[Review] Realme XT: Perang Kamera Smartphone 64 MP Dimulai

[Review] Realme XT: Perang Kamera Smartphone 64 MP Dimulai

Dengan julukan 64MP Quad Camera Xpert, mampukah Realme mengambil pasar kamera 64 MP?
Realme XT - Auf
Realme XT - Auf

“Buat apa sih kamera 64 MP? Emangnya mau bikin spanduk?” Kata-kata tersebut sepertinya bergaung di sosial media. Hal tersebut memang terpicu dengan dua vendor yang saat ini mengeluarkan perangkat dengan kamera 64 MP, yang salah satunya adalah Realme. Walaupun bukan yang pertama, namun Realme memang sudah terlebih dahulu memberikan bocoran kepada para media beberapa waktu yang lalu.

Realme XT

Produk tersebut ternyata menjelma dengan nama Realme XT. Dengan slogan 64MP Quad Camera Xpert, tentu saja Realme mengedepankan kamera dengan resolusi 64 megapiksel buatan Samsung, yaitu ISOCELL GW1. Tentunya dengan harga sekitar tiga jutaan, membuat kameranya memang cukup bisa diandalkan.

Spesifikasi yang diusung oleh Realme XT masih mirip dengan Realme 5 Pro. Berikut adalah spesifikasinya

Realme 5 ProRealme X
SoC

Snapdragon 712

CPU

2×2.3 GHz Kryo 360 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver

GPU

Adreno 616

RAM

8 GB

Internal

128 GB

Layar

IPS 6,3 inch 2340×1080

Super Amoled 6,4 inch 2340×1080

Dimensi

157 x 74.2 x 8.9 mm

158.7 x 75.2 x 8.6 mm

Bobot

184 gram

183 gram

Baterai

4035 mAh

4000 mAh

Kamera utama/depan

12MP atau 48 MP, 8 MP UltraWide, 2 MP Macro, 2 MP Bokeh / 16 MP

16 MP atau 64 MP,  8 MP UltraWide, 2 MP Macro, 2 MP Bokeh / 16 MP

OS

Android 9 Pie dengan ColorOS 6

Hasil dari CPU-Z dan SensorBox adalah sebagai berikut

Dengan menggunakan Super AMOLED saat ini, bisa dipastikan bahwa sensor sidik jari berada di bawah layar smartphone yang diklaim mampu mendeteksi dalam waktu 0.34 detik. Teknologi lain yang diimplementasikan pada perangkat ini juga termasuk untuk gaming, yaitu HyperBoost 2.0.

Unboxing

Seperti inilah paket penjualan dari Realme XT beserta isinya

Realme XT - Unboxing

Desain

Desain yang dimiliki oleh Realme XT kurang lebih sama dengan Realme 5 Pro. Pada bagian belakangnya, Realme mengklaim bahannya terbuat dari kaca yang terlindungi Gorilla Glass 5. Realme XT menggunakan desain Curved 3D Light-flowing pada bagian belakangnya. Warna dari perangkat yang kami dapatkan adalah Pearl White atau Putih Mutiara.

Realme XT - Kanan

Resolusi yang dimiliki oleh Realme XT sama dengan Realme 5 Pro, yaitu 2340×1080 yang memiliki rasio 19,5:9. Sama seperti badan belakangnya, Realme XT menggunakan layar dengan Gorilla Glass 5. Hal ini tentu saja membuat Realme XT lebih tahan terhadap benturan. Selain itu, dengan menggunakan Super AMOLED Realme XT dapat disematkan In-display Fingerprint yang sangat responsif dalam membuka layarnya.

Realme XT kembali mengusung desain berponi dengan model Waterdrop. Hal ini tentu saja hanya menggunakan sebagian kecil dari bagian atas layar sehingga membuat informasi pada notification bar lebih luas. Dan pada poni tersebut tentu saja disematkan kamera dengan resolusi 16 MP untuk mengambil swafoto.

Realme XT - Kiri

Pada bagian belakang Realme XT dapat ditemukan empat buah kamera lengkap dengan LED Flash. Bagian ini cukup menonjol sehingga cukup merisaukan saat smartphone ditaruh di atas meja dan tergeser, membuat kaca lensa dapat baret, walau menggunakan kaca Sapphire. Oleh karenanya, gunakan saja back case transparan bawaannya sehingga dapat membuat bagian kameranya tidak menonjol.

Pada bagian kanannya dapat ditemukan tombol power untuk menyalakan dan mematikan perangkat. Pada bagian kirinya dapat ditemukan slot SIM dan tombol volume. Di bagian bawahnya dapat ditemukan port Audio 3.5mm, USB-C, speaker, dan microphone.

Realme XT - Bawah

Sistem operasi yang digunakan pada Realme XT sama dengan yang digunakan pada Realme 5 Pro. Dengan basis Android 9 Pie, Realme XT menggunakan ColorOS versi 6. Dan berbeda dengan yang digunakan pada OPPO, ColorOS 6 yang digunakan pada Realme 5 Pro menghadirkan app drawer.

Jaringan LTE

Realme selalu mendukung kanal-kanal 4G LTE yang ada di Indonesia pada setiap smartphone mereka. Realme 5 Pro sendiri mendukung band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900),  34(2000), 38(2600), 40(2300), dan 41(2500) yang digunakan oleh semua operator seluler di Indonesia. Realme XT  menggunakan LTE Cat 6 yang mendukung 2 Carrier Aggregation dengan kecepatan download sampai dengan 300 Mbps.

Kamera

Salah satu unique selling point dari Realme XT adalah kamera dengan resolusi 64 MP. Sensor yang satu ini dibuat oleh Samsung dengan mengandalkan teknologi Tetracell, yaitu ISOCELL GW1. Untuk kamera depannya, Realme XT menggunakan sensor Sony IMX 417.

Realme XT - Kamera

Untuk kamera utamanya, Anda bisa melihat beberapa contoh pada artikel kami yang membahas kamera 64 MP. Sedikit informasi mengenai teknologi 64 MP nya pun juga sudah kami bahas di sana. Namun, sepertinya Realme sudah memperbaiki kualitas kameranya sehingga cukup terlihat peningkatan dari sisi ketajamannya.

Lalu apa perbedaan antara 16 MP dan 64 MP? Apakah hanya gimmick saja? Gambar di bawah ini mungkin dapat menjawabnya. Gambar di sisi kiri merupakan hasil kamera dengan 64 MP dan yang kanan adalah 16 MP. Keduanya dibesarkan dengan letak yang sama, di mana 64 MP dibesarkan sekitar 16x dan 16 MP dibesarkan sekitar 30x.

Realme XT - 16 vs 64

 

Hasilnya dapat dilihat bahwa pada gambar sebelah kiri terlihat lebih tajam sementara yang 16 MP terlihat pudar dan tidak tajam. Namun, file gambar 64 MP memang tiga sampai empat kali lipat lebih besar dari yang 16 MP. Klik gambar tersebut untuk memperbesar.

Untuk kamera selfie-nya, ternyata juga menghasilkan gambar yang apik. Detail yang tertangkap terlihat sangat baik, terutama pada bagian bulu dan rambut. Hasilnya memang dapat diandalkan.

Pengujian

Realme X menggunakan chipset high end yang saat ini baru digunakan pada saudara , yaitu Snapdragon 712. Snapdragon 712 sendiri menggunakan dua inti Snapdragon Kryo 360 yang berbasis Cortex A75 yang kencang dalam menjalankan sistem operasi Android.

Dengan menggunakan SoC tersebut, kinerja bermain game sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Game yang kami coba pada perangkat ini adalah PUBG Mobile, LifeAfter, dan CoD Mobile. Sama seperti perangkat dengan layar yang lebar, pengguna masih harus menyesuaikan tombol yang ada karena secara default terletak dipinggir.

Pada pengujian kali ini, kami menghadirkan Snapdragon 675 dan 845 untuk mengetahui seberapa kencang ketiganya. Perlu diketahui bahwa CPU dari SD 675 lebih kencang dibandingkan dengan SD 712. Dan kali ini adalah perdana kami menyajikan Antutu 8 disertai dengan Antutu 7 agar tidak terjadi kesimpangsiuran. Kami juga mulai berpindah ke GeekBench 5.

Uji Baterai dengan MP4

Pengujian kami kali ini menggunakan video MP4 yang dimainkan secara berulang-ulang. Videonya sendiri menggunakan resolusi 1920×1080 dengan codec H.264 dan berdurasi 120 menit. Kami tidak menggunakan BatteryXPRT karena algoritma penghemat baterai yang sangat ketat pada ColorOS 6 versi RealMe XT ini.

Pengujian berlangsung selama 14 jam 20 menit pada unit yang kami dapatkan. Setelah baterai habis dan perangkat mati, kami langsung menguji VOOC dengan charger bawaan Realme XT. Hasilnya, kami dapat mengisi sampai penuh dalam waktu 1 jam 30 menit dengan kondisi perangkat dinyalakan.

Verdict

Realme selalu mengeluarkan perangkat baru yang juga memiliki teknologi yang baru pula. Hal tersebut sangat terlihat dari peluncuran smartphone mereka yang bertubi-tubi, dari Realme pertama hingga XT. Dan kali ini yang baru adalah kamera dengan resolusi 64 MP.

Kamera 64 MP yang digunakan pada Realme XT memang bisa diandalkan. Hasilnya adalah gambar yang tajam serta minim noise dan mampu digunakan pada kondisi cahaya yang rendah. Dengan sensor tersebut, ternyata mereka yang ingin membuat spanduk pun bisa langsung mengambil gambar dan mencetaknya.

Untuk kinerjanya, tidak ada perubahan yang berarti bila dibandingkan dengan Realme 5 Pro. Jadi, jika Anda masih memiliki Realme 5 Pro, sepertinya melakukan upgrade ke Realme XT dirasa tidak perlu. Kinerjanya memang cukup baik dan mampu menjalankan berbagai game dengan setting tinggi.

Sayangnya, kami belum mendapatkan bocoran harganya saat artikel ini diterbitkan. Namun, melihat dari Realme X yang memiliki harga empat juta kembali seribu rupiah, Realme XT juga akan ada pada harga tersebut. Namun, kita lihat saja, bagaimana Realme dalam menghadapi lawannya yang baru saja meluncurkan perangkat dengan kamera 64 MP pula.

Sparks

  • Kamera 64 MP yang  cukup baik
  • Kamera selfie yang bisa diandalkan
  • Harga masih terjangkau
  • In-Display Fingerprint responsif
  • Super AMOLED
  • Kinerja tinggi

Slacks

  • Hasil kamera makro kurang baik
  • Bagian belakang ramah terhadap minyak sidik jari
  • NFC tidak ada
  • Terkadang ada lag saat mengambil gambar 64 MP

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…