1. Lifestyle

[Review] Samsung Galaxy Note Pro 12.2

Galaxy Note Pro 12.2 adalah upaya terbaru Samsung dalam meningkatkan permainan mereka. Dalam pertempuran perangkat pintar yang tidak kunjung berakhir, ada dua buah fitur yang tampaknya menjadi perhatian khusus para produsen gadget: ukuran layar dan fleksibilitas fungsi. Dan dua kemampuan tersebut yang Samsung coba kejar dalam device terbaru ini.

Pertanyaannya ialah apakah Galaxy Note Pro 12.2 merupakan produk yang konsumen inginkan dan (yang terpenting) butuhkan? Galaxy Note Pro adalah batu lompatan Samsung ke sebuah tingkat baru - sukses tidaknya device ini akan menentukan apakah Samsung akan meneruskan seri Note Pro 12.2 atau tidak dalam waktu ke depan.

On the outside

Dengan nama yang diusungnya, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa Galaxy Note Pro 12.2 adalah tablet yang sangat besar. Ia memiliki layar yang lebih lebar dibandingkan banyak tipe ultrabook yang beredar di pasar. Untuk konsumen yang menginginkan tablet praktis berukuran biasa yang mudah dibawa kemana-mana, sudah bisa dipastikan bahwa Note Pro 12.2 kurang cocok untuk Anda.

Namun jika kita pelajari lebih lanjut, ada sebuah maksud tersendiri mengapa Samsung bersikeras untuk menghadirkan perangkat dengan ukuran ini. Galaxy Note Pro 12.2 merupakan tablet yang ditujukan untuk kelas bisnis. Ia memiliki stylus yang 'seirama' dengan ukuran layarnya.

Pada produk tablet high-end mereka, banyak orang mengkritik material plastik glossy yang digunakan produsen asal Korea ini: bahan ini ringkih dan mudah terbaret. Untuk Note Pro 12.2, Samsung menjawabnya dengan membubuhkan material baru, kulit imitasi di bagian punggungnya serta sedikit kombinasi plastik.

Unit review yang saya dapatkan adalah Galaxy Note Pro 12.2 berwarna hitam, dan dibandingkan dengan varian berwarna putihnya, ia lebih tidak mudah kotor dan menguning. Desain seperti ini sebelumnya pernah ada hadir pada Galaxy Note 3. Untuk membuatnya seakan-akan menggunakan kulit sungguhan, Samsung tidak lupa membubuhkan pola jahitan di bagian pinggir.

Dengan menggunakan kulit imitasi, maka Note Pro 12.2 mampu bertahan lebih lama menghadapi pemakaian sehari-hari dibandingkan produk yang dibuat dengan kulit sungguhan. Finish karet yang dimilikinya membuat tablet ini lebih kokoh dalam genggaman dibanding material plastik glossy ataupun aluminium.

Sayangnya secara keseluruhan, penampilan Samsung Galaxy Note Pro 12.2 terkesan kaku dan dingin. Ia tidak memiliki 'semangat' sepupu phablet dan tablet yang berukuran lebih kecil. Produk ini juga lebih berat daripada tablet sekelasnya dengan bobot 750 gram. Ia sendiri memiliki dimensi 295,5x204x8 milimeter dan tampak cukup tipis jika membandingkan ukuran panjang serta lebar dengan ketebalannya.

Samsung Galaxy Note Pro memiliki layar LCD super clear 12,2-inci dengan resolusi 2560x1600. Panel layar sentuh ini lebar, responsif, cerah sehingga membuatnya cocok untuk digunakan menikmati video, menggambar hingga membaca eBook. Tapi entah mengapa walaupun memiliki resolusi tinggi, objek di dalam layar tampak kurang tajam.

Let's take a look inside

Karena memang ditujukan untuk bisnis, sistem operasi Android 4.4.2 KitKat yang dimilikinya juga dilengkapi dengan user interface khusus. Terdapat tiga panel terpisah yang bisa Anda akses: My Personal Space, My Workspace, serta My Social and Media Space. Anda bisa menambahkan panel baru jika tidak mau mengutak-utik yang telah disediakan, atau bahkan memilih dengan UI standar dari Android.

Kemudian terdapat pula kemampuan multitasking dimana Anda dapat men-drag and drop aplikasi ke layar sembari menjalankan semuanya. Pengguna juga bisa langsung menambahkan kolom pop up tanpa terbatas. Hal ini cukup mengesankan, bahkan tampilan UI baru yang dimiliki Note Pro menambahkan kesan premium dibanding tampilan dasar Android.

Berbeda dari fitur Multi Window biasa yang hanya memungkinkan user membuka dua layar, dengan tablet ini Anda bisa mengakses empat layar sekaligus. Tapi tentu saja tidak semua app third-party kompatibel di sana, beberapa yang bisa dipastikan berjalan adalah S Note, browser, apllikasi email hingga YouTube.

Kamera yang dimilikinya juga cukup baik untuk kelas tablet. Ia memiliki sensor sebesar 8-MP 3264x2448 pixel dengan kemampuan autofokus, flash LED, fitur Geo-tagging dan pendeteksi wajah serta senyuman. Kamera depannya mempunyai sensor 2MP yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video-call dengan kualitas 1080p di 30 frame rate per second.

Kamera merespon fokus dengan cukup cepat hampir tanpa keterlambatan shutter. Hal tersebut merupakan kejutan menyenangkan karena biasanya produsen tablet tidak terlalu banyak ambil pusing. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan foto yang memuaskan dengan syarat menggunakan Note Pro 12.2 pada kondisi cukup cahaya.

Ia ditenagai oleh kombinasi prosesor Cortex-A15 quad-core 1,9GHz dan Cortex-A7 quad-core 1,3GHz serta GPU Mali-T628 MP6 di dalam system-on-chip Exynos 5 Octa 5420, memilik RAM sebesar 3GB, pilihan memori internal 32 dan 63GB yang bisa Anda ekspansi dengan dengan kartu microSD hingga 64GB.

Dengan jeroan canggih seperti ini, Note Pro 12.2 tidak memiliki masalah saat saya uji untuk menjalankan Real Racing 3. Bahkan di dalam pertandingan 22 pembalap sekalipun ia mampu memberikan angka frame rate yang tinggi.

Ada dua versi yang ditawarkan Samsung, yang uniknya masing-masing memiliki perbedaan bobot 3 gram. Model standar dengan konektifitas Wi-Fi biasa memiliki berat 170 gram, sedangkan varian dengan micro-SIM card berbobot 173 gram.

Baterai 9,500mAh di dalamnya tidak bisa dicopot dengan cara biasa. Jika Anda turunkan kecerahan layarnya kurang dari 50%, maka Anda bisa menikmati video berkualitas standard selama 10 jam lebih. Tapi dengan kapasitas baterai sebesar ini, Galaxy Note Pro 12.2 membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diisi ulang.

Membutuhkan berjam-jam untuk memenuhkan kembali baterainya jika Anda sambungkan ke laptop - apalagi ultrabook. Tapi tentu saja ukuran baterai sebesar ini memang dibutuhkan untuk memasok listrik ke GPU dan delapan prosesor yang ada di dalamnya.

Untuk ketersediaan sendiri, Samsung Galaxy Note Pro 12.2 sudah bisa di-pre order di Blibli.com mulai tanggal 17 Februari hingga 2 Maret 2014.

Our verdict

Secara keseluruhan, Galaxy Note Pro 12.2 merupakan tablet high-end dengan performa dan kemampuan yang memuaskan. Jika Anda membutuhkan tablet premium kelas bisnis yang dapat diandalkan - bukan untuk hiburan ataupun multimedia ringan - maka Note Pro 12.2 ialah pilihan terbaik. Setelah melakukan sedikit riset, sepertinya ia akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, sekitar Rp 9 hingga 11 juta. Harga ini sangat mahal untuk sebuah tablet dengan desain 'konservatif'...

LOVE: Performa tinggi, Multi Window, hardware canggih, fungsi bisnis lengkap, fungsionalitas S Pen yang tinggi, layar lebar.

HATE: Bobot cukup berat, harga yang cukup mahal, desain kurang mengesankan untuk tablet premium, baterai kurang tahan lama.

 

Update: Ada tambahan informasi tentang ketersediaan pre-order untuk perangkat Galaxy Note Pro 12.2 serta perbaikan untuk keterangan harga. Sudah ditambahkan. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again