Categories

Gadget

[Review] Realme C15: Baterai 6000 mAh, Empat Kamera, dan Helio G35

Realme C15 menghadirkan baterai 6000 mAh yang memiliki daya tahan lebih lama

Dimas Galih W. - 17 August 2020

Chipset Meditek Helio G35 mungkin merupakan salah satu chipset yang saat ini disukai oleh realme. Hal tersebut dibuktikan dengan mengeluarkan tiga lini yang menggunakan cip tersebut, yaitu realme C11, realme C15, dan realme C12 yang baru saja diluncurkan. Tentu saja, dengan menggunakan cip Mediatek Helio G35, membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

Saat ini, realme C15 sudah datang ke meja pengujian tim DailySocial. Saat melihatnya, saya langsung berpikir ini adalah versi lengkap dengan empat kamera dan sensor sidik jari dari realme C11. Ternyata, tidak hanya itu saja! Realme C15 ternyata memiliki tingkat responsivitas yang lebih baik dari C11. Hal tersebut terasa semenjak pertama kali saya menggunakannya.

Realme C15 - The Phone

Tidak seperti C11 yang saya dapatkan, perangkat ini langsung terdeteksi dengan menggunakan Helio G35, bukan P35. Walaupun kedua cip sangat mirip, yang membedakan hanyalah HyperEngine yang digunakan untuk bermain game. Hal ini membuat C15 dapat digunakan untuk bermain game, walaupun harus memakai setting yang rendah agar tidak lag.

Spesifikasi dari realme C15 yang saya dapatkan adalah sebagai berikut

Realme C15
SoCMediatek Helio G35
CPU4xCortex A53 2.3 GHz + 4xCortex A53 1,8 GHz
RAM4 GB
Internal64 GB
Layar6.5 inci 1600×720 IPS
Dimensi164.5 x 75.9 x 9.8 mm
Bobot209 gram
Baterai6000 mAh

Hasil dari CPU-Z, AIDA 64, serta SensorBox adalah sebagai berikut

Unboxing

Tidak banyak yang ditemukan didalam paket penjualannya. Perlengkapan yang dapat ditemukan adalah sebagai berikut

Realme C15 - Unboxing

Desain

Desain yang ditawarkan oleh realme C15 memang tidak terlihat premium seperti C11. Akan tetapi jika menggunakan sebuah back case, keduanya akan terlihat mirip. Namun bukan berarti bahwa desainnya jelek, justru memberikan nuansa yang berbeda. Desain ini dinamakan Geometric Gradient.

Realme C15 - Belakang

Kualitas dari badan realme memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Walaupun menggunakan plastik polikarbonat, body-nya kokoh saat digenggam. Bagian belakangnya pun juga tidak terasa licin saat dipegang. Dan yang lebih nyaman adalah bagian belakangnya tidak akan kotor akibat bekas sidik jari.

Realme C15 - Sisi Bawah

Pada bagian depannya, realme C15 menggunakan layar poni dengan model mini drop yang mirip dengan C11. Layarnya yang memiliki resolusi 1600×720 ini sudah terpasangkan lapisan anti gores. Bedanya, realme C15 sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3 sehingga lebih tahan terhadap goresan. Saat lapisan anti goresnya sudah banyak garis, lepas dan ganti saja dengan tempered glass.

Realme C15 - Sisi Kanan

Tombol power dan volume dari realme C15 terletak pada bagian kanannya. Pada sisi kiri hanya terdapat sebuah slot nano dual SIM dan slot microSD. Untuk port audio 3.5 mm, slot microUSB, speaker, dan microphone terletak pada sisi bawahnya. Pada bagian belakangnya terdapat empat buah kamera beserta lampu LED flash dan sensor sidik jari.

Realme C15 - Sisi Kiri

Realme C15 menggunakan antarmuka realme UI versi 1.0 yang saat ini digunakan di semua lini terbarunya. Realme UI sendiri dibuat dengan basis sistem operasi Android 10. Oleh karena antarmukanya yang tidak terlalu berbeda dengan UI asli dari Android, tentu saja membuat para entry level untuk mengenali cara bernavigasinya.

Jaringan

Realme C15 merupakan sebuah perangkat smartphone yang mendukung jaringan hingga 4G LTE. Perangkat ini sendiri mendukung kanal yang sama dengan C11, yaitu 1 (2100), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 38 (2600), 40 (2300), dan 41 (2500). Modem yang digunakan mendukung LTE Cat 7 dan sudah mendukung fitur Carrier Aggregation.

Untuk jaringan WiFi-nya, realme C15 juga tidak mendukung kanal 5 GHz. Akan tetapi, penangkapan sinyal 2,4 GHz-nya cukup bagus, sama seperti C11. Sayang memang, mengingat saat ini 5 GHz sudah mulai banyak digunakan di Indonesia sementara C15 belum mendukungnya.

Kamera

Realme C15 memiliki konfigurasi empat kamera pada bagian belakangnya. Keempatnya terdiri dari kamera utama dengan resolusi 13 MP, kamera wide angle dengan resolusi 8 MP, kamera retro 2 MP, dan kamera B&W 2 MP. Kedua kamera terakhir ini akan menambahkan efek foto dengan warna lama dan hitam putih pada kamera utamanya.

Terus terang, saya merasa kamera yang ada pada realme C15 cukup baik untuk sebuah perangkat entry level. Jangan dibandingkan dengan C11, karena C15 masih terlihat lebih baik hasil kameranya. Hasil gambarnya bisa diandalkan pada saat siang hari. Namun, jangan terlalu berharap dengan mode malamnya.

Kamera wide angle pada realme C15 juga dapat diandalkan. Biasanya pada kelasnya, kamera wide akan menghasilkan gambar yang buram. Namun, realme berhasil membuatnya lebih baik.

Kamera selfie pada smartphone ini juga menghasilkan gambar yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan gambarnya yang cukup kontras dan tajam. Contoh gambarnya dapat Anda lihat berikut ini

Untuk hasil zoom bisa dilihat di bawah ini

Pengujian

Setelah merasakan realme C11, saya sempat berpikir bahwa C15 akan sama saja. Namun setelah mencobanya beberapa hari, saya merasa bahwa C15 lebih responsif dari C11. Bahkan pada beberapa kasus, kinerjanya lebih baik dari C11. Padahal keduanya menggunakan SoC yang sama, yaitu Mediatek Helio G35.

Mediatek Helio G35 sendiri menggunakan 8 inti prosesor Cortex A53. Jika Anda melihat pada beberapa situs yang mengatakan bahwa smartphone ini menggunakan Cortex A75, kemungkinan ada kesalahan penulisan. Penggunaan Cortex A53 tersebut terbagi ke dalam dua cluster, yang pertama memiliki kecepatan 2,3 GHz dan yang kedua 1,8 GHz.

Dalam pengujian kali ini, saya kembali membawa C11 dan juga C3 yang memiliki harga yang mirip walaupun sudah discontinue. Saya juga kembali membawa SoC Spreadtrum yang dijual pada rentang harga yang sama. Berikut adalah hasilnya

Yang cukup mengejutkan adalah pengujian GeekBench 5 pada C11 dan C15, di mana C15 mampu menyelesaikan pengujian sampai selesai. C11 dan Spreadtrum kelihatannya tidak mendukung beberapa aplikasi benchmark seperti GeekBench 5 dan AITutu. C15 pun mampu menyelesaikan semua pengujian dari Antutu, seperti TerraCotta yang tidak mampu dijalankan oleh C11 dan C3.

Menggunakan perangkat yang satu ini untuk bekerja juga lumayan nyaman. Walaupun menggunakan beberapa aplikasi sekaligus akan membuat realme C15 sedikit lag, akan tetapi hal itu tidak terlalu parah. Saya mencoba mengakses Trello, Slack, serta GMail secara bersamaan dan tidak menemukan sebuah masalah yang berarti.

Untuk bermain game, saya sangat menyarankan kalau bisa melakukan set pada setting terendah. Hal tersebut dikarenakan game yang ada saat ini membutuhkan kekuatan grafis yang lebih tinggi. Dengan begitu, game yang dimainkan akan bisa lancar.

Pengujian Baterai

Terus terang, menguji baterai pada perangkat ini sangat menyiksa saya. Dengan baterai 5000 mAh saja, sebuah perangkat dengan layar HD bisa memakan waktu lebih dari 20 jam. Realme C15 memiliki baterai dengan kapasitas 6000 mAh dan diuji dengan melakukan looping sebuah file MP4 dengan resolusi 1080p.

Hasilnya, seperti yang sudah saya tulis di atas, sangat menyiksa. Untungnya, aplikasi logger untuk baterai sudah membantu mencatatkan hasil selama 27 jam 19 menit pada perangkat ini. Jika perangkat ini digunakan dengan normal, maka baterainya bisa bertahan sampai hari ke 3.

Pengisian baterai juga cukup lama untuk perangkat ini. Walaupun menggunakan charger dengan watt yang besar, realme C15 bisa terisi penuh dengan waktu sekitar 2 jam 29 menit. Saya sangat menyarankan Anda mengisinya pada saat tidur di malam hari. Pengisian tersebut dilakukan pada charger bawaan dengan 18 watt.

Verdict

Sepertinya pertarungan pada pasar smartphone entry level masih marak. Hal ini membuat realme harus membagi-bagi lagi perangkatnya untuk ditujukan pada kelas yang tepat. Realme pada kelas entry level mengeluarkan C11, C12, dan C15 yang siap mengisi pasar tersebut.

Kinerja yang ditawarkan oleh realme C15 memang bukanlah yang terkencang di kelasnya. Namun, kinerjanya mampu diandalkan untuk bekerja, bersosial media, serta bermain game pada seting rendah. Baterainya yang besar mampu membuatnya bertahan sampai dengan tiga hari. Tentunya, hal tersebut yang paling dibutuhkan pada sebuah perangkat komunikasi.

Kamera yang dimiliki oleh realme C15 juga menghasilkan gambar yang lumayan baik. Pengguna bisa mengambil gambar dengan kamera depan, belakang, maupun wide angle tanpa harus khawatir buram, asal dengan cahaya yang cukup terang. Pada saat pencahayaannya kurang, hasilnya juga akan kurang baik.

Realme C15 yang saya dapatkan memiliki konfigurasi 4/64 GB dijual dengan harga Rp. 2.199.000. Namun, yang memiliki konfigurasi RAM 3 GB dan internal 32 GB dijual dengan harga Rp. 1.999.000. Jika masih kemahalan, realme masih memiliki alternatif C12 dan C11 yang lebih murah. Akan tetapi, realme C15 akan cocok untuk mereka yang butuh sebuah smartphone yang dapat menyala lebih lama, seperti untuk ibu rumah tangga, supir ojek online, kurir, dan lain sebagainya.

Sparks

  • Daya tahan baterai yang lama
  • Kinerja mumpuni
  • Relatif lebih responsif
  • Hasil kamera yang cukup baik
  • Layar sudah menggunakan Gorilla Glass 3
  • Build yang kokoh

Slacks

  • Hasil kamera mode malam yang kurang bagus
  • Masih menggunakan microUSB
  • Tidak mendukung WiFi 5 GHz

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter