[Review] Printer Canon Pixma TR4570S: Nirkabel untuk Perkantoran dan Rumah

[Review] Printer Canon Pixma TR4570S: Nirkabel untuk Perkantoran dan Rumah

Bisa untuk kantor, UMKM, dan pengguna rumahan
Canon PIXMA TR4570s - Ekstra
Canon PIXMA TR4570s - Ekstra

Pada awal tahun 2019, Canon membawa dua printer all-in-one mereka ke Indonesia. Kedua printer tersebut adalah Canon PIXMA TS8270 dan TR4570s. Kedua perangkat ini memang utamanya ditujukan untuk konsumen kantoran. Akan tetapi, pengguna rumahan pun juga kerap membutuhkan fungsi dari pencetakan, pemindaian, faksimili, serta penyalinan dokumen.

Canon PIXMA TR4570s

Salah satu perangkat dari Canon, yaitu PIXMA TR4570s, datang ke laboratorium pengujian DailySocial. PIXMA TR4570s dilengkapi fitur Auto Duplex Printing yang membantu pengguna untuk menghemat pemakaian kertas dengan memanfaatkan kepraktisan cetak dokumen dua sisi (depan belakang), tanpa perlu membalik kertas secara manual. Hal ini tentu sangat diperlukan untuk mereka yang memiliki bisnis UMKM.

Canon TR4570s memiliki spesifikasi sebagai berikut:

FungsiPrint, Scan, Copy, Fax
Ukuran CetakA4, A5, B5, Letter, Legal, 4R, 5R
Ukuran Pindai208mm (A4), 214mm (LTR)
Resolusi Cetak4800 x 1200 dpi
Resolusi Pindai1200 x 600 dpi
Resolusi Fax300 x 300 (Hitam), 200 x 200 (warna)
Dimensi435 x 295 x 189 mm
Bobot5,9 kg

Untuk paket penjualan dari printer ini adalah sebagai berikut:

Canon PIXMA TR4570s - Paket Penjualan

Desain

Canon PIXMA TR4570 merupakan sebuah perangkat nirkabel. Hal tersebut membuat PIXMA TR4570 memiliki konektivitas Wi-Fi untuk melakukan pencetakan. Walaupun begitu, Canon masih menyediakan slot USB printer pada perangkat yang satu ini.

Canon PIXMA TR4570s - Ports

Badan dari printer yang satu ini terbuat dari plastik polikarbonat, yang saat diketuk akan terasa kosong pada bagian dalamnya. Hal ini tidak buruk, mengingat hampir semua printer yang beredar juga memiliki bahan yang sama. Walaupun begitu, hendaknya printer ini dijauhkan dari anak-anak karena tray kertas kemungkinan bisa rusak jika terbentur.

Canon PIXMA TR4570s - Ekstra

Pada sisi atas, terdapat sebuah tray kertas untuk melakukan pemindaian dan penyalinan kertas. Dengan tray tersebut, penyalinan beberapa kertas tidak lagi harus membuka tutup pemindai. Tentunya hal ini menjadi lebih cepat. Pada bagian kirinya terdapat beberapa tombol numerik dan setting.

Pada sisi belakangnya terdapat tiga buah port. Port pertama adalah untuk menancapkan kabel USB Printer jika menginginkan koneksi melalui kabel. Dua port di bawahnya adalah untuk koneksi kabel telepon yang dibutuhkan untuk fungsi faks. Yang satu lagi untuk menyambungkan ke perangkat telepon lainnya.

Canon PIXMA TR4570s - Dial

Pada sisi depannya terdapat sebuah tray kertas untuk pencetakan yang dapat dibuka dan ditutup agar lebih ringkas. Perlu diingat bahwa kertas yang ditaruh akan ditarik dan dicetak pada bagian belakangnya, bukan bagian depannya. Jadi, taruhlah bagian kertas yang kosong dengan posisi menghadap ke bawah.

Pengujian

Dalam menguji sebuah printer memang membutuhkan banyak kertas. Apalagi, untuk menguji seberapa baik perangkat pencetak dalam menghasilkan gambar dengan kualitas foto terbaik, membutuhkan kertas foto dengan kualitas tinggi. Untungnya, Datascrip selaku distro yang meminjamkan barangnya kepada kami, memberikan beberapa lembar kertas foto.

Dengan memakai resolusi penuh 4800×1200, tentu saja sebuah gambar akan terlihat lebih mulus. Dalam mencetak sebuah foto, Canon TR4570s dapat mencetak dalam waktu lima menit. Berikut adalah hasil perhitungan waktu pengujiannya.

Canon PIXMA TR4570s - Benchmark

Satu hal yang kami temuka pada saat pengujian adalah borosnya tinta pada saat melakukan cleaning cartridge. Pada saat hasil pencetakan dengan menggunakan cartridge lama, ada warna yang tidak tercetak. Tentunya, hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan print head-nya.

Canon PIXMA TR4570s - Cartridge

Saat ingin membersihkan, kami melihat tintanya masih ada sekitar 3/4. Dengan melakukan dua sampai tiga kali pembersihan, ternyata tintanya tinggal 1/4. Entah apakah ada kesalahan pada aplikasi bawaan Canon atau memang pembersihan tersebut memakan banyak tinta. Tentunya, hal ini menjadi sebuah peringatan untuk para pengguna TR4570s agar bijak saat membersihkan cartridge.

Kecepatan cetak dan pindai pun juga tidak terlalu terasa antara menggunakan kabel dan WiFi. Pencetakan dari smartphone juga dapat langsung dilakukan melalui print service yang sudah ada. Walaupun begitu, untuk memindai tentu membutuhkan aplikasi bawaan Canon.

Kesimpulan

Sebuah printer tentu saja sangat dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari. Apalagi, saat ini sudah marak pertumbuhan UMKM di Indonesia. Pengguna di rumah juga membutuhkan alat pencetak, yang biasanya merupakan foto keluarga. Oleh karena itu, Canon menawarkan PIXMA TR4570s.

Printer yang satu ini masih menggunakan dua buah cartridge untuk mencetak. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada jumlah pencetakan berbanding dengan kualitas yang diberikan. Sayangnya, pembersihan cartridge juga bakal membuat tintanya tersedot habis. Oleh karena itu, bijaklah dalam membersihkan cartridge.

Hasil cetak dari printer ini juga sangat baik. Dalam mencetak sebuah foto, hasilnya sudah mirip dengan sumbernya. Kondisi ini memubgkinkan hasil cetak digunakan untuk menghiasi ruang di rumah, seperti untuk foto keluarga. Pengguna pun juga tidak perlu lagi datang ke tempat pencetakan untuk mendapatkan foto yang baik.

Harga resmi dari printer ini ada pada tingkat Rp. 1.324.000. Tentu saja, harga ini cukup terjangkau bagi pengguna UMKM dan kantor. Apalagi fungsinya yang tidak hanya untuk mencetak dari komputer saja, membuat harga tersebut tidak terlihat mahal.

Sparks:

  • Hasil cetak bagus
  • Kecepatan cetak tidak lambat
  • Banyak fungsi: cetak, pindai, salin, dan faks
  • Lubang kabel telepon extension
  • Tray bagian atas mempermudah scan/copy beberapa kertas.
  • Dapat dengan mudah dioperasikan dengan berbagai perangkat secara nirkabel

Slacks

  • Boros tinta saat dibersihkan
  • Tray depan terasa ringkih dan tebal

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…