Categories

Gadget

[Review] OPPO Reno5 Marvel Edition, Penuh dengan Elemen Avengers

Reno5 Marvel Edition dijual terbatas dan menawarkan nilai eksklusif yang tinggi.

Lukman Azis - 27 March 2021

Saat ini film superhero Marvel Cinematic Universe (MCU) adaptasi karakter superhero dari Marvel Comics yang diproduksi oleh Marvel Studios telah mencapai fase keempat. Untuk serial TV-nya sudah dimulai dari WandaVision yang mulai tayang pada Januari 2021 dan Falcon and Winter Soldier pada Maret 2021 yang bisa disaksikan di layanan streaming Disney+ Hotstar.

Sementara, untuk film layar lebar akan dimulai dari Black Widow yang rencananya akan tayang pada bulan Mei 2021 mendatang di bioskop. Kabar gembira bagi para penggemar superhero Marvel, karena OPPO telah menghadirkan smartphoneReno5 Marvel Edition.

Perangkat limited edition ini merupakan hasil kolaborasi ketiga antara OPPO dan Marvel, hadir dengan desain unik yang terinspirasi dari karakter Avengers. Seberapa menarik edisi spesial dari Reno5? Berikut review OPPO Reno5 Marvel Edition selengkapnya.

Desain dan Aksesori Spesial

Mari mulai dari paket penjualannya, kotak edisi spesial Marvel ini berwarna hitam dengan logo dan tulisan Avengers yang tercetak di bagian depan. Kelengkapan aksesori di dalamnya juga istimewa karena bertemakan Avengers.

Mulai dari case yang berwarna merah dengan enam karakter Avengers original dan tulisan Marvel besar berwarna silver yang mencolok untuk melindungi perangkat dari goresan dan benturan ringan. Lalu, pelepas kartu SIM-nya juga unik dengan logo Avengers dan berukuran cukup besar.

Desain earphone-nya juga tidak kalah keren, kabelnya merah dengan logo Iron Man di sebelah kanan dan Captain America di sebelah kiri. Selain itu, pengisi dayanya berwarna hitam bertuliskan Avengers merah dan terakhir kabel data USB Type-C berwarna merah.

Tentu saja, hal teristimewa pada Reno5 Marvel Edition ialah desain bagian punggungnya. OPPO menggabungkan berbagai elemen dari superhero Avengers, dimulai dari logo Avengers besar tepat di tengah yang dilengkapi elemen perisai Captain America.

Sementara, rancangan X diambil dari logo Black Widow. Lalu, ada struktur heksagon dari seragam anggota Avengers dan aksen garis dari palu Mjolnir milik Thor. Menariknya, pola pada penampang belakang ini memiliki finishing yang berbeda-beda.

Menurut saya, penampilan Reno5 Marvel Edition tampak keren dan futuristik. Skema warnanya juga unik, didominasi hitam kuantum dengan kombinasi merah Avengers klasik dan silver yang memantulkan cahaya bila dilihat pada sudut tertentu.

Dari segi ukuran, dimensinya identik dengan Reno5 Fantasy Silver. Ramping dan ringan dengan ketebalan hanya 7,8mm dan bobot 171 gram, sangat mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Tombol power di sisi kanan berwarna merah dengan aksen hijau di tengah, tombol volume atas dan bawah di sisi kiri juga berwarna merah dan di atasnya ada SIM tray dengan tiga slot. Di sisi atas ada mikrofon sekunder, sedangkan jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB Type-C, dan speaker di sisi bawah.

ColorOS 11.1 dengan Tema Avengers

Review-OPPO-Reno5-Marvel-Edition-11

Reno5 Marvel Edition sudah berjalan di atas ColorOS terbaru versi 11.1 berbasis Android 11 yang membawa banyak fitur baru dan penyempurnaan fitur yang sudah ada. Sistem operasi juga tidak lepas dari kustomisasi OPPO, di mana setelah menekan tombol power dan keterangan OPPO powered by Android, kita akan disambut logo Avengers.

Sistem antarmukanya juga spesial menggunakan tema khusus yang penuh dengan unsur Marvel, lockscreen dan wallpaper di homescreen merepresentasikan seragam Avengers Quantum. Sebagai informasi, seragam tersebut digunakan oleh para anggota Avengers yang tersisa untuk perjalanan melintasi waktu di film Avengers: Endgame, kembali ke masa lalu untuk mengumpulkan Infinity Stone dan memperbaiki kehancuran yang dibuat oleh Thanos.

Selain Avengers Quantum, OPPO turut menyediakan wallpaper ekstra di lockscreen yang terdiri dari enam anggota original Avengers. Untuk menggantinya, cukup klik ikon switch di pojok kiri bawah, pilihannya meliputi Iron Man, Captain America, Hulk, Black Widow, Thor, dan Hawkeye.

Detail Marvel juga terdapat pada ikon-ikon aplikasi yang dirancang dengan berbagai pilihan superhero Avengers. Contohnya ikon kamera yang dibuat berdasarkan Arc Reactor Iron Man, ikon pesan dari perisai, telepon dari logo Nick Furry, browser dari kostum Vision, kontak dari wajah Iron Man, dan banyak lagi.

OPPO menyediakan dua tema bawaan, selain tema Marvel juga terdapat tema default yang bisa dipilih bila ingin mengubah tampilan antarmuka seperti Reno5 edisi standar. Selain yang disebutkan di atas, baik fitur dan spesifikasi perangkat edisi Marvel ini tidak berubah termasuk layar, kamera, dan chipset.

Layar, Kamera, dan Chipset

Review-OPPO-Reno5-Marvel-Edition-16

Reno5 Marvel Edition mengusung layar Super AMOLED 6,4 inci FHD+ (2400×1080 piksel) dalam rasio 20:9 dan memiliki rasio layar ke bodi 91,7% dengan punch hole di pojok kiri atas untuk kamera depan 44MP f/2.4. Dibanding Reno4, panelnya sudah dibekali dengan refresh rate tinggi 90Hz dan lebih responsif dengan touch sampling rate 180Hz.

Selain memberi keuntungan saat bermain game favorit, semakin tinggi refresh rate juga membuat animasi atau transisi pada antarmuka dan gerakan konten di atas layar terlihat lebih halus. Dengan kata lain, memanjakan mata dan manfaatnya juga terasa saat menikmati konten video dengan frame rate tinggi. Layarnya juga sudah dilengkapi sertifikasi SGS Eye Care Display dan permukaannya diproteksi Gorilla Glass 5.

Sebagai smartphone Reno, kemampuan foto dan video menjadi daya tarik lain dari Reno5 Marvel Edition. Bagian belakang mengemas AI Quad Camera, dengan kamera utama 64MP f/1.7. Lewat metode pixel binning 4-in-1, Reno5 dapat menghasilkan foto optimal 16MP dengan piksel besar 1.6µm yang ideal untuk berbagai skenario, tetapi tetap tersedia opsi resolusi penuh 64MP 0.8µm. Berikut beberapa hasil fotonya:

Ditemani kamera sekunder 8MP f/2.2 dengan lensa ultrawide 119 derajat, 2MP f/2.4 untuk macro, dan 2MP f/2.4 sebagai depth sensor. Guna mengoptimalkan hardware kameranya, OPPO menyematkan rangkaian fitur berbasis AI, termasuk fitur Image-Clear Engine yang dirancang untuk pemotretan subjek bergerak.

Untuk keperluan videografi, kamera Reno5 sanggup merekam video hingga 4K pada 30fps dan Full HD dengan frame rate tinggi 60fps. Terdapat tiga fitur video baru yang Reno5 tawarkan, mulai dari AI Highlight Video yang bisa bekerja dalam dua skenario.

Pada saat cahaya redup, Reno5 akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video untuk menerangkan bagian-bagian yang gelap sekaligus menjaga tingkat detailnya. Sedangkan saat subjek membelakangi sorotan cahaya yang kuat (backlight), maka giliran algoritma HDR Live yang diterapkan untuk menjaga tone warna tetap alami.

Kemudian ada AI Mixed Portrait untuk menggabungkan dua video dalam satu bingkai yang sama alias double exposure. Serta, fitur Dual-View Video yang memungkinkan merekam video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, lengkap dengan beberapa opsi framing yang kreatif.

Reno5 juga dibekali aplikasi edit video bawaan Soloop dengan fitur auto-generate dan menawarkan berbagai template video yang dapat diakses langsung dari kamera. Serta, fitur kamera andalan Reno generasi sebelumnya, seperti AI Color Portrait, AI Monochrome Video, Night Flare Portrait, Ultra-Clear 108MP Image, dan lainnya.

Lanjut bahas performa, Reno5 Marvel Edition masih tetap mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G seperti sebelumnya. Ditopang RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB yang bisa diperluas lewat kartu microSD.

Kapasitas baterai 4.310 mAh Reno5 didukung fitur pengisian daya baterai cepat 50W Flash Charge. Dengan menggunakan adaptor SuperVOOC yang terdapat di dalam kotak penjualan, Reno5 hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk mengisi hingga 80% dan 48 menit untuk mengisinya sampai 100%. Reno5 juga kompatibel dengan maupun charger lain yang memanfaatkan protokol Qualcomm Quick Charge 2.0 atau USB Power Delivery hingga 15W.

Verdict

Review-OPPO-Reno5-Marvel-Edition-13

OPPO Reno5 Marvel Edition benar-benar tampil istimewa, jelas sangat menarik bagi para kolektor dan penggemar setia superhero Marvel. Sebagai perangkat limited edition, maka penjualannya juga terbatas dan menawarkan nilai eksklusif yang tinggi.

Bila tertarik menambahkannya sebagai koleksi, maka Anda harus buru-buru mengambilnya. Sebab, penjualan Reno5 Marvel Edition hanya berlangsung dari tanggal 15 sampai 31 Maret 2021 di OPPO Official Store di Tokopedia.

Perlu dicatat, untuk mendapatkannya Anda memerlukan kode unik yang telah disebar oleh OPPO Indonesia. Jangan kaget melihat harganya, karena OPPO sengaja menampilkan harga yang lebih tinggi pada halaman pembelian. Setelah memasukan perangkat dalam keranjang dan meneruskan melakukan pembayaran, Anda akan diminta untuk memasukan kode undangan dan harga akan berubah menjadi Rp5.699.000.

Namun untuk menjawab rasa penasaran konsumen terutama penggemar Marvel, OPPO membuka gerai sementara Reno5 Marvel Edition di Plaza Indonesia yang berlangsung mulai 26 hingga 30 Maret mendatang. Pengunjung dapat membeli secara langsung perangkat ini, namun tetap menggunakan kode undangan yang dapat diperoleh dengan cara mengikuti kegiatan yang diselengarakan di OPPO Gallery.

 

Sparks

  • Desain unik dengan elemen Marvel
  • Aksesori bertema Avengers
  • Terbatas, nilai eksklusif tinggi
  • Sistem antarmuka tema bertema Avengers

Slacks

  • Harga lebih mahal Rp700.000

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id