[Review] OPPO A9 2020: Quad Camera dengan Baterai, RAM, dan Internal yang Besar

[Review] OPPO A9 2020: Quad Camera dengan Baterai, RAM, dan Internal yang Besar

Naik kelas dari perangkat entry level menjadi mainstream
OPPO A9 2020 - Extra
OPPO A9 2020 - Extra

OPPO mungkin juga memiliki strategi untuk memenuhi pasar Indonesia dengan smartphone keluarannya. Bagaimana tidak, setelah mengeluarkan OPPO Reno, Reno 10x Zoom, A1K, A5S, dan K3, belum lama ini OPPO kembali mengeluarkan seri A9 2020 dan A5 2020. Dan saat ini, OPPO A9 2020 sudah datang ke meja pengujian tim Dailysocial.

OPPO A9 2020

OPPO A9 2020 memang cukup membuat banyak orang kaget. Pasalnya, selama ini semua orang sangat tertarik dengan seri A dari OPPO karena memiliki harga yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari seri F. Kali ini, sepertinya OPPO A9 2020 ditempatkan untuk mengisi kekosongan pada seri F.

OPPO A9 2020 diumumkan memiliki harga nyaris empat juta rupiah. Tentunya hal tersebut juga disertai dengan peningkatan spesifikasi yang cukup jauh dari seri A sebelumnya. OPPO sendiri juga memiliki tagar #OPPOANewLevel yang menandakan bahwa memang OPPO menaikkan kelas dari seri A yang satu ini.

Spesifikasi dari OPPO A9 2020 adalah sebagai berikut

SoCSnapdragon 665
CPU4×2.0 GHz Kryo 260 Gold + 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver
GPUAdreno 610
RAM8 GB
Internal128 GB UFS2.1
Layar6,5 inci 1600×720 IPS
Dimensi163.6 x 75.6 x 9.1 mm
Bobot195 gram
Baterai5000 mAh
OSAndroid Pie 9.0 – ColorOS 6

Hasil dari CPU-Z dan Sensor Box adalah sebagai berikut

Unboxing

Di dalam paket penjualan dari OPPO A9 2020 dapat ditemukan perlengkapan sebagai berikut

OPPO A9 2020 - Unboxing

Desain

Sama seperti perangkat OPPO lainnya, A9 2020 juga menggunakan bahan plastik polikarbonat untuk bagian belakangnya. Dengan finishing gelas, OPPO membuat bagian belakangnya memiliki gradasi dua warna. Unit yang kami dapatkan memiliki warna gradasi biru kehijauan dan hitam. Build-nya sendiri terasa kokoh saat saya genggam dan tidak terasa licin.

OPPO A9 2020 - Kiri

Layar bagian depan dari OPPO A9 2020 menggunakan model poni Waterdrop. Dengan menggunakan layar IPS, tentu saja smartphone ini tidak memiliki in-display fingerprint dan meletakkan pemindainya pada bagian belakang dari A9 2020. Seperti biasa, layarnya sudah terlindungi dengan lapisan tahan gores langsung dari pabriknya.

OPPO A9 2020 menggunakan resolusi 1600 x 720, yang mungkin cukup rendah untuk rentang harga yang dimilikinya. Bahkan saudaranya, OPPO K3, memiliki resolusi yang lebih baik. Kami pun tidak mendapatkan informasi mengenai bahan kaca yang digunakan pada A9 2020.

OPPO A9 2020 - Bawah

Selain sensor sidik jari seperti yang telah disebut sebelumnya, bagian belakang dari OPPO A9 2020 empat buah kamera. Keempatnya adalah kamera wide angle 119 derajat, kamera utama, kamera mono, dan portrait. Dan sama seperti desain smartphone sebelumnya, bagian kameranya cukup menonjol sehingga bisa tergores saat ditaruh di atas meja. Gunakan saja rubber back case yang diberikan secara cuma-cuma.

Pada sisi kirinya, ditemukan slot SIM yang berisikan dua nano SIM dan microSD serta tombol volume naik dan turun. Pada sisi kanannya hanya ditemukan tombol power. pada sisi bawahnya terdapat slot audio 3.5mm, microphone, USB-C, dan speaker. Sebuah catatan untuk tombol power, tombol ini juga memiliki fungsi sebagai tombol Google Assistant. Untuk mematikan perangkat, tekan tombol selama 3 detik.

OPPO A9 2020 - Kanan

Audio juga menjadi bagian yang sangat menyenangkan pada OPPO A9 2020. Dengan menggunakan Dolby Atmos, membuat suara yang keluar dari lubang 3.5 mm tersebut terasa bagus untuk didengarkan. Hal ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan saat ingin membeli sebuah smartphone yang sekaligus menjadi perangkat untuk mendengarkan musik dan menonton video.

OPPO A9 2020 menggunakan Android Pie 9.0 sebagai sistem operasinya. Sistem operasi ini dibalut dengan antarmuka yang dinamakan ColorOS dengan versi 6. ColorOS 6 sudah menghilangkan app drawer sehingga semua icon aplikasi akan muncul pada homescreen.

Jaringan

OPPO selalu mendukung kanal-kanal 4G LTE yang ada di Indonesia pada setiap smartphone mereka. OPPO K3 sendiri mendukung band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), dan 41(2500) yang digunakan oleh semua operator seluler di Indonesia.

Kamera

Seperti biasa, OPPO selalu membanggakan hasil tangkapan gambar dari kameranya. Pada OPPO A9 2020 ini, sensor yang digunakan pada kamera utamanya adalah Samsung ISOCELL GM1 dengan resolusi 48 MP. Sedangkan pada kamera ultrawide 119, OPPO mempercayakannya kepada Omnivision. Pada kamera swafotonya, sensor yang digunakan adalah Samsung ISOCELL S5K3P8.

OPPO A9 2020 - Kamera

Kamera utama yang digunakan memang cukup baik dalam mengambil gambar pada cahaya yang cukup. Pada kondisi malam, OPPO juga sudah memiliki mode malam yang dapat diandalkan dalam mengambil momen. Akan tetapi, noise yang muncul masih sedikit terlihat walaupun masih dapat diabaikan.

Kamera wideangle yang dimiliki juga cukup baik. Masih banyak perangkat yang memiliki kamera yang sama namun tidak memiliki tingkat ketajaman yang cukup. OPPO A9 2020 mampu mengambil gambar wideangle dengan cukup baik.

Untuk kamera swafoto juga dapat mengambil gambar dengan cukup baik. Saat kondisi cahaya yang kurang, ternyata tidak membuat ketajamannya menurun. Walaupun begitu, jika ingin mengambil gambar pada ruangan yang cukup gelap, nyalakan saja screen flash nya, maka hasilnya akan menjadi lebih baik.

Pengujian

OPPO A9 2020 menggunakan chipset mainstream yang saat ini sudah cukup banyak digunakan oleh produsen smartphone, yaitu Snapdragon 665. Snapdragon 665 sendiri menggunakan dua inti Snapdragon Kryo 260 yang berbasis Cortex A73 yang kencang dalam menjalankan sistem operasi Android.

Dengan menggunakan SoC tersebut, kinerja bermain game sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Game yang kami coba pada perangkat ini adalah PUBG Mobile, LifeAfter, dan CoD Mobile. Akan tetapi, dengan layar yang lebar, pengguna harus melakukan setting ulang letak tombol virtual bagi yang memiliki jari-jari besar. Untuk CoD Mobile sendiri, saya dapat bermain dengan sangat nyaman dengan seting Very High Graphics dan Very High Frame Rate.

Sebagai pembanding, saya hadirkan dua SoC yang berada di atasnya dan di bawahnya. Snapdragon 712 dan 660 saat ini sepertinya sudah banyak digunakan oleh para vendor smartphone, sehingga menjadi pembanding yang cukup pas.

Uji Baterai dengan BatteryXPRT

DailySocial melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi BatteryXPRT. Mengapa BatteryXPRT? Karena aplikasi yang satu ini dapat menguji baterai smartphone mirip dengan penggunaan sehari-hari. Kami tidak melakukan pengujian saat smartphone berada dalam kondisi menyala tanpa henti atau yang sering disebut dengan Screen On Time.

OPPO A9 2020 - Benchmark BatteryXPRT

BatteryXPRT sendiri mengatakan bahwa smartphone dengan baterai 5000 mAh ini dapat bertahan sampai dengan 32.2 jam lebih. Hal ini tentu membuat OPPO A9 2020 juga cocok untuk mereka yang ingin memiliki smartphone yang dapat bertahan lebih dari satu hari. Tentunya saat digunakan untuk memainkan game, bisa saja smartphone ini tidak bertahan sehari.

Verdict

Sebuah smartphone kembali diluncurkan oleh OPPO, yang memang ingin mendominasi pasar Indonesia dengan perangkatnya. Kali ini, OPPO sedang menaikkan seri A dengan menyematkan berbagai feature serta kinerja yang tinggi, sama seperti seri F sebelumnya. Yang pertama diangkat derajatnya oleh OPPO adalah A9 2020.

Dengan menggunakan SoC Snapdragon 665, membuat kinerja smartphone yang satu ini patut diperhitungkan. Apalagi, dengan menggunakan resolusi HD, membuat kinerjanya semakin lebih baik dari sisi grafis dibandingkan dengan resolusi Full HD. Game yang ada dapat dimainkan dengan sangat baik tanpa lag, bahkan pada seting tertinggi.

Kamera yang dimiliki oleh OPPO A9 2020 memang menakjubkan. Hal ini membuat OPPO A9 2020 dapat dijadikan teman saat melakukan travelling. Dengan kamera yang ada, dapat menghasilkan gambar yang tajam serta minim noise. Bahkan di kondisi kurang cahaya sekali pun.

Harga yang memang cukup membuat orang kaget. OPPO memasarkan A9 2020 dengan harga Rp. 3.999.000. Hal ini memang membuat konsumen akan cukup bingung memilih antara A9 2020 atau K3 yang memiliki harga di bawahnya. Walaupun begitu, keduanya bisa diandalkan dalam pemakaian sehari-hari mau pun gaming.

Sparks

  • Kamera bagus
  • Kinerja tinggi
  • Daya tahan baterai bagus
  • Tombol Google Assistant bersamaan dengan power, lebih ringkas
  • Layar lebar
  • USB-C
  • Dolby Atmos

Slacks

  • Harga tinggi
  • Resolusi masih HD

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…