berdasarkan berapa lama bisa menonton file video 1080p, laptop terhubung ke jaringan WiFi, dengan tingkat kecerahan layar dan volume suara 50 persen. Hasilnya, HP Spectre x360 13 bisa bertahan selama 12 jam. Artinya, tak perlu repot mencari colokan listrik saat bekerja di luar kantor.

Verdict

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi dan dituntut bekerja secara mobile, HP Spectre x360 13 adalah laptop yang nyaris sempurna untuk mendukung fleksibilitas Anda dalam bekerja kapan saja dan di mana saja.

Layar yang hanya 13 inci dan dimensinya yang ringkas, membuatnya mudah dibawa-bawa dan tidak makan banyak tempat baik saat digunakan maupun disimpan. Desain convertible 2-in-1 dengan multi mode penggunaan juga diharapkan dapat memfasilitasi kreativitas penggunanya sesuai keperluan.

Selain itu, laptop ini ditenagai prosesor yang kencang dan daya tahan baterai panjang yang mampu membuat Anda terhubung seharian. HP Spectre x360 13 juga dilengkapi sejumlah fitur yang mendukung kebutuhan generasi prosesional masa kini.

Sebagai laptop premium, HP Spectre x360 13 menyasar untuk memenuhi kebutuhan profesional. Harga yang diusungnya juga cukup tinggi, mulai dari Rp19.499.000 untuk varian dasar dengan Intel Core i5 processor hingga paling mahal Rp28.499.000 dengan storage 1TB SSD.

Tentunya tidak ada laptop yang sempurna, adanya laptop yang dirancang untuk kebutuhan tertentu. Kita sebagai konsumen juga perlu mengetahui persis kebutuhan kita dan membeli sesuai budget atau kemampuan.

Sparks

  • Desain convertible 2-in-1 yang serba guna
  • HP Sure View untuk melindungi privasi
  • Punya fingerprint sensor
  • Ada HP digital pen untuk mentransformasikan ide secara natural

Slacks

  • Minim port, hanya ada satu USB Type-A dan dua USB Type-C
  • Harga premium, relatif mahal

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter