19 September 2019

by Dimas Galih W.

[Review] Realme 5 Pro: Empat Kamera dengan Kinerja Tinggi

Kamera makro mungkin bakal menjadi tren baru

Setelah mengeluarkan tiga smartphone dengan nama Realme 3, 3 Pro, dan X, produsen asal Tiongkok ini ternyata belum berhenti. Realme saat ini ingin cepat-cepat meramaikan pasar perangkat komunikasi pintar dengan smartphone terbarunya yang memiliki sebuah kamera makro. Perangkat tersebut adalah Realme 5 Pro.

Realme 5 Pro datang dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Realme X. Realme 5 Pro juga tidak menggunakan kamera mekanik untuk mengambil gambar swafoto. Layar depannya menggunakan desain waterdrop sehingga kamera bagian depannya dapat disematkan ke dalam poni tersebut.

Spesifikasi dari Realme 5 Pro berbandingkan Realme X adalah sebagai berikut

Realme 5 ProRealme X
SoCSnapdragon 712Snapdragon 710
CPU2×2.3 GHz Kryo 360 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver2×2.2 GHz Kryo 360 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver
GPU

Adreno 616

RAM

8 GB

Internal

128 GB

LayarIPS 6,3 inch 2340x1080Amoled 6,53 inch 2340x1080
Dimensi157 x 74.2 x 8.9 mm161.2 x 76 x 9.4 mm
Bobot184 gram191 gram
Baterai4035 mAh3765 mAh
Kamera utama/depan12MP atau 48 MP, 8 MP UltraWide, 2 MP Macro, 2 MP Bokeh / 16 MP12 MP atau 48 MP, 5 MP Bokeh / 16 MP Pop Up
OS

Android 9 Pie dengan ColorOS 6

SoC yang digunakan memiliki sedikit peningkatan pada bagian prosesor berkinerja tinggi, yaitu 100 MHz. Selain itu, Realme 5 Pro memiliki baterai yang lebih besar dibandingkan dengan Realme X. Keduanya juga masih menggunakan Android 9 Pie dengan ColorOS 6.

Hasil dari CPU-Z nya adalah sebagai berikut

Hasil Sensor Box nya adalah sebagai berikut

Unboxing

Inilah isi dari paket penjualan Realme 5 Pro

Desain

Desain yang dimiliki oleh Realme 5 Pro kurang lebih sama dengan Realme 3 Pro. Pada bagian belakangnya masih terbuat dari bahan plastik polikarbonat yang finishing-nya sangat ramah terhadap sidik jari. Realme 5 Pro menggunakan desain seperti pecahan kaca pada bagian belakangnya. Warna dari perangkat yang kami dapatkan adalah hijau daun atau Crystal Green.

Resolusi yang dimiliki oleh Realme 5 Pro sama dengan Realme 3 Pro, yaitu 2340×1080 yang memiliki rasio 19,5:9. Perbedaannya adalah penggunaan pelindung layarnya. Layar dari Realme 5 Pro sudah terlindungi dengan Gorilla Glass 3+. Corning sendiri meningkatkan kekuatan GG 3+ saat terjatuh, lebih kuat dari GG3, yang menempatkannya di antara GG3 dengan GG5.

Realme 5 Pro kembali mengusung desain berponi dengan model Waterdrop. Hal ini tentu saja hanya menggunakan sebagian kecil dari bagian atas layar sehingga membuat informasi pada notification bar lebih luas. Dan pada poni tersebut tentu saja disematkan kamera dengan resolusi 16 MP untuk mengambil swafoto.

Pada bagian belakang Realme 5 Pro dapat ditemukan empat buah kamera lengkap dengan LED Flash. Bagian ini cukup menonjol sehingga cukup merisaukan saat smartphone ditaruh di atas meja dan tergeser, membuat kaca lensa dapat baret, walau menggunakan kaca Sapphire. Oleh karenanya, gunakan saja back case transparan bawaannya sehingga dapat membuat bagian kameranya tidak menonjol.

Pada bagian kanannya dapat ditemukan tombol power untuk menyalakan dan mematikan perangkat. Pada bagian kirinya dapat ditemukan slot SIM dan tombol volume. Di bagian bawahnya dapat ditemukan port Audio 3.5mm, USB-C, speaker, dan microphone.

 

Sistem operasi yang digunakan pada Realme 5 Pro sama dengan yang digunakan pada Realme 3 Pro. Dengan basis Android 9 Pie, Realme 5 Pro menggunakan ColorOS versi 6. Dan berbeda dengan yang digunakan pada OPPO, ColorOS 6 yang digunakan pada Realme 5 Pro menghadirkan app drawer.

Jaringan LTE

Realme selalu mendukung kanal-kanal 4G LTE yang ada di Indonesia pada setiap smartphone mereka. Realme 5 Pro sendiri mendukung band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900),  34(2000), 38(2600), 40(2300), dan 41(2500) yang digunakan oleh semua operator seluler di Indonesia. Realme 5 Pro  menggunakan LTE Cat 6 yang mendukung 2 Carrier Aggregation dengan kecepatan download sampai dengan 300 Mbps.

Kamera

Realme 5 Pro memiliki sensor yang sama pada kamera utama dan depannya dengan Realme X. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX 586 yang memiliki fasilitas pixel binning hingga 48 MP. Kamera depannya juga memiliki teknologi yang sama dengan menggunakan sensor Sony IMX 471.

Untuk hasil kamera utamanya, Anda dapat lihat pada link yang satu ini (Jajal Kamera Realme 5 Pro). Beberapa foto bisa menjadi bahan acuan untuk memperlihatkan bagaimana kinerja kamera utamanya. Yang pasti, hasilnya kurang lebih sama dengan Realme X.

Yang cukup membikin penasaran adalah kamera dengan lensa makro. Sayangnya, kamera ini hanya menggunakan resolusi 2 MP saja. Hasilnya memang cukup baik, namun tidak terlalu tajam. Berikut adalah contohnya

Lalu bagaimana dengan hasil kamera selfie-nya? Hasilnya memang cukup baik. Hanya saja, saya tidak terlalu suka menggunakan fitur Beautify sehingga lebih memilih dimatikan. Berikut adalah hasilnya

Pengujian

Realme 5 Pro menggunakan chipset high end yang saat ini baru digunakan pada saudara , yaitu Snapdragon 712. Snapdragon 712 sendiri menggunakan dua inti Snapdragon Kryo 360 yang berbasis Cortex A75 yang kencang dalam menjalankan sistem operasi Android.

Dengan menggunakan SoC tersebut, kinerja bermain game sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Game yang kami coba pada perangkat ini adalah PUBG Mobile, LifeAfter, dan AoV. Akan tetapi, dengan layar yang lebar, pengguna harus melakukan setting ulang letak tombol virtual. Saya sering kali gagal menembak lawan pada game PUBG Mobile karena tombol tembak tidak tertekan karena letaknya berbeda dari biasanya.

Dengan menggunakan Snapdragon 712, kami menghadirkan kembali Realme X yang menggunakan Snapdragon 710 serta sebuah smartphone yang menggunakan Snapdragon 845. Tentu saja hal ini untuk membandingkan seberapa baik kinerja Realme 5 Pro.

Uji Baterai dengan MP4

Pengujian kami kali ini menggunakan video MP4 yang dimainkan secara berulang-ulang. Videonya sendiri menggunakan resolusi 1920×1080 dengan codec H.264 dan berdurasi 120 menit. Kami tidak menggunakan BatteryXPRT karena algoritma penghemat baterai yang sangat ketat pada ColorOS 6 versi RealMe 5 Pro ini.

Pengujian berlangsung selama 14 jam 25 menit pada unit yang kami dapatkan. Setelah baterai habis dan perangkat mati, kami langsung menguji VOOC dengan charger bawaan Realme 5 Pro, karena tidak mendapatkan charger aslinya. Hasilnya, kami dapat mengisi sampai penuh dalam waktu 1 jam 37 menit dengan kondisi perangkat dinyalakan.

Verdict

Realme lagi-lagi menawarkan sebuah perangkat yang sangat menarik dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan harga Rp. 3.699.000, smartphone ini mampu bersaing dengan perangkat yang memiliki harga di atasnya. Hal ini yang terus ditawarkan Realme pada setiap perangkatnya, termasuk Realme 5 Pro.

Kinerja menjadi salah satu andalan Realme pada 5 Pro. Smartphone ini mampu memainkan beberapa game, termasuk PUBG Mobile, dengan setting tinggi tanpa lag. Hal tersebut juga didukung dengan baterai yang besar sehingga waktu bermain game akan lebih lama.

Kamera juga menjadi poin penjualan dari Realme 5 Pro. Untuk kamera utamanya, hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk perangkat seharga tiga jutaan, hasil kameranya bisa diandalkan. Kamera dengan lensa makro juga membuat perangkat ini berbeda. Sayangnya, resolusi 2 MP yang ada rasanya kurang bisa menangkap detail obyek yang diambil.

Perangkat ini memang bisa menjadi pilihan utama saat Anda ingin memiliki smartphone dengan kinerja tinggi. Akan tetapi, bagi pemilik Realme 3 Pro dan Realme X, Anda tidak perlu pindah ke Realme 5 Pro karena memiliki perbedaan yang tidak terlalu banyak.

Sparks

  • Kinerja tinggi
  • Hasil kamera utama dan selfie bagus
  • Daya tahan baterai bagus
  • Responsif
  • Fingerprint cepat
  • Desain belakang cukup cantik

Slacks

  • Hasil kamera makro kurang baik
  • Bagian belakang ramah terhadap minyak sidik jari
  • Bloatware cukup banyak