[Review] OPPO A5s, Penyempurna A3s dengan Sensor Sidik Jari

[Review] OPPO A5s, Penyempurna A3s dengan Sensor Sidik Jari

Harganya tetap Rp1.999.000 tapi besaran RAM nya masih 2 GB
Review-OPPO-A5s-16
Review-OPPO-A5s-16

Nggak semua orang butuh smartphone flagship atau premium dengan spesifikasi mewah, OPPO sangat memahami segmentasi pasar tersebut. Sebab itu, OPPO punya A series; versi hemat dari F series yang menyasar segmen mid-low dan digarap dengan cukup baik.

Setelah meluncurkan OPPO A3s pada akhir tahun lalu, kini OPPO telah merilis A5s. Sebagai anggota seri A, perangkat ini tetap mewarisi kapasitas baterai besar dan sejumlah elemen kekinian. Sebut saja, desain notch waterdrop screen dan konfigurasi dual camera.

Unit OPPO A5s yang saya review merupakan varian RAM 2 GB dan memori internal 32 GB yang dibanderol Rp1.999.000. Berikut review OPPO A5s selengkapnya.

Perbedaan OPPO A5s dan A3s

Review-OPPO-A5s
OPPO A5s – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Saat pertama kali A3s dirilis, harganya juga Rp1.999.000. Sekarang harganya sudah turun menjadi Rp1.799.000, dengan selisih Rp200.000 ini apa perbedaan A5s dan A3s?

Keduanya sama-sama memiliki layar 6,2 inci resolusi HD+ dalam rasio 19:9 dan berlapis Corning Gorilla Glass 3. Kemampuan kameranya juga identik dan kapasitas baterainya sama-sama 4.230 mAh.

Review-OPPO-A5s
OPPO A3s – Photo by Lukman Azis / Dailysocial
Review-OPPO-A5s
OPPO A3s – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Bedanya A3s punya desain notch ala iPhone X, sementara A5s mempunyai notch waterdrop screen. Namun perbedaan besar kedua terdapat pada chipset yang digunakan, A3s dengan Snapdragon 450 dan A5s dengan Helio P35.

Selain itu meski semuanya dibekali RAM 2 GB, memori internal A5s lebih lapang yakni 32 GB (A3s hanya 16 GB). Satu lagi yang penting, A5s memiliki fingerprint sensor yang melekat di punggungnya.

Jadi, mending pilih A3s atau A5s? Baca dulu review OPPO A5s sampai habis.

Desain dengan Notch Waterdrop Screen

OPPO A5s memiliki bentang layar 6,2 dengan dimensi 155.9 x 75.4 x 8.2 mm dan bobot 170 gram. Panel IPS mengemas desain notch waterdrop screen, resolusinya HD+ (720×1520 piksel; 271 ppi) dalam rasio layar 19:9, dan diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Body-nya memiliki kerangka dari logam dan bagian belakangnya menggunakan material komposit berjenis tempered glass seperti kebanyakan smartphone OPPO lainnya. Uniknya adalah balutan warnanya, ada hitam dan merah.

Unit yang saya review berwarna merah yang terlihat sangat pekat mendekati merah hati atau Superhero Iron Man. Desainnya cukup stylish untuk ukuran smartphone Rp2 jutaan, warna merah ini tentunya mampu mendukung gaya hidup Anda yang ingin tampil fashionable. Sementara, warna hitamnya tampil ke arah yang lebih klasik dan terlihat netral.

Review-OPPO-A5s
Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Untuk kelengkapan atributnya, pada bagian belakang terdapat fingerprint sensor, serta setup kamera ganda dan LED flash dengan sentuhan warna emas pada tepiannya persis seperti yang terdapat pada OPPO F9.

Lanjut ke sisi kanan terdapat tombol power, sedangkan pada sisi kiri ada tombol volume dan SIM Tray yang berisi tiga slot, dua untuk kartu seluler nano SIM dan satu lagi microSD. Sisi atasnya polos, speaker, port microUSB, mikrofon, dan jack audio 3.5mm berkumpul di sisi bawah.

Android 8.1 Oreo dengan ColorOS 5.2

Review-OPPO-A5s
Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Tidak seperti F11 series yang sudah menjalankan Android 9 Pie dengan ColorOS 6 versi terbaru, A5s masih tertahan pada sistem operasi lebih lawas; yakni Android 8.1 Oreo dengan ColorOS versi 5.2.

Fitur seperti swipe-up gesture navigation tersedia untuk memaksimalkan pengalaman ber-smartphone layar penuh. Fitur Smart Assistant juga ada yang menyediakan informasi personal dan akses cepat ke sejumlah fungsi dan aplikasi.

Split-screen atau membuka dua aplikasi secara berdampingan juga bisa. Hanya saja, tampilan multitasking-nya sangat sederhana – bukan berbentuk kartu aplikasi melainkan hanya sebatas logo saja.

Selain bisa menggunakan sidik jari untuk membuka gembok smartphone dengan mudah, kita juga bisa membuka kunci dengan wajah (face unlock) yang bekerja cukup baik di kondisi cahaya cukup.

Dual Camera

Review-OPPO-A5s
Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Kamera utama yang bercokol di belakang A5s mempunyai resolusi 13 MP (AF) dengan aperture f/2.2, berdampingan dengan kamera 2 MP dengan aperture f/2.4 sebagai depth sensor. Sementara, untuk aktivitas selfie, video call, dan face unlock mengandalkan kamera 8 MP dengan aperture f/2.0.

Ada empat mode utama yang disematkan, yaitu portrait untuk foto dengan efek bokeh, photo dan video yang dilengkapi fungsi optical zoom 2x, dan pano. Jadi, tidak terdapat mode pro atau manual dan mode night untuk memotret di malam hari seperti yang ada pada F11 series.

Bagaimana dengan kemampuan perekam videonya? Baik kamera belakang maupun kamera depan bisa merekam video hingga 1080p. Jadi, setidaknya resolusi tersebut sudah cukup baik bila ingin membuat video atau nge-vlog dengan mengandalkan A5s.

Foto-foto berikut diambil menggunakan OPPO A5s:

Hardware & Performa

A5s ditenagai chipset Mediatek MT6765 Helio P35 yang dibuat pada proses fabrikasi 12nm, artinya cukup efisien dan hemat baterai. SoC ini mengemas konfigurasi octa-core, yang terdiri dari quad-core 2,3 GHz Cortex-A53 dan octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, serta GPU PowerVR GE8320.

Pada aplikasi benchmark AnTuTu, A5s memperoleh nilai 84.082 poin. Lalu, pada PCMark mendapatkan 5.335 poin, 3DMark Sling Shot 704 poin, serta Geekbench 4 single-core 922 poin dan multi-core 4.003 poin.

Untuk kebutuhan standar smartphone harian, A5s terbukti mampu melayani keinginan saya dengan cukup baik. Loading saat membuka dan berpindah antar aplikasi tergolong lancar.

Sayangnya, OPPO hanya menanamkan RAM sebesar 2 GB. Anda harus lebih selektif dalam menginstal aplikasi, biar kinerja A5s tidak ngos-ngosan. Lalu, bagaimana untuk gaming?

Ada fitur Game Space yang akan mengoptimalkan kinerja hardware. Saya mencoba game PUBG Mobile, mendukung graphic hingga kualitas ‘balance‘ dengan frame rate ‘medium’. Kinerjanya tersendat-sendat, solusinya pakai kualitas graphic ke ‘smooth‘ dan frame rate ‘low‘. Hasilnya A5s bisa main PUBG Mobile dengan minim lag, setidaknya gerakannya tidak patah-patah.

Bekal memori internal 32GB memang cukup lapang, bila manajemen file Anda baik bahkan tak perlu menyisipkan microSD. Bila masih kurang, slot microSD dedicated bisa ditambah hingga kapasitas 256 GB. Baterainya sendiri punya daya tampung 4230 mAh, tapi tanpa fast charging.

Verdict

Review-OPPO-A5s
Photo by Lukman Azis / Dailysocial

OPPO A5s hadir untuk menyempurnakan A3s, utamanya kehadiran fitur pembaca sidik jari yang membuat membuka gembok smartphone lebih instan. Berbekal memori internal 32 GB, Anda bisa bertahan tanpa perlu menyisipkan microSD.

Harga di bawah Rp2 juta, tepatnya Rp1.999.000 sejujurnya cukup menarik. Bagi orang tua, A5s bisa dijadikan kado manis untuk anak yang masih sekolah. Sebaliknya, sang anak yang sudah bekerja bisa membelikan A5s untuk orang tua mereka.

Hanya saja, perlu ditekankan bahwa besaran RAM 2 GB hanya sekadar cukup untuk kebutuhan dasar ber-smartphone. OPPO mungkin bakal menyediakan A5s dengan varian RAM 3 GB, namun harganya bakal melonjak dan mungkin menjadi kurang menarik.

Selain itu di rentang harga sekitar Rp2 juta tersebut, OPPO A5s tidak sendirian. Sekedar harus tau, ada Samsung Galaxy A20, Xiaomi Redmi Note 7, Realme 3, Asus Zenfone Max M2, dan lainnya.

Sparks

  • SIM tray dengan slot microSD dedicated
  • Memori internal 32 GB (Cukup lapang)
  • Punya sensor fingerprint

Slack

  • RAM 2 GB (Pas-pasan)
  • Masih terjebak di Android 8.1 Oreo (ColorOS 5.2)

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…