[Review] OPPO F11 Jewelry White, Penutup F Series yang Manis

[Review] OPPO F11 Jewelry White, Penutup F Series yang Manis

Berakhir sudah smartphone F series, OPPO F11 series yang terakhir dan digantikan oleh Reno series
Review-OPPO-F11-17
Review-OPPO-F11-17

Saya menyukai smartphone F11 series dari OPPO. Baik F11 versi standar yang masih pakai notch, maupun F11 Pro yang tampil futuristik dengan mekanisme kamera depannya yang inovatif.

Setelah sekian lama tertunda, harus antri karena lagi banyak banget perangkat yang harus di-review dan akhirnya datang juga giliran untuk mengeksekusi OPPO F11.

Sebelumnya saya sempat pegang yang warna flourite purple, tapi sudah ditarik. Sebagai gantinya dikasih warna yang terbaru; jewelry white. So, masih tergolong lumayan fresh. Berikut review OPPO F11 selengkapnya.

Putih Mempesona

Review-OPPO-F11-3
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Bila OPPO F11 warna flourite purple dan marble green tampil mencolok, jewelry white terlihat lebih kalem, simple tapi berkelas. Punggungnya memiliki warna bergradasi, dari putih susu pada bagian atas ke ungu muda pada bagian bawah.

Hanya saja bagian kerangkanya tidak dicat senada dengan warna punggungnya melainkan berwarna silver. Bezel samping layar juga berwarna berlawanan, yaitu hitam dan kesannya tidak menyatu.

Review-OPPO-F11-4
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Dari sisi layar, OPPO F11 juga mengusung panel IPS berukuran 6,53 inci yang sama seperti yang ada pada versi Pro-nya. Di-support resolusi 1080×2340 piksel dalam rasio 19.5:9.

Bedanya F11 masih mengadopsi waterdrop screen, di mana tampilan layarnya masih terhalangi oleh notch yang menampung kamera depan 16MP. Earpiece melekat di atasnya, sementara ambient light sensor dan proximity sensor tersembunyi di bawah permukaan layar.

Review-OPPO-F11-5
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Beralih ke bagian belakang, ditemui setup dual-camera yang ditempatkan di tengah bagian atas dengan posisi agak menonjol. Sebuah LED flash berada tepat di bawahnya, diantara fingerprint sensor.

Tombol power berada sendirian di sisi kanan dan di sisi kiri ada tombol volume dan SIM tray berbentuk hybrid SIM. Pada sisi atas hanya ada mikrofon kedua, sementara mikrofon utama, bersama jack audio 3.5mm, port microUSB, dan speaker ada di sisi bawah.

Desain memang soal personal, pada seri sebelumnya yakni F9 series saya masih kurang sreg melihatnya. Tapi pada F11 series, terlepas dari adanya notch atau rising camera – pada dasarnya desain smartphone F11 series memang sudah bagus.

Flourite purple, marble green, atau jewelry white, semua pilihan warna OPPO F11 tampil menarik. Tapi, kalau harus memilih saya akan pilih warna putih atau hijaunya. Alasannya, karena warna gradasi ungu ke biru atau sebaliknya sudah terlalu mainstream alias pasaran.

Android 9.0 Pie; ColorOS 6

User experience yang diberikan oleh ColorOS 6 versi terbaru ini semakin cerdas. Sebab sudah tertanam machine learning dan dilengkapi fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan yang akan mempelajari kebiasaan pengguna untuk memberikan pengalaman lebih baik.

Seperti Hyper Boost yang akan meningkatkan performa saat dibutuhkan, meliputi System Boost, APP Boost, dan Game Boost. Di mana sistem akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan untuk sistem operasi, aplikasi, dan game.

Review-OPPO-F11-12
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Bagi yang hobi bermain game, OPPO F11 sudah didukung fitur Game Space dan Game Assistant. Game Space akan mengumpulkan semua game yang Anda install pada satu tempat dan menampilkan estimasi daya tahan baterai dan kekuatan sinyal. Tapi yang lebih penting lagi, Anda bisa mengubah mode smartphone ke high performance, memblokir notifikasi, dan mengunci tingkat kecerahan.

Sementara Game Assistant dapat diakses saat kita bermain game, caranya dengan mengusap pinggiran layar maka akan muncul beberapa fitur seperti no notification, reject call, play AFK, screenshot, screen recording, dan messages.

Dari sisi visual, antarmuka ColorOS 6 hadir dengan background berwarna putih dengan ikon aplikasi berbentuk bulat berwarna cerah. Kesannya itu bersih, rapi, dan terlihat menyenangkan. Buat yang ingin lebih personal, terdapat Theme Store untuk menggantikan tampilan default smartphone.

Seperti biasa, pada sisi kiri homescreen terdapat Smart Assistant. Berisi widget, shortcut, dan informasi yang bisa disesuaikan. Bagi pecinta app drawer, ColorOS 6 ini juga sudah menyediakan drawer mode. Soal keamanan, metode fingerprint sensor ataupun face unlock bekerja dengan lancar.

Hardware dan Performa

Review-OPPO-F11-13
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Sama seperti OPPO F11, F11 Pro bergerak dengan chipset Mediatek Helio P70. SoC ini memiliki performa CPU dan GPU yang cukup powerful, dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang turut ditingkatkan.

Dengan CPU octa-core, yang terdiri dari quad-core 2.1 GHz Cortex-A73 dan quad-core 2.0 GHz Cortex-A53, dan GPU Mali-G72 MP3. Disokong besaran RAM 4GB dan memori internal 128GB.

Walaupun besaran RAM-nya 4GB, selisih RAM 2GB (F11 Pro punya RAM 6GB) tidak mempengaruhi performa secara signifikan. Mungkin baru akan terasa setelah cukup lama menggunakannya dan telah menginstal banyak aplikasi. Berikut hasil benchmark dari sejumlah aplikasi:

  • AnTuTu 148.095
  • PCWork 7.971
  • 3DMark Sling Shot 1.702
  • 3DMark Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1 1.286
  • 3DMark Sling Shot Extreme – Vulkan 1.262
  • Geekbench single-core 1.563
  • Geekbench multi-core 5.991

Kamera Utama 48 MP

Kemampuan fotografi OPPO F11 juga tidak bakal berbeda jauh dengan F11 Pro. Sebab keduanya memiliki konfigurasi dual camera dan fitur kamera yang identik.

Kamera utamanya mengandalkan sensor gambar Sony IMX586 yang berukuran 1/2 inci beresolusi 48 MP dengan piksel 0.8 μm dan aperture f/1.8. Kamera sekundernya 5 MP dengan aperture f/2.4 sebagai depth sensor. Sementara, kamera depannya 16 MP dengan aperture f/2.0.

Mode photo OPPO F11 didukung oleh AI Scene Recognition, yang dapat mengenali 23 scene dan 864 skenario. Ibaratnya mode auto yang lebih advance, Anda cuma harus fokus pada komposisi foto dan tak perlu ambil pusing memikirkan pengaturan.

Pada mode photo kamera belakang ini juga didukung sebuah LED flash, HDR, Dazzle Color, mode Beautification (dari level 0-100), optical zoom sebanyak 2x, dan sejumlah efek filter.

Karena mengimplementasi pola filter warna ‘Quad Bayer‘, di mana setiap 2×2 piksel digabungkan dan bekerja sebagai satu piksel. Resolusi foto yang dihasilkan pun menjadi hanya 12 MP, tapi dengan piksel besar 1,6 μm yang lebih dapat diandalkan di kondisi cahaya rendah.

Review-OPPO-F11-33

Anda dapat memilih memotret dengan resolusi 48 MP dan piksel 0.8 μm dengan mengubah aspek rasio dan resolusi 48 MP ini juga dapat digunakan pada mode expert. Sayangnya meski kita mendapatkan foto beresolusi tinggi, namun kita kehilangan dukungan AI Image Processing dan hampir kehilangan semua fitur yang ada.

Beralih ke antarmuka kameranya, ada lima mode yang tersedia yaitu photo, portrait, video, night, pano, expert, time-lapse, slo-mo, dan Google Lens. Sebagai informasi, fitur AI Scene Recognition tidak bekerja di kamera depan, sedangkan fitur Beautification hanya bekerja di mode photo dan portrait (tidak bekerja di video).

Soal perekam videonya, kamera depan dan belakang OPPO F11 dapat merekam video pada resolusi 1080p. Menariknya fitur zoom 2x juga tersedia, sangat membantu untuk mengambil close up maupun makro. Satu lagi, tersedia efek filter yang bisa digunakan untuk menekankan tema cerita video kita.

Berikut hasil foto dari OPPO F11:

Verdict

Review-OPPO-F11-16
OPPO F11 Jewelry White – Photo by Lukman Azis / Dailysocial

Selain rising camera, OPPO F11 tidak mengalami distorsi maupun mengalami penguatan dibanding versi Pro-nya. Tercatat hanya besaran RAM yang dikurangi menjadi 4GB, tetapi kapasitas penyimpanannya ditambah menjadi 128GB (walaupun ada juga versi yang 64GB).

Adapun soal harga, OPPO F11 varian RAM 4GB dengan penyimpanan 128GB dibanderol Rp3.699.000. Saat ini, tersedia juga varian RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB yang dijual Rp3.299.000. Sementara, OPPO F11 Pro RAM 6GB dan penyimpanan 64GB harganya Rp4.699.000.

Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan ialah umur dari smartphone F series itu sendiri. Seperti yang kalian ketahui, OPPO telah merilis Reno series dan me-replaceF series dan R series. OPPO F11 dan F11 Pro mungkin merupakan smartphone F series yang terakhir.

Sparks

  • Warna jewelry white tampil mempesona
  • Harga sangat terjangkau, terutama versi penyimpanan 64GB
  • Kamera sama bagusnya dengan OPPO F11 Pro

Slacks

  • Sebagai smartphone F series terakhir, umurnya mungkin pendek
  • Masih pakai port microUSB, belum type-C

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…