Categories

Gadget

[Review] OPPO Enco Buds, TWS Terbaru OPPO yang Nyaman dan Bass Nendang

Enco Buds hadir dengan bass-nya cukup nendang serta overall suara yang menyenangkan, hadir diharga 600 ribu rupiah

Wiku Baskoro - 11 June 2021

Tren perilisan TWS baru memang tidak terbentung, apalagi kebutuhan untuk produk yang satu ini memang lagi berada di posisi yang cukup strategis, WFH yang membutuhkan alat bantu meeting dari sisi audio, hiburan streaming yang semakin populer serta tentu saja pertumbuhan gamers di perangkat mobile

Untuk kali ini, saya dapat kesempatan untuk melakukan uji penggunaan TWS terbaru OPPO yaitu OPPO Enco Buds. TWS yang dijual seharga kurang lebih 600 ribuan ini hadir melengkapi TWS lain yang sudah dimiliki OPPO. 

Tanpa berpanjang lebar mari kita mulai bahas produk OPPO Enco Buds.

Paket penjualan dan desain

Paket penjualan dari perangkat ini cukup ‘minimalis’ kotaknya berisi perangkat, ear tips tambahan 2 buah, kertas-kertas panduan. Sudah itu saja, tidak ada kabel charger yang menyertainya. Bisa jadi ini adalah pemangkasan yang dilakukan OPPO agar harga lebih terjangkau. Di sisi lain penggunaan kabel Usb Type C sudah semakin umum, rata-rata mereka yang memiliki ponsel cukup baru akan memiliki kabel tipe ini, jadi bisa menggunakan kabel Usb Type C bawaan smartphone. Tetapi jika Anda tidak memilikinya maka Anda harus membeli kabel tambahan.

Untuk desain TWS bagian utama sendiri, case Enco Buds mengambil desain lonjong, desain ini digunakan oleh beberapa brand dan menjadi salah satu desain yang cukup umum digunakan untuk TWS. Eksekusi OPPO juga cukup aman dan nyaman. Secara fungsi juga baik, tidak mudah terbuka secara tidak sengaja ketika membalikkan TWS dan menggoyang-goyangnya. 

Dari sisi earpiece-nya sendiri juga tampil sederhana dan fokus pada fungsi. Bentuk earpiece tidak terlalu besar dan berbentuk oval, lagi-lagi cukup minimalis dan saat digunakan tidak akan tampil terlalu menonjol di bagian telinga Anda. 

Penguncian di telinga dari TWS mengandalkan eartips jadi jika Anda membeli TWS ini dan menggunakannya, pastikan gunakan eartips yang pas dan cocok untuk telinga Anda agar menempel sempurna. Selain itu penguncian juga dipengaruhi desain dari TWS karena ada lekukan dari desainnya yang akan mengunci ke bagian tertentu telinga Anda, jadi pastikan juga Anda menempatkan TWS ini pas di celah telinga. 

Untuk merasakan suara yang maksimal pastikan juga Anda menempatkan TWS ini di telinga Anda secara pas, dan mungkin harus geser secara perlahan untuk disesuaikan, karena pengunciannya hanya pada desain lekukan dan desain eartips jadi terkadang letak TWS bergeser ketika digunakan meski tidak sampai lepas. 

Tips dari saya adalah setelah menempatkan eartips pada telinga Anda, putar-putar perlahan agar pas. Bisa juga sambil mendengarkan audio agar anda tahu letak yang pas untuk memaksimalkan hasil audionya.

Casing sendiri dilengkapi indikator baterai di bagian depan dan di bagian belakang ada colokan USB Type-C untuk mengisi daya. Ada logo OPPO di bagian atas dan di bagian bawah keterangan detail kode produksi dan sertifikasi. 

Secara desain luar kurang lebih itu saja yang bisa diceritakan. Untuk kesan dari penggunaan atau kesan yang didapatkan dari desai luar, bagi saya ini adalah desain yang cukup aman, nyaman dan fokus pada fungsi penggunaan itu sendiri. Yaitu sebagai perangkat audio, jadi  langsung saja mari kita bahas saja pengalaman audio dari OPPO Enco Buds.

Pengalaman audio

Membahas spesifikasi di atas kertas sedikit, Enco Buds ini menampilkan beberapa keunggulan utama yaitu koneksi terbuka otomatis, mode game latensi rendah, pengurangan noise panggilan cerdas serta daya tangan baterai sampai dengan 24 jam secara total (6 jam dalam satu kali pengisian, dan 24 jam dengan case).

Salah satu spesifikasi yang cukup menenangkan sebagai fasilitas dari TWS ini adalah chip bluetooth 5.2 yang dijelaskan OPPO menjaga koneksi tetap stabil. Selain itu Enco Buds juga menggunakan transmisi binaural agar penggunaan audio lebih stabil dan bisa menggunakan kedua sisi earpiece tanpa kendala. 

Kalau berbicara koneksi, kemudahan koneksi dengan perangkat memang bisa diandalkan. Saya mencoba TWS ini menggunakan Find X2 Pro dan sama sekali tidak menemukan kendala, baik pada pertama kali penggunaan atau ketika menggunakannya secara rutin. Jika sudah pernah terkoneksi dan bluetooth Anda menyala, ketika membuka casing Enco Buds, maka hampir secara langsung notifikasi koneksi akan muncul di ponsel Anda.

Untuk koneksi bluetooth-nya selama beberapa hari pemakaian rutin, terutama untuk melakukan meeting tiap pagi dan sore, saya tidak menemukan kendala sama sekali seperti drop koneksi atau yang lain. Bahkan ada satu skenario yang cukup menyenangkan. Batas jarak maksimal di atas kertas untuk TWS ini adalah 10 m. Kebetulan studio saya ada dilantai dua, saat menggunakan TWS ini dengan ponsel dan saya harus ke bawah maka saya tak perlu khawatir. Koneksi memang sempat hilang saat saya di bawah (cukup dimaklumi karena ada layer tembok yang akan menghalangi) namun ketika saya kembali ke atas, koneksi bisa kembali dengan sempurna dan saya bisa melanjutkan call tanpa kendala. 

Enco Buds juga telah dilengkapi dengan IP54 yang menjadikannya tahan debu dan air (tentu bukan dicelup tetapi cipratan saja), cocok digunakan untuk Anda yang suka olahraga sambil mendengarkan audio. 

Dalam menggunakan TWS, bagi saya, salah satu  fitur penting yang menentukan baik tidaknya pengalaman adalah kemudahan akses menu. Enco Buds memiliki hal tersebut.  Setidaknya ada 3 pilihan gesture utama yang bisa digunakan. Ketuk sekali untuk menjeda musik, ketuk dua kali untuk mengganti  lagu atau menjawab/mengakhiri panggilan telepon, ketuk tiga kali untuk mengaktifkan mode game serta sentuh dan tahan untuk menyesuaikan volume (kanan untuk menaikan volume, kiri untuk menurunkan).

Fitur berguna sekali, terutama bagi Anda pengguna TWS yang mungkin seperti saya, malas untuk selalu membuka ponsel untuk melakukan pengaturan atau mengakses menu, termasuk menu di aplikasi pemutar musik – misalnya. Dengan cukup beragamnya pilihan gesture, pengguna tidak perlu ragi ribe dan melakukan pengaturan pilihan, semua bisa diakses secara mudah. 

Pengalaman penggunaan audio

Sebelum membahas audio secara lebih mendalam, saya cantumkan dulu keterangan pengujian yang saya lakukan yaitu menggunakan Spotify Premium dengan setelah audio semua dimaksimalkan (kualitas audio very high), menggunakan ponsel Find X2 Pro serta pengaturan di TWS menggunakan mode ‘Smart’.

Pengalaman audio secara makro

Suara yang dihasilkan oleh TWS ini cukup aman dan nyaman. Aman di sini berarti Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas audio dengan cukup baik, seperti bass, detail, lalu kedap yang cukup membantu mengisolasi suara sekitar, meski TWS ini tidak dilengkapi oleh ANC untuk mendengarkan musik.

Lalu suara high yang tidak terlalu menusuk menjadikan TWS ini memang aman dan nyaman untuk digunakan dalam waktu lama. Untuk mendengarkan lagu-lagu yang menonjolkan vokal, TWS ini cukup menonjol karena kita bisa menikmati detail vokal yang cukup baik. 

Urusan bass TWS ini perlu diberi catatan khusus. Bass di TWS ini bisa cukup dipuji kehadirannya karena cukup menonjol dan memberikan nuansa yang menjadikan mendengarkan lagu lebih terasa lengkap. Cocok juga untuk menonton film atau menikmati trailer-trailer film terbaru di YouTube selain untuk mendengarkan musik.

Kekurangan yang saya temui selama menggunakan TWS ini adalah dari sisi separasi, karena tidak terlalu terasa.                          

Audio testing

Beberapa lagu yang saya gunakan untuk mengetes ada di playlist khusus yang biasanya saya rutin gunakan untuk melakukan uji pada perangkat audio. Secara lengkap berikut hasil uji yang dilakukan.

GIGI – Nirwana 

Detail cymbal, petikan gitar Dewa Budjana serta alunan bass terasa baik, meski separasi biasa-biasa saja malah cenderung tidak terlalu terasa. Namun secara overall mendengarkan lagu dengan tipe pop rock seperti ini dengan Enco Buds cukup menyenangkan.

Queen – Bicycle Race 

Suara vokal terdengar cukup detail dan keseluruhan musik juga terdengar aman, dengan bass yang terasa cukup dominan.

Float – Song of Season

Lagu ini selain menonjolkan suara vokalis yang khas juga menampilkan detail gitar. Suara perpindahan kunci (fret) cukup detail terasa, menjadikan kita bisa menikmati lagu dengan cukup penuh.

Yuna – Langit

Enco Buds memungkan saya untuk bisa mendengarkan detail khas suara Yuna dengan suara rhytm dan bass yang saling melengkapi. Beberapa instrumen tambahan di beberapa part seperti alunan keyboard juga bisa dirasakan dengan detail.

Queen – Bohemian Rhapsody

Lagi-lagi untuk vokal, saya bisa menikmati dengan baik suara Freddie Mercury di lagu ini, bahkan detail khas yang hadir dari suaranya pun cukup terasa. Petikan gitar Brian May terdengar nyaman karena memang untuk urusan suara high, TWS ini cukup nyaman dan tidak membuat sakit telinga. Bass kembali menonjol jadi kita bisa menikmati permainan bass di lagu ini dengan cukup kentara.

L’Arc-en-Ciel – Mirai

Lagu ini memang tidak secepat beberapa lagu Laruku yang lain tapi bisa memberikan gambaran untuk lagu dengan petikan bass yang cepat, detail guitar yang bermain, vokal yang menonjol, drum yang melengkapi serta beberapa tambahan efek sound lain yang menjadikan lagu cukup terasa grande. Semua unsur bisa dinikmati dengan nyaman di TWS ini, termasuk bagian paling saya suka dari semua lagu Laruku yaitu alunan bass-nya yang terus berlari sepanjang lagu.

Ariana Grande  – Stuck with You

Salah satu alasan saya mencoba TWS dengan lagu ini adalah, selain ingin menguji bagian vokal serta bagian bass-nya, karena lagu ini bisa masuk genre pop RnB. Saya bisa menikmat suara Ariana yang khas dengan dentuman bass yang juga menonjol tapi tetap nyaman dan memberikan elemen suara lain di lagu untuk ikut andil menjadikan lagu sebagai bagian utuh. 

Pure Saturday –  Kosong

Saya memilih lagu ini untuk menguji TWS karena beberapa alasan, yang pertama karena di lagu ini ada dua gitar yang bermain dengan ‘jalur’ masing-masing, bass oleh mang Ade yang cukup menonjol, sentuhan drum yang manis serta tentunya ingin mendengarkan kualitas suara vokal Suar. Meski lagi-lagi harus merasakan separasi yang biasa saja, namun saya cukup menikmati menggunakan TWS ini karena bisa cukup detail mendengarkan berbagai part yang saya sebutkan tadi dengan jelas dan baik. Permainan dua gitar yang saling melengkapi, bass yang berlari dan vokal yang galau tapi tegas. 

Testing game

Seperti janji yang diberikan OPPO, Enco Buds memberikan pengalaman bermain game dengan TWS yang menyenangkan. Suara bass yang menggelegar akan seru untuk memainkan game perang, mode ketuk 3 kali memudahkan untuk mengakses mode game untuk pengaturan audio (tidak perlu lagi membuka pengaturan di ponsel) serta dan tanpa masalah berarti untuk konektivitas.

Testing pengalaman meeting

Untuk pengalaman menggunakan Enco Buds selama meeting, saya secara overall tidak menemukan kendala, bahkan saya bisa mendengar dengan baik suara tim, meski tanpa ANC, TWS ini cukup bisa mengurangi suara lingkungan sekitar meski tidak total hasil dari  desain eartips. Untuk suara saya sendiri, saya juga tidak mendapatkan keluhan dari tim atau lawan bicara saya baik dari kualitas suara atau detail lain. 

Enco Buds sendiri dijelaskan OPPO memiliki fitur Call Noise Cancellation cerdas untuk memberikan pengalaman call yang lebih baik karena suara pengguna akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan suara selama panggilan. Sayangnya selama pengujian saya WFH jadi tidak bisa melakukan test di tempat publik yang cukup banyak suara. 


Kesimpulan

OPPO Enco Buds menurut pengalaman pengujian saya adalah perangkat TWS yang nyaman untuk digunakan, dengan penekanan pada bass yang cukup menonjol. Memang desain ini tidak neko-neko dan cenderung ambil jalur aman, tetapi dari sisi fungsi bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan serta nyaman untuk digunakan terutama untuk waktu lama (meski tentu saja Anda harus memiliki jeda untuk menggunakan earphone, jangan digunakan sepanjang hari).

Akes menu sentuh juga cukup beragam serta fitur lain seperti IP54 adalah tambahan fitur yang melengkapi. Dari sisi harga memang cukup ada diposisi menengah, tidak murah (dikisaran harga 300rb) tetapi tidak mahal juga (kisaran harga di atas 1 juta). Untuk kualitas suara yang dihasilkan (bukan dari sisi desain), TWS ini cukup menarik untuk jadi pilihan. Di toko resmi e-commerce, produk ini dijual dengan harga normal 599 ribu rupiah.

Sparks

  • Bass cukup nendang
  • Overall experience nyaman di telinga
  • Harga cukup terjangkau untuk kualitas yang dihadirkan
  • Sudah IP54
  • Kontrol sentuh cukup banyak

Slacks

  • Separasi audio kurang
  • Unit penjualan tanpa kabel charger
  • Desain terlalu biasa (aman)

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id