Categories

Gadget

[Review] OPPO Reno5 F, Fokus Pengoptimalan dengan Banyak Peningkatan Kecil

Banyak sekali peningkatan kecil di sana sini guna menyempurnakan Reno5 F

Lukman Azis - 12 April 2021

Reno5 F adalah smartphone Reno5 series ketiga yang dirilis oleh OPPO Indonesia di tahun 2021. Bermula dari Reno5 pada tanggal 12 Januari, kemudian disusul oleh Reno5 5G pada 22 Januari, dan 24 Maret giliran Reno5 F.

Menurut saya, Reno5 yang dibanderol Rp4.999.00 adalah smartphone kelas menengah rasa premium yang sangat direkomendasikan. Spesifikasi oke dan kaya fitur cerdas berbasis AI.

Dibanding saudaranya tersebut, Reno5 F memiliki posisi yang berbeda. Tetap ditujukan untuk anak muda, tetapi pada rentang usia lebih muda 18-25 tahun, mahasiswa atau mereka yang baru mulai bekerja.

Hadir dengan harga lebih terjangkau yakni Rp4.299.000, tentunya OPPO melakukan sejumlah penyesuaian spesifikasi dan memangkas beberapa fitur. Jadi, mending pilih Reno5 atau Reno5 F? Berikut review lengkapnya.

Desain

Mulai dari gaya penampilan, desain Reno5 F tampak berbeda dari Reno5 maupun pendahulunya (Reno4 F). Terutama pada area belakang, empat unit kameranya tersusun dua-dua, tetapi bingkainya lebih panjang mencakup keterangan AI dan 48MP Camera.

OPPO menjelaskan bahwa Reno5 F mengadopsi Flowing Light Design guna menambah kedalaman warna, pilihannya Fluid Black dan Fantastic Purple. Uniknya OPPO menghadirkan tekstur matte dalam penampang material glossy, berkat penggunaan panel komposit yang punya transparansi tinggi sebanding dengan kaca tetapi lebih tahan terhadap pecah dan retak.

Untuk warna Fluid Black menampilkan gradasi halus dari warna hitam gelap ke hitam yang lebih terang. Sementara pada Fantastic Purple, OPPO untuk pertama kalinya menggunakan proses Liquid Crystal Coating dan menampilkan gradasi warna ungu ke hijau.

Review OPPO Reno5 F 2

Bodi ramping menjadi sorotan Reno5 F, tebalnya di angka 7,8mm dengan berat 172 gram, serta membawa perbaikan dan teknologi multi-cooling system. Penutup baterainya memiliki desain 3D yang melengkung dengan tebal 0,55 mm yang memberikan kesan tipis.

Sementara itu, bagian layar dilengkapi pelat grafit setipis 0,1mm yang membantu membuang panas. OPPO juga melakukan optimasi ukuran motherboard dan memperkuat komponen struktural di dalam Reno5 F. Lebih lanjut, paduan aluminium yang digunakan memiliki konduktivitas termal tinggi sehingga meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30%.

Untuk kelengkapan di tubuhnya, tombol power berada di sebelah kanan dan di sebrangnya ada tombol volume, serta SIM tray yang berisi tiga slot.  Lalu, di sisi atas ada mikrofon sekunder, sementara jack audio 3,5mm, mikrofon utama, port USB Type-C, speaker di sisi bawah.

Layar

PSX_20210408_113606

Reno5 F mengemas panel AMOLED 6,43 inci beresolusi FHD+ dalam aspek rasio 20:9 dan punya single punch-hole di pojok kiri atas untuk menyisipkan kamera depan 32MP. Screen-to-body ratio-nya mencapai 90,8%, namun dukungan refresh rate-nya sebatas 60Hz bukan 90Hz seperti pada Reno5.

Dari segi kualitas, layar Reno5 F bukan hanya memanjakan tetapi juga nyaman. Hal ini karena OPPO melengkapinya dengan All-day AI Eye Comfort dengan kombinasi fitur Sunlight Screen dan Moonlight Screen. Serta, memiliki 4.096 tingkat kecerahan guna mengurangi efek kelelahan mata saat menggunakan smartphone dalam durasi waktu lama.

Sunlight Screen akan meningkatkan visibilitas layar yang memudahkan pengguna melihat konten dengan jelas di siang hari bahkan saat di bawah terik matahari. Sementara pada malam hari, Moonlight Screen akan secara otomatis meredupkan layar dengan mengatur kecerahan terendah pada 2 nit, dengan tingkat kecerahan dan temperatur warna yang lebih rendah, membuat layar terasa lebih lembut di mata.

Selain itu, fitur AI Backlight akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari pola dan kebiasaan pengguna dalam menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi pencahayaan yang berbeda. Tak lupa, Reno5 F juga dilengkapi fitur In-Display Fingerprint 3.0 untuk membuka kunci layar dengan cepat dan praktis.

Sistem operasi yang berjalan pada Reno5 F adalah ColorOS 11 berbasis Android 11 yang menawarkan berbagai fitur pada sisi produktifitas dan gaming. Sebut saja, Nearby Sharing yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen secara cepat dengan pengguna OPPO lain. Menangkap tampilan layar dan langsung menerjemahkan kontennya dengan Three-finger Translate dan Google Lens.

Private Safe memungkinkan pengguna dapat mengakses HeyTap Cloud untuk mengambil data pribadi mereka dari perangkat yang hilang. App Lock untuk kontrol penuh atas aplikasi yang dapat atau tidak dapat diakses oleh pengguna lain. Juga Screencast Privacy Shield yang akan membatasi notifikasi pemberitahuan dan pesan, serta dapat memfilter pesan yang tidak boleh ditampilkan pada layar.

Kamera

PSX_20210408_113128

Pada bagian belakang tersemat AI quad camera 48MP, dengan sensor kamera utama 1/2.0 inci beresolusi 48MP 0.8µm dan aperture f/1.7. Ditemani kamera sekunder 8MP f/2.2 dengan lensa ultrawide 16mm yang menyuguhkan bidang pandang 119 derajat. Sisanya masing-masing sebatas 2MP f/2.4 untuk macro dan mono.

Lewat metode pixel binning yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel, output optimal kamera utama Reno5 F ialah 12MP dengan piksel 1.6µm yang ideal untuk berbagai skenario pencahayaan. Bila ingin mengaktifkan resolusi penuh 48MP 0.8µm, cukup usap bagian kiri pada aplikasi kamera. Di sana juga terdapat pengaturan aspek rasio foto dan timer. Juga terdapat fitur Ultra Clear 108MP Image alias Extra HD bila butuh resolusi lebih tinggi.

Selain itu, kamera utamanya menyodorkan kemampuan optical zoom 2x dan digital zoom 5x yang berguna untuk menangkap detail dan variasi bidikan. Pengambilan gambar pada kamera utama dan ultrawide didukung AI Scene Enhancement 2.0 yang dapat mengenali 20 jenis pemandangan, lalu meningkatkan warna dan saturasi sesuai kondisi pemotretan.

Reno5 F dapat merekam video hingga 4K pada 30fps dan 1080p 60fps, serta mewarisi fitur video yang menjadi ciri khas seri Reno, namun tidak semuanya. Tercatat ada AI Color Portrait yang membuat warna pada latar belakang menjadi hitam dan putih, dan menjaga warna orang di dalam foto atau video tetap tampil dengan warna sesungguhnya. AI Monochrome Video yang mempertahankan warna-warna tertentu saja dalam frame video yaki merah, biru, dan hijau.

Juga ada Dynamic Bokeh menambahkan efek bokeh yang merentangkan cahaya menjadi garis-garis yang bergerak dinamis. Serta, Dual-View Video yang memungkinkan merekam video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, lengkap dengan beberapa opsi framing. Sayangnya, fitur video baru andalan Reno5 seperti AI Highlight Video dan AI Mixed Potrait absen.

Hardware

PSX_20210408_113554

Untuk performa, Reno5 F masih memakai jenis chipset yang sama seperti pendahulunya yakni MediaTek Helio P95. Namun OPPO telah mengoptimalkannya dengan sejumlah teknologi baru seperti System Performance Optimizer yang menawarkan pengoptimalan. Sebut saja, Idle Time Optimizer yang dapat mengenali smartphone saat tidak digunakan atau diisi daya, lalu secara otomatis akan mengoptimalkan sumber daya untuk membersihkan sampah, mendefragmentasi penyimpanan, membersihkan memori, dan lainnya.

Saat penyimpanan hampir habis, fitur Storage Optimizer akan memberi tahu pengguna untuk menghapus atau memindahkan data-data ke cloud untuk menyediakan ruang kosong. Sementara, fitur UI First 3.0 memastikan bahwa aplikasi yang paling sering digunakan akan diprioritaskan.

MediaTek Helio P95 sendiri dibangun pada proses fabrikasi 12nm dan mengemas CPU octa-core dengan yang terdiri dari dua inti Cortex-A75 bertenaga 2.2 GHz dan enam inti Cortex-A55 efisien 2.0 GHz. Olah grafisnya mengandalkan GPU PowerVR GM9446, serta ditopang RAM 8GB, dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas lewat kartu microSD.

Reno5 F hadir dengan Cooling System yang disesuaikan untuk secara optimal bisa menghilangkan panas akibat penggunaan game secara intensif. Juga sudah dilengkapi serangkaian mode permainan, seperti Game Focus Mode yang memblokir semua notifikasi termasuk panggilan, gesture, dan petunjuk volume di layar.

Gaming Shortcut Mode mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai permainan. Game Floating Window yang tidak mengganggu gameplay dan tidak menyebabkan keluar dari permainan. Sementara bagi yang tidak ingin memblokir notifikasi sepenuhnya, fitur Bullet Screen Message memungkinkan pesan dari aplikasi yang didukung seperti WhatsApp, Telegram, LINE, Messenger, dan SMS akan bergulir pada layar, sehingga tidak perlu untuk membuka pop-up pesan yang akan mengganggu permainan.

Selain itu, Reno5 F membawa baterai 4310mAh dan dilengkapi teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0, lengkap dengan Smart Power Saving yang menawarkan beberapa mode hemat daya. Pengisian daya 5 menit akan memungkinkan pengguna untuk menonton YouTube selama 2,9 jam dan pengisian penuh menawarkan 16 jam pemutaran video online.

Verdict

PSX_20210408_113241

Sudah menjadi strategi OPPO merilis produk secara berkelanjutan sepanjang tahun dan hanya butuh setengah tahun penerus Reno4 F hadir. Dari segi spesifikasi, Reno5 F jelas tidak membawa pembaruan besar, melainkan berfokus pada banyak peningkatan kecil di sana sini yang akhirnya berhasil membuat perbedaan.

Meski OPPO bilang posisi dan target pasar Reno5 F berbeda dari saudaranya, namun sebagai versi ekonomis dari Reno5 dengan selisih hanya Rp700.000, jujur saya lebih merekomendasikan Reno5. Sebaliknya, Reno5 F bisa menjadi pijakan bagi yang baru melompat dari perangkat OPPO A series.

Sparks

  • Peningkatan desain dengan teknologi multi-cooling system
  • Layar dengan All-day AI Eye Comfort
  • 30W VOOC Flash Charge 4.0

Slacks

  • Tanpa fitur video baru seperti AI Highlight Video dan AI Mixed
  • Selisih harga tipis Rp700.000 dari Reno5

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter